Berbagai Hal yang Perlu Diketahui Tentang Restrict Instagram

Tyumen, Russia - May 1,2019: Apple iPhone XR showing Instagram application on mobile

Instagram telah mirilis fitur Restrict. Buat kalian yang belum tahu, berikut ini berbagai hal yang perlu diketahui tentang fitur Restrict Instagram.

Kasus bullying saat ini tidak hanya terjadi di dunia nyata, melainkan di dunia maya. Salah satu platform dengan banyak kasus bullying adalah Instagram.

Mungkin beberapa dari kalian pernah mengalami kasus bullying di Instagram. Baik itu berupa komentar-komentar jahat dari netizen, atau pesan tidak mengenakkan dari orang lain.

Untungnya, saat ini Instagram telah menyediakan fitur Restrict. Fitur ini akan membatasi orang yang memberikan komentar atau pesan jahat ke kalian.

Bagi kalian yang belum tahu tentang fitur Restrict di Instagram, yuk simak artikel berikut ini.

Sumber Gambar : Instagram

Fakta Tentang Restrict Instagram

Membatasi Komentar Orang Tertentu

Restrict bekerja secara diam-diam untuk melindungi akun kalian. Fitur ini akan mengawasi orang yang berpotensi melakukan penindasan ke kalian.

Restrict akan aktivitas pengguna lain. Kalian bisa membatasi komentar orang tertentu, sehingga komentar tersebut tidak bisa dilihat semua orang.

Misal ada pengguna yang meninggalkan komentar jahat ke postingan kalian. Lalu kalian mengaktifkan Restrict, maka hanya dia dan kalian yang bisa melihat komentar tersebut.

Orang lain tidak bisa melihat komentar tersebut. Kecuali, kalian mengaktifkan opsi β€˜Lihat Komentar.’ Maka komentar tadi dapat dilihat semua orang.

Selain itu, kalian tidak akan menerima notifikasi komentar dari akun tersebut. Wah, bisa untuk penangkal netizen julid ya.

(Kiri) Hasil Restrict di Komentar – (Kanan) Hasil Restrict di Direct Message

Membatasi Pesan dari Orang Tertentu

Restrict tidak hanya bekerja untuk membatasi komentar. Fitur ini juga akan membatasi pesan yang dikirimkan oleh akun yang kalian batasi.

Pesan dari mereka akan masuk ke Permintaan Pesan. Jadi kalian tidak akan menerima notifikasi pesan dari akun yang dibatasi.

Kalian tetap bisa membaca pesan mereka. Hanya saja, mereka tidak tahu apa pesan tersebut sudah dibaca atau belum. Mereka juga tidak tahu apa kalian sedang aktif di Instagram atau tidak.

Cara Menggunakan Fitur Restrict di Instagram

Ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk memblokir komentar yang tidak diinginkan. Kalian bisa mulai dari postingan langsung, tab Privasi, atau langsung di profil orang tersebut.

Melalui Postingan

Restrict Melalui Postingan

Dalam sebuah postingan, tidak jarang kita mendapat komentar pedas dari orang lain. Jika kalian merasa terganggu, maka batasi saja orang tersebut.

  • Tap salah satu komentar yang mengganggu kalian.
  • Tap tanda β€˜[icon name=”exclamation” class=”” unprefixed_class=””]’ di tab bagian atas, sebelah kiri ikon [icon name=”trash-o” class=”” unprefixed_class=””].
  • Klik menu ‘Batasi (nama akun orang tersebut).’
  • Setelah itu, klik β€˜Restrict Account.’
  • Akan muncul dua opsi, yakni β€˜Hapus Komentar’ dan β€˜Ok.’
  • Klik β€˜Hapus Komentar’ untuk menghapus komentar orang tersebut.
  • Tap β€˜Ok’ untuk membatasi akun tanpa menghapus komentar tersebut.

Melalui Tab Privasi

(Kiri) Restrict Melalui Tab Privasi – (Kanan) Restrict dari Profil

Selain dari postingan, kalian juga bisa membatasi orang lain melalui tab Privasi lho. Simak cara berikut ini:

  • Buka profil Instagram kalian.
  • Tap menu yang ada di sudut kanan atas.
  • Klik menu β€˜Pengaturan.’
  • Setelah itu, tap menu β€˜Privasi > Akun yang Dibatasi.’
  • Tap tombol β€˜Lanjutkan’ untuk ke tahap berikutnya.
  • Carilah nama orang yang ingin kalian batasi.
  • Klik tombol β€˜Batasi’ yang ada di samping nama tersebut.
  • Untuk membatalkan Restrict, klik β€˜Batal batasi’ di samping nama.

Melalui Profil Orang Lain

Cara terakhir menggunakan Restrict adalah melalui profil Instagram orang lain. Kalian cukup membuka profil orang yang ingin dibatasi.

Setelah itu, klik menu yang ada di sudut kanan atas. Tap menu β€˜Batasi’ dan klik tombol β€˜Restrict Account.’ Kini akun tersebut secara otomatis telah masuk ke daftar Restrict.

%d blogger menyukai ini: