Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Bocoran: Kamera Samsung Galaxy A54 Turun Pakai Sensor 50MP

Samsung Galaxy A53 (Sumber: Pocket-Lint)
Indri Penulis

Kabar terbaru menyebutkan bahwa Samsung Galaxy A54 akan punya kamera utama baru. Ini akan membuatnya beda dengan Galaxy A52 dan A53.

Samsung Galaxy A53 resmi hadir pada kuartal pertama tahun 2022. Ponsel tersebut hadir dengan sensor utama 64MP lensa f/1.8 dengan OIS + sensor ultrawide 12MP + makro 5MP + depth-sensor 5MP.

Di tahun 2023 (kemungkinan besar setelah Samsung Galaxy S23 Series rilis), Samsung diprediksi akan meluncurkan penerus Samsung Galaxy A53, yakni Samsung Galaxy A54. Bahkan dengar-dengar Samsung sudah mulai menguji ponsel Samsung Galaxy A54 (SM-A546B), Galaxy A34 (SM-A346B) dan Galaxy A14 5G (SM-A146B) lho.

Nah, baru-baru ini bocoran kamera yang akan diusung salah satu ponsel di atas yakni Samsung Galaxy A54 bocor di dunia maya. Dikutip dari Galaxy Club, Galaxy A54 akan menggunakan kamera 50MP. Berbeda dengan pendahulunya yang menggunakan sensor utama 64MP.

Galaxy Club juga membocorkan kalau Samsung Galaxy A54 akan hadir dengan Android 13 bersama antarmuka One UI 5.1. Detil soal prosesor yang bakal dipakai belum tersedia. Tapi ada kemungkinan kalau ponsel ini akan pakai penerus dari chipset Exynos 1280, yakni Exynox 1380.

Nah kamu mungkin penasaran, kenapa Samsung malah pakai resolusi kamera yang lebih kecil dari tahun lalu? Sedikit informasi, besarnya resolusi kamera ternyata bukan menjadi patokan utama untuk menentukan kualitas gambar lho.

Contohnya bisa kamu lihat pada iPhone 14 Pro yang menggunakan sensor 48MP. Walaupun angka megapikselnya relatif lebih kecil, tapi kualitas foto dan video yang dihasilkan ponsel tersebut malah lebih bagus. Bahkan lebih yahud dibanding ponsel kelas menengah Samsung dengan resolusi 64MP.

So, penggunakan kamera 50MP pada Samsung Galaxy A54 sebenarnya tidak masalah. Apalagi saat ini masih belum ada informasi yang lebih detil dari bocoran tersebut. Jadi mending kita tunggu informasi lebih lanjut nantinya. Biasanya sih semakin mendekati hari peluncuran, maka bocoran yang lebih lengkap bakal bermunculan. Tapi kalau kamu sendiri mempermasalahkan ukuran megapiksel kamera nggak sih dalam membeli smartphone?