Bocoran iPhone Lipat: Engsel Unik dan Sudah Lolos Uji Kualitas

Salah satu rumor smartphone yang paling ramai adalah soal iPhone lipat. Saat ini sudah muncul kabar terbaru soal ponsel itu. Bocoran iPhone lipat ini menyebutkan pemakaian engsel unik dan sudah lolos uji kualitas pertama.

Ponsel lipat mulai ramai menjadi bahan pembicaraan sejak tahun 2019. Kita sendiri sudah menyaksikan Samsung merilis beberapa produknya, yaitu Galaxy Fold, Galaxy Z Flip, dan Galaxy Z Fold2. Huawei memiliki Mate X dan Motorola menghadirkan RAZR dalam bentuk baru.

Sebagai salah satu ponsel paling populer di muka bumi, kehadiran iPhone yang bisa dilipat dan dibuka menjadi tablet kecil pun menjadi pertanyaan besar. Kemudian kabar ini pun terkuak. Berita menyebutkan kalau iPhone bekerja sama dengan Foxconn untuk mengembangkannya.

Bocoran Baru iPhone Lipat

Mengawali tahun 2021, kabar soal foldable iPhone hadir kembali. Paling tidak ada dua poin menarik yang berhubungan dengan itu.

Lolos Uji Kualitas Pertama

Yang menjadi obyek uji kualitas awal ini adalah dua rancangan rangka lipat. Pengujian ini dilakukan untuk mengukur ketahanan dari mekanisme buka-tutup ponsel tersebut.

Beserta rangka ini, kemungkinan besar layar juga ikut diuji. Bagaimanapun layar menjadi elemen penting ponsel lipat, selain engsel.

Salah satu rancangan itu disebutkan mirip dengan Galaxy Z Flip dari Samsung atau RAZR dari Motorola. Jadi, sebuah ponsel yang kalau dilipat menjadi bentuk yang lebih ringkas.

Rancangan lain yang disebut mirip seperti Galaxy Fold dari Samsung. Artinya, sebuah ponsel yang kalau dibuka menjadi seperti tablet atau memiliki layar ganda.

Engsel Unik

Sebelum ini Apple disebutkan sudah mendaftarkan paten untuk beberapa rancangan iPhone lipat. Mulai dari layar yang bisa digeser sampai yang menggunakan engsel beruas.

Bocoran terbaru menyebutkan sebuah paten dengan rancangan unik yang memungkinkan ponsel terlipat secara fleksibel, baik membuka dan menutup.

Deskripsi paten menyebutkan, “Perangkat dan layar bisa, sebagai contoh, dilipat ke dalam dan/atau ke luar sesuai poros lipatan.” Lalu disebutkan pula “Engsel bisa mendukung gerigi yang terpasang secara tetap pada bagian dudukan pertama dan kedua sebagai dasar putaran gerigi.”

Tentu saja, paten ini belum tentu benar-benar dipakai pada iPhone lipat tersebut. Namun, hal ini menunjukkan kalau Apple serius mengembangkan teknologi ponsel lipat.

%d blogger menyukai ini: