Fakta Mencengangkan Biaya Keamanan Mark Zuckerberg yang Naik Drastis Jadi $23 Juta!

Mencengangkan! Biaya keamanan CEO Facebook, Mark Zuckerberg melambung jadi $23 juta. Penasaran kenapa biayanya bisa membengkak? Ini dia fakta lengkapnya!

Bukan rahasia lagi kalau setiap CEO perusahaan besar, terutama raksasa teknologi, selalu dilindungi oleh sistem keamanan yang super ketat. Tujuannya tentu saja untuk melindungi keselamatan si CEO.

Bisa dibilang, CEO adalah jantung di perusahaan. Kalau seorang CEO sampai kenapa-kenapa, tentunya dapat mengancam nasib karyawannya. Makanya tidak heran kalau raksasa teknologi tak segan menggelontorkan dana keamanan yang ‘fantastis’ untuk CEO-nya.

Baru-baru ini terkuak biaya keamanan yang digelontorkan Facebook untuk CEO-nya, Mark Zuckerberg yang kalau dirupiahkan, bisa tembus ratusan miliar. Biaya ini melambung jauh dibanding biaya keamanan tahun-tahun sebelumnya.

Kok bisa melambung sebanyak itu sih? Apa alasannya ya?

Alasan Biaya Keamanan Mark Zuckerberg Naik Drastis

Dilansir dari The Verge, pengajuan baru ke Securities and Excange Commission menunjukkan bahwa, Facebook menghabiskan lebih dari $23 juta tahun lalu (2020), hanya untuk mengamankan CEO Mark Zuckerberg.

Menurut pernyataan yang diajukan ke Securities and Excange Commission, Jumat (9/4/2021), Facebook mengidentifikasi adanya “ancaman tertentu ke Mark Zuckerberg.”

Sumber Gambar : AP News

Dia identik dengan Facebook, dan akibatnya, sentimen negatif mengenai perusahaan kami secara langsung dikaitkan dan sering dialihkan ke Tuan Zuckerberg,” kata perwakilan Facebook.

Peningkatan biaya keamanan Zuckerberg dan keluarganya di tahun 2020 juga disebabkan oleh alasan lain. Yakni karena penerapan protokol kesehatan, terutama saat Zuckerberg dan keluarganya melakukan perjalanan bisnis selama pandemi COVID-19.

Biaya keamanan juga bertambah selama musim pemilihan di AS pada tahun 2020. Facebook perlu menambah personel keamanan untuk mengawal Zuckerberg dan keluarganya pada waktu itu.

Sementara itu, biaya $23 juta yang digelontorkan Facebook untuk Zuckerberg nyatanya masih kurang. Angka tersebut cuma untuk mengamankan kediaman pribadi sang CEO, dan untuk mengamankan perjalanan dirinya dan keluarganya.

Zuckerberg masih mendapatkan uang tambahan sebesar $10 juta untuk biaya personel keamanan, serta biaya keamanan lainnya.

Kalau dilihat-lihat, biaya keamanan CEO Facebook memang terus naik setiap tahunnya. Menurut data tahun 2018, biaya keamanan sang CEO cuma $5 juta (sekitar Rp 66,6 miliar). Kemudian di tahun 2019, biaya keamanan mulai merangkak naik menjadi $13,4 juta (sekitar Rp 196 miliar).

Lalu di susul tahun 2020, dana keamanan Zuckerberg telah tembus angka $23 juta (atau sekitar Rp 336 miliar). Belum lagi dana tambahan $10 juta untuk membayar personel tambahan. Kalau ditotal, Facebook telah menggelontorkan dana keamanan sebesar $33 juta (sekitar Rp 482 miliar).

Menurut Facebook, biaya keamanan ini sesuai dengan resiko ancaman yang diterima Zuckerberg. Selain itu, Zuckerberg juga pantas dilindungi seketat ini. Mengingat dirinya hanya meminta $1 dalam gaji tahunan, tidak menerima pembayaran bonus, penghargaan ekuitas, atau kompensasi insentif lainnya (yah, semacam timbal balik lah).

Pihak Facebook juga mengatakan bahwa, mereka akan melakukan pertemuan pemegang saham pada 26 Mei. Tujuannya untuk mengajukan proposal tentang keamanan pribadi buat direktur non-karyawan ke depannya.

%d blogger menyukai ini: