Bisakah Facebook Watch Menyaingi YouTube?

facebook watch di aplikasi

Tahun 2017 Facebook merilis Watch, sebuah layanan media sosial video. Mudah diduga, Facebook Watch akan bersaing dengan YouTube, sang titan untuk layanan video di internet. Berhasilkah?

Walau Facebook Watch sudah ada selama lebih dari setahun, baru tiga bulan ini ia hadir secara global. Dalam sebuah artikel resmi, Facebook menyebutkan kalau dalam waktu tersebut mereka berhasil meraih 400 juta pengguna aktif bulanan, dan 75 juta pengguna aktif harian.

Facebook juga menyebutkan kalau akan melanjutkan empat serial andalannya (ya, Facebook punya serial orisinil) untuk musim kedua. Serial itu adalah Five Points, Sacred Lies, Sorry For Your Loss, dan Huda Boss. Sekedar informasi seri Sorry For Your Loss dibintangi Elizabeth Olsen (Scarlet Witch di MCU).

sorry for your loss
Seri Sorry For Your Loss di Facebook

Beberapa bulan sebelumnya, Facebook sempat menyatakan kalau pengguna aktif perharinya adalah sekitar 50 juta. Hm, pertumbuhan besar. Namun, tetap saja kalau secara keseluruhan masih terhitung kecil.

Pengguna aktif Facebook sendiri ada sekitar lebih dari 1,5 milyar orang perhari. Jadi baru sekitar 5% saja. Begitupun kalau mau membandingkan jumpah pengguna bulanan dengan YouTube. Secara kasar, YouTube dikunjungi oleh sekitar 2 milyar orang perhari!

[irp posts=”55275″ name=”Lagi, Facebook Kehilangan 1 Juta Pengguna Karena Dampak Internet”]

Menariknya, yang sering dibandingkan dengan YouTube di internet adalah IGTV. Layanan video berformat vertikal di Instagram yang dirilis pertengahan tahun 2018. Walau begitu, bahan dengan mengingat tingkat kepopuleran Instagram saat ini, IGTV masih belum menggoyang singgasana YouTube.

Sebagai contoh, Marcus Brownlee (MKBHD), reviewer gadget ternama itu menyatakan dengan pasti bahwa YouTube adalah platform utamanya. Ia menyebutkan kalau YouTube memiliki beberapa fitur yang belum dimiliki platform lain. Ia mengkritik Facebook Watch (ia menyebutnya Facebook Video) dengan sistem pencarian yang cukup buruk.

Tentu saja, fitur bisa berkembang seiring berjalannya waktu. Yang jelas, medan yang ditempuh Facebook cukup terjal dan menantang. Bahkan ketika ia ditemani oleh IGTV. YouTube sudah terlalu mapan di bidangnya.

Hal paling mudah yang bisa kita lakukan dalam obrolan ini adalah bertanya pada diri sendiri. Pernahkah kamu menonton video di Facebook Watch? Seberapa sering? Kalau jarang, kamu sudah tahu, itulah pekerjaan besar yang harus dilakukan oleh Facebook.

%d blogger menyukai ini: