Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner

Bocoran Awal Tampilan Antarmuka Android 12 Yang Rilis Tahun Ini

android 12
ilustrasi: UrbanDigital
Anom Penulis

Seiring hadirnya berkas dokumentasi awal dari Google yang bocor, muncul pula gambar tampilan antarmuka Android 12 yang akan rilis tahun 2021 ini.

Adalah XDA Developers yang melaporkan bocoran ini pertama kali. Mereka menyatakan kalau gambar tampilan antar muka ini belum tentu asli. Namun, gambar tersebut sesuai dengan dokumentasi Android 12 dari Google tersebut.

popculture.id

Bolehlah kita anggap gambar bocoran ini merupakan perkiraan. Lagipula Android 12 masih dalam tahap proses pengembangan. Jadi masih belum ada sesuatu yang final. Walau begitu, cukup menarik melihat apa yang akan hadir di versi Android terbaru itu.

Gambar pertama menunjukkan panel notifikasi. Di sini bisa kita lihat kalau transparansi berganti dengan warna solid. Tentunya warna gelap terang akan tergantung pada tema yang kamu tentukan. Lalu, lengkungan sudut masing-masing kotak pemberitahuan juga lebih besar dari sekarang.

Jumlah tombol setelan cepat juga berkurang menjadi 4 buah (dari 6 buah). Hal ini membuat tombol itu lebih besar. Kelihatannya, tombol yang aktif akan berbentuk lingkaran, sementara yang tidak aktif berbentuk bujur sangkar.

Lalu ada pula gambar tampilan antarmuka yang menunjukkan fitur Privasi di Android 12. Sebelum ini memang ada rumor kalau Google akan menerapkan fitur privasi seperti iOS 14.5 di Android.

Nantinya, akan muncul ikon di indikator status yang memberitahu kalau ada aplikasi yang memakai kamera dan mikrofon. Ikon itu juga kelihatannya akan terlihat kalau kita memakai aplikasi kamera.

Lebih jauh lagi, kita bisa menekan ikon di indikator status itu untuk memilih mematikan fungsi kamera dan mikrofon sepenuhnya. Selain itu, setelan pemakaian kamera dan mikrofon juga muncul di halaman Setelan untuk Privasi.

Perubahan juga kelihatannya akan hadir untuk widget. Nampaknya Google ingin menanggapi Apple yang kini juga menerapkan sistem widget di iOS. Banyak yang bilang kalau widget di iOS lebih oke dari Android.

XDA Developers menyebutkan kalau berdasar dokumentasi itu, Google berencana membuat fitur widget percakapan menjadi standar di Android 12, seperti juga fitur privasi kamera dan mikrofon.

Nah, bagaimana menurutmu? Apakah tampilan antarmuka Android 12 ini nampak lebih baik dari yang sekarang?

    %d blogger menyukai ini: