Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Bocoran Samsung Galaxy Z Fold 3 & Z Flip 3: Desain, UPC dan S Pen

Indri Penulis

Bocoran terbaru Samsung Galaxy Z Fold 3 dan Z Flip 3 muncul kembali. Bocoran kali ini menampilkan desain yang lebih jelas, fitur UPC dan S Pen.

Menjelang perilisannya, beragam rumor seputar Samsung Galaxy Z Fold 3 daan Z Flip 3 makin kencang beredar. Namun rumor-rumor sebelumnya cuma menampilkan spesifikasi dan tampilan sekilas ponsel. Gambaran jelas dari body ponsel pun belum ada.

Namun baru-baru ini, kami berhasil mendapatkan bocoran desain Samsung Galaxy Z Fold 3 dan Z Flip 3 dari SAMMOBILE. Bukan cuma itu, bocoran terbaru ini juga menampilkan beberapa fitur “menarik” lainnya.

Mulai dari desainnya dulu ya. Bocoran desain dari kedua ponsel ini dibocorkan langsung oleh @evleaks. Ada dua poin penting dari bocoran desain kali ini.

Pertama, desainnya tetap konsisten seperti bocoran sebelumnya (tapi kali ini jauh lebih jelas). Kedua, Galaxy Z Fold 3 akan datang dengan fitur UPC (Under Panel Camera).

Sumber : SAMMOBILE

Yah kalau kamu lihat dari dekat, render ini memang masih menampilkan punch-hole di tengah sebagai tempat kamera selfie. Tapi kelihatannya, punch-hole tersebut ditampilkan hanya untuk menunjukkan di mana UPC bakal ditempatkan, dan bagaimana tampilannya nanti ketika kamera diaktifkan. Di luar kondisi itu, UPC bakal tetap tersembunyi.

Satu lagi yang menarik dari render kali ini. Karena Galaxy Z Fold 3 “kemungkinan” pakai UPC, jadi bisa dipastikan kalau bezel ponsel ini bakal lebih ramping dan tipis. Permukaan layarnya pun bakal terlihat lebih luas dan bersih.

Sementara untuk Galaxy Z Flip 3, render kali ini juga terlihat sama seperti bocoran sebelumnya. Yakni memiliki dual-camera di bagian belakang dan disusun vertikal, lalu modul kameranya bakal berwarna hitam, sedangkan bodi bawahnya bakal beda warna.

Di sisi lain, @evleaks juga membocorkan kalau Galaxy Z Fold 3 akan dibekali S Pen. Seperti yang kamu lihat pada gambar di bawah ini, Galaxy Z Fold 3 S Pen punya tulisan “Fold Edition” di sampingnya. Terlepas dari itu, desainnya terlihat sama seperti S Pen yang dijual buat Galaxy S21 Ultra.

Sumber : SAMMOBILE

Sama seperti bocoran sebelumnya, S Pen kemungkinan bakal dijual terpisah. Karena kalau kamu lihat di rendernya, Galaxy Z Fold 3 terlihat tak punya slot S Pen.

Baca Juga:  Cara Mengaktifkan Flex Mode di Ponsel Samsung Galaxy Fold & Flip

Diprediksi Samsung nanti bakal menawarkan kasing khusus yang dapat menampung S Pen ke Galaxy Z Fold 3, hal yang juga mereka lakukan pada Samsung Galaxy S21 Ultra.

Sementara itu, Samsung akan meluncurkan jajaran ponsel lipatnya pada bulan Agustus mendatang. Rumornya sih acara tersebut akan digelar pada 27 Agustus 2021.

Gimana, udah nggak sabar?