Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Cara Menemukan Bitlocker Recovery Key Windows

Sejak zaman Vista, windows sudah menanamkan fitur enkripsi drive demi keamanan data dari akses yang tidak seharusnya, fitur ini dinamakan Bitlocker. Yang namanya keamanan, pastilah syarat dengan kunci atau kata sandi atau PIN.

Kode keamanan yang sudah kita setting diawal pengaktifan fitur memang sangat rawan lupa, terlebih ketika enkripsi itu diaktifkan pada drive pusaka yang jarang sekali kita buka. Jika sudah begitu apa yang seharusnya  kita lakukan?

popculture.id

Seperti biasa, ketika ada sandi pasti ada kode pemulihan. Nah itulah yang harus kita cari dan temukan sekarang. Dalam kasus ini, maka yang harus kita lakukan adalah mencari cara menemukan bitlocker recovery key windows tersebut.

Cara Menemukan Bitlocker Recovery Key

Hal penting yang perlu kamu tahu, adalah bitlocker recovery key ini berisikan 48 digit kombinasi huruf dan angka. Sadar atau tidak, seharusnya kita sudah mendapatkannya sejak awal melakukan pengaktifan.

Kode tersebut diberikan kepada kita dalam 4 pilihan bentuk, bisa di USB, File di salah satu Drive, file di akun microsoft, bahkan pada hard copy / print out. Kurang lebih seperti inilah momen kita mendapatkan kode uniknya.

Sekarang tinggal langkah kita bagaimana cara menemukan file tersebut. Setidaknya ada beberapa cara yang bisa kita lakukan saat ini, yakni:

Cari di Akun Microsoft atau Akun Azure Active Directory

Akun microsoft mana yang sedang aktif saat pengaktifan enkripsi itu, di sana lah kemungkinan file itu berada.

  • Buka Browser
  • Login akun Microsoft
  • Masuk ke Info & Support
  • Manage Recovery Keys
  • Langkah ini akan membutuhkan OTP
  • Setelah terverif, maka akan tampil satu atau lebih pilihan Bitlocker Recovery Keys
  • Masukkan Bitlocker Recovery Keys ke drive yang terlupa paswordnya

Cari di Salah Satu Drive atau USB

Maksud dari cari di Drive ini adalah USB atau Drive lain yang kamu lupakan sandinya. File ini biasanya berbentuk txt atau bek dengan nama Bitlocker Recovery Key di ikuti dengan ID kunci. Jadi, kalian bisa search dengan masukkan kata Bitlocker Recovery Key.

Print Out

Nah apa kamu merasa pernah ngeprint kode unik ini? Jika tidak kamu bisa skip, namun jika iya kamu bisa cari kertas mana yang tertera 48 kode unik Bitlocker Recovery Key ini. Atau kamu cari bahan print yang berupa file PDF di drive.

Cari Menggunakan CMD

Ini adalah cara alternatif jika semua cara di atas tidak bisa kita lakukan dan cukup simpel.

  • Run CMD as Administrator
  • Ketikkan perintah manage-bde -protectors D: -get (D adalah drive yang terlupa passwordnya, sesuaikan dengan drive kamu)
  • Cari 48 kode unik kombinasi huruf angka, jangan lupa catat

Cari Menggunakan Powershell

Tidak jauh berbeda dengan CMD, cara ini mengharuskan mengetikkan perintah untuk mendapatkan Bitlocker Recovery Key.

  • Run Powershell as Administrator
  • Ketikkan perintah (Get-BitLockerVolume -MountPoint D).KeyProtector sama seperti cara sebelumnya, D adalah drive yang terlupa sandinya, sesuaikan dengan drive kamu
  • Cari 48 kode unik kombinasi huruf angka, jangan lupa catat

Demikianlah cara yang bisa kamu coba untuk menemukan Bitlocker Recovery Key windows. Untuk jaga-jaga baiknya kamu simpan baik-baik file tersebut biar tidak panik di lain waktu. Atau bisa juga kamu aktifkan auto unlock bitlocker untuk menyederhanakan masalah.

    %d blogger menyukai ini: