ios 12
Foto: Apple

Mengintip Fitur iOS 13 Sebelum Rilis Resmi

Bagaimana sistem operasi terbaru iPhone dan iPad ini?

Apple akan menyelenggarakan acara WWDC pada tanggal 3 Juni 2019. Sebelum acara ini mulai, sudah beredar informasi mengenai perubahan dan fitur iOS 13.

Worldwide Developer Conference atau disingkat WWDC adalah acara tahunan dari Apple. Acara ini merupakan acara bagi pengembang aplikasi dan game untuk perangkat milik Apple, yaitu iOS, macOS, tvOS, dan watchOS.

iOS 13 merupakan generasi terbaru sistem operasi untuk iPhone dan iPad. Sejak pertama merilis iOS, Apple selalu berusaha menghadirkan sesuatu yang baru pagi perangkat bergerak.

Sebelum acara WWDC 2019 berlangsung, Mark Gurman dari Bloomberg memberikan kisi-kisi fitur apa saja yang hadir di iOS 13. Hal ini sudah seperti tradisi bagi Bloomberg. Nah, inilah kisi-kisi yang ia berikan.

Apa saja fitur baru iOS 13?

  • iOS akan mendapat beberapa perubahan seperti gerakan animasi baru saat meluncurkan multitasking dan menutup aplikasi. Area widget yang berada di sebelah kiri layar utama juga akan punya tampilan lebih bersih.
  • Mode gelap alias dark mode. Tampilan dengan nuansa hitam dan abu-abu gelap yang optimal untuk dilihat malam hari. Bisa diaktifkan melalui Control Center.
  • Apple sedang menguji pilihan baru untuk keyboard, yang memungkinkan pengguna mengetik dengan menggeser jari antar huruf dalam satu gerakan. Mirip seperti di Gboard dan Swiftkey.
  • Aplikasi Health akan memiliki tampilan baru, yang merangkum aktivitas satu hari. Akan ada fitur “hearing health”, untuk fungsi seperti seberapa kencang volume saat menggunakan headphone. Selain itu, catatan siklus menstruasi juga akan lebih lengkap dan bisa terintegrasi dengan aplikasi pihak ketiga.
  • Aplikasi Reminder lebih baru dengan fitur lebih baik. Aplikasi ini akan memiliki 4 bagian: Tugas yang harus dilakukan hari ini, semua tugas, tugas terjadwal, dan tugas yang ditandai. Masing-masing memiliki bagian dengan warna tersendiri yang bisa diisi oleh pengguna.
  • Fitur baru Screen Time yang akan memungkinkan orang tua mengatur batas siapa yang bisa menghubungi dan dihubungi oleh anak mereka. Termasuk pengaturan waktunya.
  • Aplikasi Apple Books baru yang mendorong pengguna untuk membaca lebih sering/banyak, dengan sistem pelacakan yang lebih baik beserta sistem penghargaan baru.
  • iMessage akan mendapat fitur baru, yang memungkinkan pengguna menambah gambar profil dan nama mereka (seperti WhatsApp), lalu menentukan siapa yang bisa melihat informasi tersebut. Kemudian akan ada menu khusus untuk mengirim stiker Animoji dan Memoji.
  • Aplikasi Peta yang diperbarui, yang memudahkan menentukan lokasi yang sering dikunjungi seperti rumah dan tempat kerja. Termasuk mengelompokan dan panduan arahan ke lokasi tersebut.
  • Apple menggabungkan fitur ‘Find My Friend’ dan ‘Find My iPhone’ dalam satu aplikasi bernama “GreenTorch”. Aplikasi ini bisa terintegrasi dengan alat pelacak portabel (misalnya yang dicantolkan di tas).
  • Aplikasi email bawaan akan diperbarui dengan fungsi mensenyapkan satu rangkaian email, blokir email dari kontak tertentu, dan pengaturan folder yang lebih sederhana.
  • Sleep Mode yang terikat lebih luas pada sistem dan akan terhubung dengan fitur Bedtime di aplikasi Jam. Fitur ini nantinya akan bisa terintegrasi dengan perangkat pelacak kesehatan seperti Apple Watch.
  • Aplikasi Home yang diperbarui, yang memiliki integrasi lebih dengan kamera keamanan dan bisa melihat riwayat rekaman.
  • Tampilan “share sheet” yang lebih terorganisir untuk berbagi foto dan tautan situs web. Fitur ini akan merekomendasikan kontak, berdasar seberapa sering pengguna berinteraksi dengan mereka.
  • Apple sedang menguji “download manager” untuk browser Safari. Dengan begitu pengguna bisa mengakses unduhan dalam satu tempat. Aplikasi Files juga akan bekerja lebih baik dengan aplikasi pihak ketiga.
  • Apple juga berencana meningkatkan integrasi dengan alat bantu dengar, dan meningkatkan pengaturan Aksesibilitas.
  • Apple berencana memberi HomePod kemampuan untuk merespon beberapa suara berbeda, melalui mode multi-user.

Fitur khusus iPad

  • Fitur baru yang memungkinkan iPad menjadi layar kedua Mac, dan bisa dipakai menggambar dengan Apple Pencil. Seperti aplikasi Duet Display dan Luna Display.
  • iPad akan mendapat fitur khusus, termasuk tampilan multitasking yang diperbarui,optimasi layar utama, dan kemampuan untuk menelusuri versi berbeda dari aplikasi yang sama.

Selain fitur di atas, Mark Gurman juga menyebutkan kalau Apple juga sudah mulai mengembangkan iOS 14 yang diberi nama kode “Azul”. Sedangkan iOS 13 sendiri disebut memiliki kode “Yukon”.

Itulah kisi-kisi fitur iOS 13 mendatang. Banyak bukan? Tapi tentu saja, belum ada yang pasti. Apple bisa saja menunda salah satu fitur ke versi mendatang.

More Stories
Zynga Poker Windows Phone sudah hadir