Google Siapkan Fitur App Tracking Transparency Versi Android

Google dikabarkan tengah menyiapkan fitur App Tracking Transparency mirip Apple. Fitur ini nantinya akan disematkan di Android.

Baru-baru ini, Apple berhasil membuat heboh setelah memperkenalkan fitur App Tracking Transparency di iOS 14.5. Fitur ini mewajibkan pengembang aplikasi untuk meminta izin pelacakan iklan kepada pengguna iOS.

Karena fitur ini, Apple sampai dikecam banyak perusahaan. Facebook adalah salah satu perusahaan yang paling mengkritisi fitur ini, sebab dianggap bakal merugikan bisnis kecil. Bahkan Facebook sampai akan menggugat Apple gara-gara fitur ini.

Sekarang, diam-diam Google rupanya juga tengah mengembangkan fitur serupa namun dalam versinya sendiri. Seperti apa fiturnya, dan apakah seketat Apple?

App Tracking Transparency Google Tak Terlalu Ketat

Dilansir dari Bloomberg (via XDA-Developers), perusahaan sekarang sedang menjajaki alternatif fitur App Tracking Transparency milik Apple. Namun kabarnya, fitur ini tidak terlalu ketat.

App Tracking Transparency Apple (Sumber Gambar : Macrumors)

Google sedang mencoba untuk menyeimbangkan meningkatkan permintaan konsumen yang sadar akan privasi, dengan kebutuhan keuangan pengembang dan pengiklan,” kata Bloomberg.

Google tidak memberi konfirmasi apa pun soal kabar ini. Perusahaan juga tidak menyangkal kabar ini. Membuat spekulasi pengembangan fitur ini makin kuat.

Juru bicara Google hanya mengatakan jika perusahaan selalu mencari ‘keseimbangan privasi dan ekosistem aplikasi yang sehat.’

Itu artinya fitur pelacak iklan versi Google kemungkinan besar bakal ‘kurang ketat.’ Bahkan, bisa jadi fitur ini tidak mewajibkan pengembang mendapatkan izin dari pengguna untuk melacak data mereka.

Untuk membuat pengiklan senang sekaligus meningkatkan privasi, kemungkinan fitur ini mirip dengan perubahan browser web Chrome yang telah direncanakan,” tambah Bloomberg.

Google sebelumnya memang telah mengumumkan rencana mereka untuk menghapus cookie pihak ketiga di Chrome dalam dua tahun.

Sebagai gantinya, Chrome akan pakai alternatif yang memungkinkan pengiklan mengumpulkan data yang kurang spesifikasi. Pengiklan bisa menargetkan sekelompok orang dengan minat yang sama, bukan per individu seperti saat ini.

Kemungkinan cara itulah yang bakal dipakai perusahaan untuk fitur App Tracking Transparency versinya sendiri. Bagaimana menurut kalian?

%d blogger menyukai ini: