Inilah Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org

Bagi pembuat website pemula, kadang ada yang tidak tahu perbedaan WordPress.com dan WordPress.org. Simak penjelasan ini agar tahu bedanya.

Meski sama-sama platform pembuat website, namun WordPress.com berbeda dengan WordPres.org. Hal ini perlu dipahami sebelum kalian menggunakan layanan pembuatan website ini.

Dalam artikel ini, saya akan jelaskan perbedaan antara kedua jenis WordPress tersebut. Jadi kalian bisa memilih jenis WordPress sesuai kebutuhan.

Berikut ini beberapa perbedaan antara WordPress.com dan WordPress.org:

Sumber Gambar : Udemy

Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org

Kontrol

WordPress.org akan memberi kalian kendali penuh terhadap keseluruhan website. Kalian bebas mengatur tema, menambah plugin, menggungah file, dll.

WordPress.com adalah layanan pembuatan website gratisan. Jadi seluruh kendali website tetap ada di tangan penyedia layanan hosting.

Tapi pengguna tetap bisa mengatur file yang ingin diunggah. Namun kalian harus memberi tahu penyedia layanan terlebih dahulu.

Pemeliharaan

WordPress.org memungkinkan pengguna melakukan pemeliharaan manual terhadap website. Kalian bisa bebas mengotak-atik website.

Sementara pemeliharaan website di WordPress.com bukan di tangan pengguna. Pemeliharaan website sepenuhnya dikelola oleh WordPress.com.

Monetisasi

Dalam WordPress.org, pengguna dapat monetisasi website dengan bebas. Sebab platform ini memungkinkan pengguna membuat model monetisasi versi diri sendiri.

Sedangkan pengguna WordPress.com terbelenggu aturan ketat tentang monetisasi. Kalian harus memenuhi beberapa kriteria agar bisa monetisasi website.

Biaya

WordPress.org dapat diunduh secara gratis. Namun jika ingin website dapat beroperasi, maka kalian harus mengeluarga biaya untuk hosting dan domain.

Seluruh biaya yang digunakan untuk memaksimalkan WordPress.org tidak murah. Apalagi jika website yang dibuat digunakan untuk keperluan bisnis dan lainnya.

Sementara bagi pengguna WordPress.com, tidak perlu pusing tentang biaya. Hal karena biaya hosting bulanan bisa dikurangi.

Sebenarnya dengan WordPress.com, kalian sudah bisa memiliki website gratis siap pakai. Hanya saja website ini hanya bisa digunakan untuk blog pribadi, dan kurang bagus kalau untuk jualan.

SEO

WordPress.org menyediakan berbagai jenis plugin yang dapat kalian unduh. Dengan begitu, kalian bisa memasang fitur/plugin SEO tanpa batas di website.

WordPress.com memungkinkan kalian menambah plugin SEO ke dalam website. Hanya saja, penambahan plugin tidak bisa leluasa seperti di WordPress.org.

Kesimpulan

WordPress.org adalah layanan pembuatan website premium. Dengan membayar, kalian bisa mengakses dan mengatur website sepuasnya.

WordPress.org sangat cocok untuk pembuatan website berskala besar. Misalnya pembuatan website perusahaan, penjualan, portofolio, blog pribadi, dan lain sebagainya.

WordPress.com merupakan layanan pembuatan website gratisan. Karena gratis, maka pengguna akan menemukan banyak keterbatasan dalam proses pembuatan website.

Platform ini cocok digunakan untuk membuat blog pribadi. Sebab kalian bisa mengunggah artikel atau foto dengan mudah di platform ini.

Kedua jenis WordPress ini sama-sama bagus. Keduanya bisa disesuaikan dengan selera dan kebutuhan dari masing-masing pengguna.

banner cybersport
%d blogger menyukai ini: