Firefox Rocket, Browser Khusus Indonesia, Ganti Nama [UPDATE: Tetap Rocket]

firefox lite

Firefox Rocket adalah browser khusus Indonesia buatan Mozilla. Browser ringan ini kini memiliki nama baru, yaitu Firefox Lite. [UPDATE: Mozilla akhirnya tetap menggunakan nama Rocket]

Firefox Rocket hadir hampir bersamaan dengan Firefox Quantum. Mozilla membuat browser untuk handphone ini khusus untuk Indonesia, karena Indonesia masuk dalam 5 negara dengan jumlah pengguna internet terbesar. Selain itu, 70% warga Indonesia mengakses internet lewat handphone dan rata-rata kurang puas dengan kinerja browser yang ada.

Secara keseluruhan, browser mobile ini meletakkan fokus pada fungsi dan performa. Besarnya pun hanya 2,5 MB. Khas aplikasi ringan Android lainnya.

tampilan firefox lite

Mozilla menanamkan beberapa fitur yang disesuaikan dengan pengguna di Indonesia. Misalnya Turbo Mode, Screenshot, Clear cache, Storage Control, dan Block Image. Fitur ini memberi pilihan agar menelusuri internet jadi lebih mudah. Misalnya, kita bisa membuat screenshot sepanjang halaman website dengan mudah.

Apa yang berubah selain namanya menjadi Firefox Lite? Hm, kelihatannya belum ada yang berarti. Pembaruan terakhir (saat artikel ini ditulis) adalah tanggal 30 Juli 2018. DI keterangan pembaruan yang ada, Mozilla menyebut fitur bookmark dan mengganti warna background. Tapi mereka juga masih menyebut browser ini dengan nama Rocket.

Toh Firefox Lite memang masih memiliki fitur Rocket tersebut di atas. Jadi masih tetap singset. Masih punya fitur menarik.

Tentu saja, pemilihan browser tetap ada di tanganmu. Tiap orang punya browser Android favorit masing-masing. Ada yang suka versi standar, ada yang suka versi ringan, ada juga yang suka browser dengan inovasi lain seperti Opera Touch atau Cake.

Nah, untuk kamu yang berminat mencoba, silakan langsung menuju Google Play Store melalui link di bawah ini.

Download (Android)

UPDATE

Mozilla mengembalikan nama Firefox Lite kembali ke Firefox Rocket. Mereka menyebutkan kalau perubahan nama yang sempat terjadi ini merupakan bagian dari uji coba produk yang mereka lakukan.

%d blogger menyukai ini: