Hasil Benchmark Mac Mini Dengan Apple Silicon Muncul di Geekbench

Apple mengumumkan peralihan komputer Mac dari prosesor Intel ke chipset Apple Silicon pada pembukaan WWDC20. Kini hasil benchmark Mac Mini yang memakai chipset Apple Silicon itu muncul di Geekbench.

Seiring proses peralihan tersebut. Apple menyediakan Developer Transition Kits (DTK) untuk pada pengembang agar mereka bisa segera mengadaptasi perubahan ini di aplikasi mereka. Yang menjadi perangkat DTK ini adalah sebuah Mac Mini dengan chipset Apple Silicon A12Z dengan RAM 16GB dan penyimpanan SSD 512GB.

Bersama dengan Mac Mini itu juga ada versi khusus macOS Big Sur dan perlengkapan pengembangan aplikasi Xcode. Selain itu, untuk aplikasi yang belum kompatibel dengan Apple Silicon, terdapat peralatan emulasi bernama Rosetta 2.

Hasil dari Mac Mini dengan Apple Silicon inilah yang muncul hasil benchmark-nya di Geekbench.

Hasil Benchmark di Geekbench

Saat artikel ini ditulis, terdapat 8 hasil benchmark di Geekbench. Perlu diperhatikan bahwa karena aplikasi Geekbench belum tersedia dalam bentuk Universal aplikasi Apple/Intel, maka uji coba dilakukan dengan menjalankan aplikasi melalui Rosetta.

hasil benchmark mac mini DTK
gambar: Geekbench

Bisa dilihat di sana kalau hasil menunjukan nilai rata-rata 800 untuk performa single-core dan sekitar 2600 untuk multi-core. Apakah hasil ini bagus?

Macworld menyebutkan kalau iPad Pro dengan chipset A12Z yang menjalankan aplikasi native (dibuat untuk sistem itu) berhasil meraih skor 1100 untuk single-core dan 4700 untuk multi-core. Lalu Mac Mini berbasis Intel (spesifikasi tahun 2018) berhasil meraih skor di atas 800 untuk single-core dan sekitar 2500 untuk multi-core.

Jadi, untuk sementara, kalau dibandingkan dengan iPad Pro yang memakai chipset sejenis dan memakai aplikasi native, Mac Mini versi DTK kalah jauh. Di sisi lain, bisa berjalan setara dengan Mac Mini berbasis Intel.

Bukan Skor Final

Ada beberapa hal yang harus diingat dalam perbandingan ini. Ekosistem di bawah chipset Apple Silicon masih belum final. macOS Big Sur masih dalam tahap beta dan Rosetta masih dalam proses optimalisasi lebih jauh.

Chipset Apple Silicon A12Z itu sendiri mungkin masih dalam tahap optimalisasi untuk perangkat Mac. Apple menyebut kalau ada “keluarga” Apple Silicon. Jadi mungkin ada chipset khusus untuk komputer Mac, berbeda dengan iPad Pro.

Jadi, hasil benchmark Mac Mini versi DTK di Geekbench ini hanyalah indikasi tahap awal. Kita bisa berharap performa yang lebih baik ketika sudah final.

%d blogger menyukai ini: