Bocoran Menarik Seputar Samsung Galaxy Note 10

Foto: Phone Arena

Ponsel terbaru Samsung Galaxy Note 10 sudah mendekati waktu pengumumannya. Seperti biasa, berbagai rumor pun beredar. Berikut ini beberapa rumor dan bocoran menarik seputar ponsel tersebut.

Sesuai tradisi, Samsung merilis ponsel Galaxy seri S di awal tahun dan seri Note di paruh kedua tahun yang sama. Di awal tahun 2019, kita sudah melihat kehadiran berbagai varian Samsung Galaxy S10, S10+, S10e, juga S10 5G. Sementara Note 10 kemungkinan besar akan dirilis bulan Agustus.

Lalu, rumor dan bocoran apa saja yang sudah beredar soal Samsung Galaxy Note 10?

Akan Hadir Dalam Beberapa Model

Samsung Galaxy seri S sudah muncul dalam beberapa model. Termasuk juga S10 seperti disebut di atas. Rumor menyebutkan kalau Samsung berencana melakukan hal yang sama pada Note 10.

ETnews pernah melaporkan bahwa akan ada dua model Note 10 dengan layar 6,28 inci dan 6,75 inci. Di samping itu juga akan ada model lain, Samsung Galaxy Note 10 5G. Android Police juga menyebutkan hal yang serupa. Akan ada versi kecil dan versi besar.

Dengan atau Tanpa Tombol Fisik?

Salah satu rumor yang beredar cukup kencang menyebutkan kalau Samsung Galaxy Note 10 akan menjadi “keyless” smartphone. Ponsel ini tidak akan memiliki tombol fisik di bodinya.

Lagi-lagi, ETnews menyebutkan bahwa Samsung sudah mengembangkan teknologi tanpa tombol ini. Lebih lanjut, disebutkan bahwa Samsung sedang mempertimbangkan modul buatan NDT dari Cina, yang menggunakan sensor ForceTouch untuk mengenali kekuatan tekanan.

Namun rumor terbaru menyebutkan sebaliknya. Ice Universe menyebutkan bahwa versi awal ponsel ini memang tidak punya tombol fisik. Sayangnya, versi itu tidak lolos uji coba yang ketat. Versi final disebut tetap akan punya tombol fisik.

Tanpa Colokan Earphone/Headphone

Samsung merupakan salah satu merek smartphone besar yang masih tetap bertahan dengan colokan audio 3,5 mm. Namun rumor menyebutkan kalau Samsung Galaxy Note 10 sudah tidak akan memilikinya lagi.

Hal ini sudah disebut oleh ETnews dan juga disebut oleh Ice Universe. Walau Samsung selama ini belum menghapus colokan audio, mereka sudah merilis wireless earphone Galaxy Buds. Berbagai diskusi menyebutkan bahwa Samsung dengan cerdik mengukur permintaan pasar. Ketika peminat Galaxy Buds sudah cukup tinggi, itulah saatnya mengucapkan selamat tinggal pada colokan audio.

Menggunakan Lubang Kamera di Layar

Dengan rilisnya Samsung Galaxy S10 yang menggunakan lubang kamera di layar, bisa dipahami kalau desain ini akan menjadi rancangan ponsel Samsung secara standar. Seperti juga generasi sebelumnya.

Yang menarik, berdasarkan bocoran dari Ice Universe yang juga mengamini hadirnya 2 model Note 10, versi “kecil” meletakkan satu kamera selfie di tengah (berbeda dengan S10). Sedangkan versi “besar” meletakkan kamera selfie ganda di pojok (serupa dengan S10+).

Bocoran Samsung Galaxy Note 10 (foto: Ice Universe)

Bocoran selanjutnya menunjukkan render Samsung Galaxy Note 10 dan Note 10 Pro. Di gambar render ini, terlihat kedua ponsel ini hanya memiliki satu kamera selfie dengan tiga kamera belakang.

Di samping itu tampak pula perbedaan ukuran di antara versi biasa dan versi Pro.

sumber gambar: @OnLeaks & PriceBaba
sumber foto: @OnLeaks & PriceBaba

Kapan Samsung Galaxy Note 10 Diumumkan?

Bocoran dari CNET menyebutkan kalau kedua ponsel baru ini akan diumumkan dalam acara Galaxy UNPACKED 2019 pada tanggal 7 Agustus 2019, di Barclay Center, Brooklyn, New York, Amerika.

Seri Galaxy Note biasanya memang menjadi usaha Samsung untuk memberikan yang terbaik. Kadang tindakan radikal ini menjadi bumerang. Seperti kasus Note 7 yang menghebohkan.

Beberapa rumor dan bocoran di atas memang bombastis. Tapi kelihatannya Samsung masih tetap berhati-hati. Kita lihat saja perkembangan selanjutnya sampai waktu rilis tiba.

banner cybersport
%d blogger menyukai ini: