Nokia 9 PureView

Bocoran Nokia 9 PureView Dengan 5 Kamera Belakang

Nokia dikabarkan tengah menyiapkan handphone baru yang menjadi flagship sebenarnya. Inilah bocoran Nokia 9 PureView dengan 5 kamera belakang.

Sejak terlahir kembali melalui tangan dingin HMD Global, Nokia sering disebut belum punya handphone flagship sebenarnya. Yaitu handphone yang benar-benar bersaing di kelas Samsung Galaxy S dan iPhone. Para fans masih menganggap Nokia 8 (dan variannya) masih belum cukup.

Sejauh ini Nokia memang lebih sukses bermain di pangsa menengah atas. Nokia 7 Plus banyak menuai pujian. Namun, fans tetap berharap akan ada handphone papan atas hadir. Terutama yang kembali membawa nama PureView, yang melambungkan nama Nokia sebagai handphone dengan kamera inovasi handal.

Rumor Nokia 9 PureView

Sejak teknologi PureView kembali ke tangan Nokia, tidak terdengar kabar apa pun mengenai handphone yang ditunggu. Paling tidak sampai kabar Nokia 9 berhembus. Kabar tersebut menyebutkan kalau Nokia 9 PureView akan membawa gebrakan 5 kamera belakang.

Berdasar bocoran yang beredar, kelihatannya memang akan seperti itu. Evan Blass alias evleaks memberikan bocoran foto promosi melalui Twitter. Ia bercuit “Nokia 9 PureView “Beholder.” HNY“.

nokia 9 pureview leaked

Di sana memang nampak sebuah handphone dengan 7 buah lingkaran di bagian belakang. Kelihatannya terdiri dari 5 kamera, LED flash, dan entah yang satu lagi untuk apa (ada yang tahu?). Di bagian depan terlihat simbol sensor sidik jari di layar, yang mengindikasikan teknologi tersebut.

Yang tidak kalah menarik, bocoran Nokia 9 PureView juga hadir dalam bentuk video. MySmartPrice mengunggah video promosi tersebut melalui kanal YouTube mereka. Di sana terlihat beberapa informasi fitur handphone Nokia tersebut.

Seperti handphone Nokia lain, Nokia 9 PureView akan masuk dalam program Android One, memiliki 5 kamera belakang yang memotret secara simultan (beberapa fitur fotografi unggulan lain), memiliki layar 5,99 inci 2K HDR10 PureDisplay, sensor sidik jari di layar, hadir dengan Android 9 Pie, mendukung Qi Wireless Charging, menggunakan prosesor Snapdragon 845, dan memiliki kombinasi RAM 6GB + penyimpanan 128 GB.

Belum ada informasi lebih jauh bagaimana sistem PureView bekerja. Seperti kita ketahui, handphone Nokia dengan cap PureView sering punya sistem dan fitur berbeda. Selain itu, belum ada informasi juga kapan Nokia akan merilis handphone ini.

Rumor menyebutkan kalau Nokia 9 PureView mungkin hadir pada bulan Januari ini. Ada juga yang menduga pada ajang Mobile World Congress 2019 (MWC 2019) pada bulan Februari mendatang.

Bagaimana menurutmu? Apakah bocoran Nokia 9 PureView ini sesuai dengan harapan fans? Apakah handphone ini memang layak bersaing sebagai flagship?

More Stories
Jangan Ngaku Jago Main Game Sebelum Mencoba Game-Game Ini. Dijamin Kesel!
Ngaku Gamers Sejati? Coba Mainkan Salah Satu Game Susah Ini!