Bocoran Windows 10X! Microsoft Akan Bawa OS Ini ke Laptop

Setelah Microsoft memperkenalkan Windows 10X, kini ada lagi bocoran baru tentang OS tersebut. Kabarnya, Microsoft akan bahwa sistem operasi itu ke laptop.

Microsoft secara tidak sengaja telah menerbitkan dokumen Windows 10X. Dokumen tersebut berisi desain internal sistem operasi Windows 10 yang akan datang.

Berdasarkan pemaparan dari WalkingCat, dokumen tersebut tersedia secara online. Bahkan orang lain bisa melihat detail lebih lanjut tentang rencana Microsoft.

Awalnya, Microsoft hanya akan meluncurkan Windows 10X ke perangkat tertentu saja. Rencananya sistem operasi ini akan digunakan Surface Neo atau perangkat layar ganda lainnya.

Sumber Gambar : The Verge

Benarkah untuk Laptop?

Sebenarnya sejauh ini Microsoft hanya mengkonfirmasi WindowsX tersedia untuk perangkat layar lipat dan ganda. OS ini memiliki tweak pada Start Menu dan taskbar.

Di sisi lain, Microsoft terlihat punya ambisi untuk membawa pembaruan ini ke laptop clamshell biasa. Hal ini terbukti dengan salah satu kalimat yang tercantum dalam dokumen Windows 10X bocoran itu.

β€œUntuk clamshell dan foldable, taskbar akan menjadi model dasar yang sama. Taskbar dapat ditarik untuk membuat beberapa alternatif dalam model,” jelas dokumen tersebut.

Berbagai Perubahan di Windows 10X

Di Windows 10X, Microsoft menyebut Start Menu sebagai Launcher. Launcher memiliki penekanan yang lebih kuat untuk masalah pencarian lokal.

β€œPencarian terintegrasi dengan mulus ke hasil web, aplikasi yang tersedia, dan file spesifik di perangkat,” ungkap dokumen.

Sumber Gambar : The Verge

β€œKonten yang disarankan akan diperbarui secara dinamis. Pembaruan dilakukan berdasarkan aplikasi, file, dan situs web yang paling sering digunakan saat ini,” jelas dokumen.

Selain tampilan, OS ini juga membawa pembaruan untuk Windows Hello. Kedepan, Windows Hello akan memiliki peningkatan otentikasi pengenalan wajah.

Sumber Gambar : The Verge

Ketika layar menyala, pengguna akan langsung dibawa ke otentikasi. Ini berbeda dengan Windows 10, di mana pengguna harus mengabaikan lock curtain dulu sebelum otentikasi.

Setelah perangkat bangun, Windows Hello Face akan langsung mengenali pengguna. Setelah itu, pengguna akan langsung dibawa ke desktop.

Dalam dokumen yang bocor, Microsoft juga menyebutkan tentang β€˜File Explorer Modern.’ Diprediksi File Explorer Modern akan lebih ramah pengguna.

Selain itu, akses file di Office 365, OneDrive dan layanan cloud lainnya akan disederhanakan. Hm, kira-kira akan jadi seperti apa ya?

Di sisi lain Microsoft juga menyederhanakan Action Center (pusat notifikasi). Selain itu, akan ada pembaruan untuk pengaturan cepat di Windows 10X.

Untuk Office, tampaknya Microsoft lebih mengedepankan versi Win32 tradisional. Sedangkan versi PWA dari Office.com di sistem operasi ini akan lebih bagus dari UWP.

Lalu Kapan Windows 10X Diluncurkan?

Mengutip dari The Verge, Microsoft menunda pengembangan sistem operasi tersebut di tahun ini. Kemungkinan Windows 10X akan rilis tahun 2020, bersamaan dengan peluncuran Surface Neo.