Black Shark: Handphone Game Xiaomi

xiaomi black shark
Anom Penulis

Game adalah sebuah niche yang selalu populer dan tidak pernah mati. Pencarian akan perangkat game ideal terus berlangsung. Handphone game Xiaomi menjadi salah satu di antaranya. Inilah Black Shark.

Saat ini smartphone sudah menjadi salah satu platform game. Seperti juga laptop yang menyediakan tempat khusus untuk pecinta game, itulah salah satu arah smartphone di masa mendatang.

Razer Phone sudah memulai langkah itu. Sebelumnya, walau dengan langkah berbeda, Motorola juga menyasar penggemar game melalui kontroler game sebagai salah satu Moto Mods.

Black Shark merupakan sebuah merk di bawah Xiaomi. Cukup jeli melihat peluang, mereka membangun pesaing Razer. Lengkap dengan aksesoris kontroler seperti Moto Mods.

[irp posts=”50252″ name=”Handphone Land Rover Ini Dibuat Untuk Petualang”]

Penampilan Black Shark

Dari segi penampilan, Black Shark memiliki penampilan khas layaknya laptop game. Terlihat canggih dan futuristik. Penampilan yang — kalau mengutip kalimat Mas Afit — biasanya tidak disukai designer.

Di bagian depan, penampilannya seperti handphone lainnya. Di bagian belakanglah desain khas “laptop game” itu nampak.

Black Shark memiliki dua pilihan warna. Polar Night dan Sky Grey. Polar Night membungkus handphone game Xiaomi ini dengan bodi hitam dan dihias garis hijau. Sedangkan Sky Grey memberi nuansa warna perak hitam.

Foto handphone game xiaomi black shark warna hitam
Black Shark Polar Night
Foto handphone game xiaomi black shark warna perak
Black Shark Sky Grey

Spesifikasi Black Shark

OSAndroid 8 Oreo dengan JOY UI
CPU
  • Snapdragon 845 @ 2.8 GHz
  • Adreno 639 GPU
RAM6GB / 8GB LPDDR4X
PenyimpananUFS 2.1 64GB / 128GB
LayarIPS LCD 5,99 inci 2160 x 1080 18:9 ~403ppi
Baterai4000 mAh dengan QuickCharge 3.0
Kamera Belakang
Kamera Depan20 MP, (f/2.2, 1.0 µm), 1080p
KonektivitasWi-Fi, Bluetooth 5.0, GPS, USB type-C, tanpa colokan audio (adaptor tersedia).
SensorFingerprint (di depan), accelerometer, gyro, proximity, compass

Seperti juga di laptop, handphone game membutuhkan “spesifikasi dewa”. Jadi tidak heran Black Shark menggunakan prosesor mutakhir dengan GPU yang saat ini dinilai terbaik untuk smartphone.

Layar handphone game Xiaomi ini diasumsikan memiliki refresh rate 60Hz. Sekedar perbandingan, Razer Phone memiliki refresh rate 120Hz.

Fitur lain yang layak disebutkan adalah Black Shark menggunakan “liquid cooling system“, yang katanya bisa menurunkan temperatur CPU sekitar 8°C. Lalu ada juga tombol “SHARK” yang akan mengaktifkan mode performa tinggi.

[irp posts=”46552″ name=”5 Tips Memilih Smartphone Game Khusus MOBA”]

Aksesoris Handphone Game

Seperti sudah disebut di atas, Black Shark memiliki kelengkapan aksesoris untuk bermain game. Yaitu sebuah gamepad. Kontroler game ini lebih mirip dengan Joy-con dari Nintendo Switch daripada Moto Mods milik Motorola.

Gamepad ini akan terhubung ke handphone melalui Bluetooth dan dilengkapi dengan baterai sebesar 340 mAh. Di sana terdapat joystick untuk mengontrol gerakan di game. Tentu saja, selama game yang kamu mainkan itu mendukungnya.

gamepad black shark

Saat ini Black Shark baru tersedia di Cina. Mereka sudah mulai masa pre-order yang berjalan sampai 20 April. Setelah itu, handphone game Xiaomi ini bisa dipesan secara biasa. Varian 6GB/64GB memiliki harga ¥2999 (sekitar Rp 6,5 juta), dan varian 8GB/128GB seharga ¥3499 (sekitar Rp 7,6 juta). Kalau penasaran, kamu bisa berkunjung ke website Black Shark (dalam bahasa Cina).

    %d blogger menyukai ini: