Bocoran Dokumen Konfirmasi Konsol Xbox Selain Series X

Microsoft Xbox Series X

Berdasar rumor yang sudah beredar sebelum ini, Microsoft disebut akan merilis satu konsol game lain di samping Xbox Series X. Konsol kedua ini disebut memiliki harga yang lebih terjangkau. Bocoran terbaru memberi konfirmasi hal itu.

Pengembangan konsol Xbox terbaru berada di bawah nama kode “Project Scarlett.” Rumor sudah menyebutkan kalau ada dua konsol yang dikerjakan di bawah proyek tersebut. Yang pertama memiliki nama kode “Anaconda” dan yang kedua memiliki nama kode “Lockhart.”

Microsoft memasang gambar ular anaconda di mainboard konsol (seperti gambar kalajengking di Project Scorpio alias Xbox One X). Seperti sudah kita ketahui, “Anaconda” kemudian diketahui sebagai Xbox Series X.

gambar anaconda (sumber: Thurrott)

Bagaimana dengan “Lockhart”?

Sebuah catatan rilis Microsoft Game Dev Kit (GDK) pada bulan Juni 2020 menyebutkan kalau pengembang game bisa memakai GDK ini untuk mengembangkan game di Windows 10 PC, konsol Xbox One, dan konsol Project Scarlett.

Dalam bahasa Inggris, kata konsol ditulis dalam bentuk jamak, yaitu consoles (dengan huruf s). Jadi jelas konsol generasi terbaru tidak hanya satu buah.

pengantar Microsoft GDK (sumber: The Verge)

Informasi lebih detil juga hadir di catatan rilis XDK/GDK tersebut. Di sana terdapat profiling mode untuk Lockhart. Mode ini membuat pengembang bisa memakai profil Lockhart dengan performa yang ditargetkan oleh Microsoft di konsol kedua ini.

profil lockhart (sumber: TitleOS | Twitter)

Informasi lain menyebutkan kalau performa di konsol kedua ini meliputi 7,5GB RAM yang bisa digunakan, kecepatan CPU yang sedikit lebih rendah, dan sekitar 4 teraflop performa GPU. Hal ini bsa dibandingkan dengan Xbox Series X yang menawarkan 13,5GB tersedia untuk dipakai dan 12 teraflop performa GPU. Selain itu Lockhart disebut juga menargetkan game dengan resolusi 1080p dan 1440p yang umum tersedia di laptop.

Kita sudah melihat kalau keluarga Xbox One meliputi seri X, seri S, dan seri S All Digital Edition. Melihat hal ini, kemungkinan besar Xbox Series juga akan punya varian yang sama. Jadi Lockhart kemungkinan akan seperti Xbox One S yang diperbarui.