Berbagai Kelebihan dan Kekurangan Layanan Pembuat Website Weebly

Weebly adalah salah satu layanan pembuat website gratis. Berikut ini kelebihan dan kekurangan Weebly yang harus diketahui sebelum memilihnya.

Kebutuhan media online saat ini mengalami peningkatan secara signifikan. Berbagai website untuk keperluan bisnis, jualan online, blog, dll semakin menjamur di dunia digital.

Jika membicarakan pembuatan website, tentu membutuhkan biaya yang meliputi desain, maintenance, sampai performa website.

Tapi jika kalian enggan mengeluarkan banyak uang untuk website, maka bisa mencoba Weebly. Mungkin beberapa dari kalian ada yang belum pernah mendengar Weebly.

Sumber Gambar : Make A Webite Hub

Weebly adalah media pembuat website gratis. Platform ini mengusung konsep widget dalam setiap langkah pembuatan website.

Selain gratis, kalian dapat membuat website lebih mudah dengan Weebly. Namun sebelum memilih Weebly, kalian harus tahu dulu kelebihan dan kekurangannya.

Berikut ini kelebihan dan kekurangan Weebly:

Kelebihan Weebly

Mobile Apps

Weebly menyediakan dukungan berupa mobile apps. Jadi, pengguna bisa mengakses halaman editor website melalui Android, iPhone hingga iPad.

Tema Website Lebih Modern

Trend tema website selama ini memang terus berganti. Namun mayoritas pembuat website saat ini lebih suka tema yang lebih modern.

Weebly menawarkan ratusan tema website modern. Setiap tema bisa kalian sesuaikan dengan desain website yang diinginkan.

Terdapat Fitur E-Commerce

Weebly bisa digunakan untuk membuat website bisnis. Hal ini karena Weebly memiliki banyak fitur e-commerce, salah satunya Shopping Cart dan Inventory.

Menggunakan Editor Drag and Drop

Seperti yang saya jelaskan sebelumnya, Weebly menggunakan format widget . Jadi Weebly memberikan kemudahan pengguna untuk berkreasi, yaitu dengan cara drag and drop widget.

Sumber Gambar : Website Planet

Kekurangan Weebly

Weebly memang memiliki beberapa kelebihan. Namun di sisi lain platform ini mempunyai beberapa kelemahan yang patut kalian perhatikan.

Berikut ini beberapa kekurangan yang ada pada Weebly:

Masih Belum Terkenal

Berbeda dengan platform lain seperti WordPress, eksistensi Weebly di Indonesia masih minim. Mayoritas pembuat website lebih suka menggunakan WordPress.

Untuk media publikasi, Weebly di Indonesia kurang diketahui. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak orang tidak terlalu peduli dengan Weebly.

Kurang SEO Friendly

Dalam pencarian di Google, Weebly masih kurang. Sebab kadang kalian membutuhkan keyword β€˜weebly’ di Search Engine agar website mau muncul.

Tergolong Berat dan Lemot

Jika konektivitas internet kalian lambat, mungkin nanti akan ada kendala penggunaan Weebly. Platform ini juga tergolong berat dan membutuhkan koneksi internet yang kencang.

Saat koneksi tidak lancar, pengguna akan mengalami lag. Loading web juga akan lama, terlebih jika website menggunakan banyak widget.