Berbagai Pengaturan Privasi di iOS 13 yang Harus Kalian Ketahui

iPhone telah mendapat pembaruan iOS 13. Terdapat beberapa pengaturan privasi baru di iOS 13. Inilah  pengaturan privasi iOS 13 yang perlu kalian ketahui.

Pengguna iPhone dan iPad mendapat angin segar dari Apple. Pasalnya beberapa waktu lalu, Apple telah meluncurkan iOS 13 untuk pengguna iPhone.

Sebagai OS yang baru, tentunya Apple menyajikan fitur terbaru di iOS 13. Selain itu tahu kah kalian, bahwa iOS 13 memiliki beberapa pengaturan privasi baru?

Salah satu pengaturan baru iOS 13 yakni memungkinkan pengguna memblokir panggilan masuk. Selain itu, masih ada pengaturan privasi lainnya yang menarik untuk saya bahas kali ini.

Untuk informasi selengkapnya, mari kita simak ulasan berikut ini.

Pengaturan Privasi Baru yang Ada di iOS 13

Pelacakan Lokasi

Sumber Gambar : iOS Gadget Hacks

Beberapa aplikasi biasanya meminta akses lokasi ke pengguna ponsel. Sekarang Apple akan memberikan notifikasi ke kalian, apa ingin terus memberi akses lokasi ke aplikasi pihak ketiga atau tidak.

Akses lokasi juga bisa diatur hanya sekali untuk aplikasi pihak ketiga. Jadi aplikasi tidak akan memantau lokasi kalian secara real-time. Sebaliknya, akses lokasi ke aplikasi bisa diatur sesuai selera.

Menolak Akses Bluetooth

Kalian mungkin sering menemukan aplikasi yang meminta akses Bluetooth. Tahu kah kalian, bahwa hal tersebut biasanya digunakan aplikasi untuk memantau lokasi?

Tidak jarang situs belanja online akan melacak lokasi kalian. Setelah itu, mereka akan mengirim iklan ke ponsel kalian.

Nah, di iOS 13 hal ini tidak akan terjadi lagi. Sebab kalian akan menerima pop-up untuk menolak akses Bluetooth ke aplikasi tertentu.

Sign in with ID Apple

Sumber Gambar : iOS Gadget Hacks

Mungkin kalian pernah menggunakan aplikasi pihak ketiga. Di mana aplikasi tersebut memungkinkan kalian sign in menggunakan akun Google atau Facebook.

Hal di atas memang praktis. Namun, informasi kalian (email) sebenarnya telah dibagikan ke pihak ketiga. Mereka lalu menjual informasi tersebut ke perusahaan lain, untuk tujuan pemasaran dan periklanan.

Untuk mengatasi hal tersebut, Apple meluncurkan meluncurkan ‘Sign in with Apple’ di iOS 13. Fitur ini mirip seperti login biasa. Bedanya, Apple tidak menjual informasi kalian ke perusahaan lain.

Hapus Data Lokasi dari Foto dan Video

Sumber Gambar : iOS Gadget Hacks

Setiap foto dan video yang diambil dari iPhone berisi lokasi. Meski fitur ini membuat kalian bisa menemukan foto dengan cepat, namun hal ini juga bisa menimbulkan masalah lain.

Siapa pun yang memiliki akses ke foto kalian, mereka berpotensi mengekstrak metadata dan melihat lokasi kalian. Misal kalian selfie di rumah, mereka bisa mendapatkan alamat rumah kalian.

Di iOS 13, kalian dapat menghapus lokasi foto dan video. Setelah mengaktifkan fitur ini, setiap kalian mengirim foto atau video, penerima tidak akan mengenali lokasi kalian.

Blokir Telepon Tidak Dikenal

Sumber Gambar : iOS Gadget Hacks

Pada OS sebelumnya, pengguna hanya bisa memblokir panggilan untuk sementara. Namun dalam iOS 13, pengguna bisa memblokir panggilan dari nomor yang tidak dikenal.

Panggilan dari nomor asing akan didiamkan dan dikirim ke voicemail. Panggilan dari nomor asing tetap masuk di daftar Recents. Sementara itu, yang bisa menelepon kalian hanya nomor di kontak saja.

Blokir Email Tertentu di Aplikasi Mail

Sumber Gambar : iOS Gadget Hacks

Sebagai pengguna ponsel, tidak jarang kalian akan menerima email dari orang tidak dikenal. Kini di iOS 13, kalian bisa memblokir email sekaligus pengirimnya.

Ada 3 opsi blokir pada email. Opsi tersebut adalah ‘Nothing,’ ‘Mark as blocked but leave in inbox’ dan ‘Move to trash.’

%d blogger menyukai ini: