Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner

Bisa Buat Orang Depresi, Waspadai Cyberbullying

Indri Penulis

Tanggal 14 Oktober 2019, artis Korea Sulli ex F(x) meninggal dunia. Diduga Sulli meninggal karena cyberbullying. Untuk itu ada baiknya kita kenali dan waspadai cyberbullying lebih jauh.

Saat ini kita hidup dalam era di mana media sosial seolah menjadi kebutuhan setiap orang. Pengguna bebas mengunggah apa pun ke media sosial.

Sayangnya, aktivitas di media sosial kadang bisa menimbulkan tindak kejahatan. Beberapa orang yang tidak bertanggung jawab kadang mengunggah screenshot konten orang lain, lalu melecehkan orang itu.

Nah, tindakan inilah salah satu pemicu terjadinya cyberbullying. Lalu apa pengertian cyberbullying yang lebih rinci? Lalu seperti apa bahaya dari cyberbullying?

Apa Itu Cyberbullying?

Sumber Gambar : Grand Forks Herald

Saat mendengar kata ‘cyber,’ orang langsung berpikir tentang internet. Memang benar, cyber atau cyber crime adalah kejahatan di dunia maya, dengan memanfaatkan jaringan komputer.

Sedangkan bullying adalah tindakan menyakiti orang lain. Bully dalam dunia nyata bisa berupa cemooh hingga kekerasan fisik.

Sementara itu, cyberbullying adalah tindakan melecehkan orang di dunia maya. Cyberbullying bisa diumpamakan dengan tindakan ‘pengeroyokan’ orang tapi dunia maya.

Di Mana Ditemukan?

Sumber Gambar : Publimetro

Cyberbullying paling banyak muncul di media sosial. Kenapa di media sosial? Sebab media sosial memberikan kebebasan pengguna dalam mengungkapkan ide dan pendapat.

Pemilik akun media sosial juga bebas mengunggah apa pun yang mereka inginkan. Sementara pengguna lain, mereka bebas memberikan komentar ke postingan tersebut.

Sayangnya, sebagian pengguna tidak memanfaatkan kebebasan media sosial dengan baik. Bukannya memberi apresiasi atau kritik yang membangun, mereka justru mengolok-olok orang lain.

Media sosial kini seolah menjadi sarana untuk melecehkan dan menghujat orang lain. Sasaran cyberbullying biasanya kalangan artis atau orang tertentu.

Sementara itu, kejahatan ini tidak memandang usia dan gender. Namun mayoritas korban cyberbullying adalah dari kalangan perempuan.

Apa Bahaya Cyberbullying?

Sumber Gambar : The World News

Cyberbullying memiliki dampak yang beragam. Dimulai dari yang paling ringan sampai dampak paling besar. Semua dampak memberikan efek negatif bagi korban.

Dampak ringan dari cyberbullying adalah perasaan tertekan dan minder. Sebab apa pun yang korban lakukan di media sosial, dia akan tetap salah di mata orang lain.

Sementara dampak yang paling parah dari cyberbullying adalah kematian. Mungkin bagi beberapa orang, bully adalah kasus yang sepele. Tapi kita sebenarnya tidak boleh meremehkan hal ini.

Bully di dunia nyata biasanya menyebabkan luka fisik dan trauma. Sedangkan cyberbullying memberikan efek negatif terhadap psikis seseorang.

Walau tidak mendapat siksaan fisik, namun kita harus peduli dengan korban bully. Sebab secara logika, luka fisik lebih cepat sembuh dibanding trauma psikis.

Trauma psikis bisa berlangsung hingga bertahun-tahun. Apalagi jika korban merasa tidak ada orang lain yang mau mendengar curhatannya.

Jika dibiarkan berlama-lama, rasa trauma akan berubah menjadi depresi. Depresi dapat mempengaruhi seseorang untuk berbuat di luar nalar.

Bahkan dalam kondisi tertentu, depresi bisa membuat korban mengakhiri hidupnya. Inilah yang beberapa waktu lalu terjadi pada salah satu artis Korea, Choi Jinri atau Sulli ex F(x).

Berawal dari keputusannya hengkang dari grup F(x). Sulli lalu menjalani hidup sesuai keinginannya. Sayangnya, setelah itu semua aktivitas Sulli mendapat kritikan pedas dari netizen.

Tidak hanya sekali, bahkan setiap postingan Instagram Sulli kerap mengundang hujatan netizen. Netizen tidak hanya menghujat soal penampilan, namun ada beberapa yang menginginkan agar Sulli mati.

Merasa tidak kuat dengan hujatan netizen di media sosial, Sulli akhirnya bunuh diri di rumahnya. Hal ini sontak membuat orang khususnya pecinta K-POP terkejut.

Bayangkan saja, kalian ikut menghujat seseorang. Kemudian orang itu tidak kuat dan memutuskan bunuh diri. Berarti secara tidak langsung, kalian ikut andil dalam kematian orang itu. Duh, ngeri juga ya.

Kasus ini dapat menjadi pelajaran untuk kita. Mari kita lebih bijak dalam menggunakan media sosial. Berikanlah komentar positif serta kritik membangun. Hindari komentar yang bersifat menghujat.

    %d blogger menyukai ini: