Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

KFC Kembangkan Nugget Ayam Lewat Proses Bioprinting

nugget ayam kfc
Anom Penulis

Hah? KFC bikin nugget ayam pakai bioprinting? Maksudnya dicetak? Kayak poster? Weits, tunggu dulu. Ini teknologi canggih, bro. Prosesnya nggak sesepele itu.

Pada tanggal 16 Juli 2020, KFC mengumumkan kalau mereka mengembangkan teknologi bioprinting 3D untuk menghasilkan daging ayam sebagai bagian dari konsep inovatif “restoran masa depan.” Pengembangan teknologi daging ayam dari “cetak biologis” ini merupakan kerja sama antara KFC dengan laboratorium 3D Bioprinting Solutions dari Rusia.

Konsep membuat “daging masa depan” ini disebut sudah menjadi perhatian industri makanan seiring meningkatnya gaya hidup sehat, meningkatnya permintaan alternatif lain selain daging tradisional, dan kebutuhan untuk bisa menghasilkan makanan dengan cara yang lebih bersahabat dengan lingkungan.

Solusi Bioprinting

KFC menyebutkan kalau teknologi bioprinting 3D ini menggunakan sel ayam dan bahan nabati untuk menghasilkan bahan makanan dengan rasa dan tekstur seperti daging ayam, tanpa melibatkan binatang dalam proses tersebut. KFC berencana akan menyediakan bahan yang diperlukan—seperti jenis ayam dan bumbu—pada 3D Bioprinting Solutions, sehingga bisa menghasilkan rasa khas KFC.

daging ayam asli untuk bikin nugget

KFC juga menjelaskan keuntungan metode bioprinting. Biomeat (daging rekayasa) memiliki elemen mikro yang sama dengan aslinya tanpa mlibatkan zat aditif yang biasanya dipakai di peternakan tradisional. Daging yang dikembangkan dari sel ini juga tidak membahayakan binatang yang bersangkutan.

Menurut KFC, berdasar riset American Environtmental Science & Technology Journal, teknologi pengembangan daging langsung dari sel ini memiliki efek negatif yang lebih kecil untuk lingkungan; lebih hemat energi, mengurangi emisi gas efek rumah kaca sampai 25 kali lipat, dan mengurangi pemakaian lahan sampai 100 kali lipat jika dibandingkan dengan peternakan tradisional.

Daging Alternatif

Sebelum ini KFC memang sudah melakukan terobosan sejenis. KFC pernah menawarkan nugget ayam dan sayap tanpa tulang dengan daging alternatif di salah satu gerainya di Atlanta, Amerika. Dalam hal ini, KFC bekerja sama dengan Beyond Meat, sebuah perusahaan yang memproduksi produk pengganti daging dari bahan nabati.

nugget ayam kfc dengan daging alternatif
Beyond Fried Chcken

Selain KFC dengan nugget ayam dan sayap tanpa tulangnya, beberapa restoran lain juga sudah memanfaatkan daging alternatif ini. Misalnya Burger King dengan Impossible Whopper-nya dan Dunkin’ dengan roti sandwich-nya.

Sebagai salah satu waralaba makanan paling populer, KFC memang boleh dibilang tanggap teknologi. Pengembangan daging alternatif sebagai bahan untuk nugget ayam ini jelas merupakan proyek ambisius dan serius (jelas beda dengan, ahem, KFConsole ?)