Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner

Bocoran Android 13 Bisa Atur Bahasa yang Berbeda-Beda ke Aplikasi

Indri Penulis

Bocoran fitur Android 13 tersebar di internet. Konon Android 13 memungkinkan pengguna mengatur bahasa berbeda-beda ke aplikasi.

Android 12 telah resmi meluncur beberapa bulan lalu. Kini perlahan berbagai ponsel Android sudah mulai hijrah ke Android 12, yah walaupun mayoritas yang dapat upgrade duluan adalah ponsel flagship.

Karena Android 12 belum lama ini resmi diluncurkan, mungkin rasanya terlalu dini kalau kita sudah membicarakan penerusnya, Android 13.

Tapi serius, baru-baru ini bocoran Android 13 telah tersebar di internet. Saya yakin kamu mungkin bakal menyesal kalau nggak membaca bocorannya. Pasalnya bocoran kali ini menandakan fitur yang jauh lebih seru dari Android 12.

Bocoran Fitur yang Ada di Android 13

Bocoran pertama ini berasal dari situs XDA-Developers. Situs tersebut mengunggah beberapa gambar tangkapan layar dari versi awal Android 13. Tangkapan layar tersebut turut memperlihatkan beberapa fitur yang dimiliki Android 13.

Fitur pertama diberi nama kode “Panlingual.” Itu artinya fitur ini memungkinkan pengguna mengatur bahasa yang berbeda untuk setiap aplikasi. Tentu saja ini berbeda dengan versi Android generasi sebelumnya, di mana pengguna hanya bisa mengatur satu bahasa untuk diterapkan secara universal ke semua aplikasi dan menu.

Sumber : XDA-Developers

Selain itu, fitur ini juga akan menyajikan lebih banyak opsi kepada pengguna multi-bahasa lewat menu “Language & Input.” Menu tersebut bisa diakses lewat halaman “App Info.”

Beralih ke fitur berikutnya. Android 13 disebut-sebut bakal memungkinkan Notifications menjadi fitur opt-in di masa depan. Itu artinya aplikasi tidak akan bisa mengirim notifikasi ke pengguna, kecuali tanpa persetujuan dari si pengguna.

Sumber : XDA-Developers

Seperti yang kamu lihat pada gambar di atas, “Notifications” terlihat ada dalam menu “App Notifications.” Itu artinya pengguna Android 13 bisa memberikan izin untuk masuknya notifikasi aplikasi atau sebaliknya (cocok banget dipakai buat aplikasi yang suka nyepam notifikasi nih, kaya Shop*e hehehe).

Sekarang pindah ke fitur yang selanjutnya. Jadi berdasarkan gambar di bawah ini, Android 13 akan menyajikan tata letak baru untuk lock screen.

Sumber : XDA-Developers

Sebagai perbandingan di Android 12, tampilan jam berubah menjadi tata letak ‘dua baris’ dan akan berubah menjadi ‘satu baris’ ketika ada notifikasi masuk. Tapi di Android 13, pengguna bisa menonaktifkan tata letak dua baris jam sekaligus.

Gimana menurutmu soal rumor fiturnya? Hmm... Tapi perlu diingat, ini baru versi awal dari Android 13. Apalagi waktu perilisan Android 13 sepertinya juga masih lama. Jadi kemungkinan masih akan ada perubahan fitur/desain yang dilakukan Google pada Android 13.

    %d blogger menyukai ini: