Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Buat Animasi 3D Dengan Wajah Kamu Sesuai Emoji

bikin animasi wajah emoji
Anom Penulis

Ingin membuat video Instagram Stories lebih seru? Coba buat animasi dengan wajah kamu, sesuaikan dengan emoji, dan lihat avatar kamu beraksi. Seru!

Aplikasi yang membantu kamu membuat animasi 3D dengan wajah ini bernama Gabsee. Aplikasi ini memanfaatkan teknologi pengenalan wajah dan augmented reality dengan menggunakan kamera smartphone. Ya, avatar 3D milikmu akan beraksi di lingkungan nyata. Boleh dibilang secara prinsip mirip dengan animoji di iPhone X, tapi pendekatannya berbeda.

popculture.id

Animasi 3D Wajah Keren

selfie untuk buat animasi dengan wajah

Karena aplikasi ini menggunakan wajahmu sebagai tokoh alias avatar, yang perlu kamu lakukan pertama kali adalah selfie. Akan ada panduan posisi wajah supaya tidak meleset. Kamu akan diminta tidak tersenyum, tidak memakai kacamata, dan memotret dari depan. Lalu, kamu diminta memilih jenis kelamin.

Aplikasi Gabsee kemudian akan mengembangkan versi 3D wajah. Prosesnya bisa cukup lama. Tapi secara mengejutkan, hasilnya cukup nyata.

pilih aksesoris avatar

Seperti aplikasi avatar lain, proses selanjutnya adalah memilih atribut. Mulai dari jenis rambut, warna mata, kacamata, baju, celana, sampai sepatu.

Beberapa kategori hanya punya pilihan sedikit. Toh lumayan. Silakan coba-coba mana yang kelihatannya seru. 

[irp posts=”40407″ name=”Edit Wajah dengan Efek Canggih di Aplikasi FaceApp”]

Pilihan Emoji Bergerak Banyak dan Lucu

pilih emoji dan lokasi

Setelah mendapat avatar 3D yang luar biasa eye catching, kamu akan memilih emoji. Ada banyak pilihan emoji, dan semuanya bergerak. Mulai dari emoji cium, marah, sedih, moonwalk, DJ, dab, dll.

Kemudian kamu tinggal meletakkan avatar di tempat yang kamu inginkan. Di tahap ini, kamu akan menggunakan teknologi augmented reality dengan kamera handphone. Agak tundukan kamera sedikit ke bawah untuk melihat di mana baiknya meletakkan avatarmu (ada tandanya).

Akan lebih seru kalau kamu bisa memakai tempat yang sesuai dengan emoji. Misalnya emoji duduk, tempatnya di pinggir trotoir. Oya, avatar ini berbentuk mini (bisa kamu ubah ukurannya dengan gestur cubit). Beberapa emoji juga punya pilihan menambah gambar dan teks (dalam bentuk balon percakapan)

Kalau sudah, kamu tinggal merekam video aksi avatar. Panjang durasi video sekitar 7 detik. Setelah itu kamu bisa mengirimnya ke media sosial atau menyimpannya di galeri handphone.

https://www.instagram.com/p/Bb-uRRclV63/

Sejauh petualangan saya mencoba banyak aplikasi, Gabsee merupakan salah satu yang paling canggih untuk buat animasi dengan wajah. Selain cukup akurat, detil animasi avatar pun layak diacungi jempol. Perhatikan bayangan di bawah avatar. 

Sayangnya tidak semua handphone bisa menggunakan aplikasi ini. Butuh handphone yang sedikit powerful untuk bisa mengolah data dan mengembangkan 3D. Saya coba download dengan Moto E3 Power, tapi ternyata tidak bisa.

Dari sisi seru-seruan, aplikasi ini mungkin tidak seperti animoji karaoke. Tapi dengan sedikit usaha—misalnya edit lagi dan tambah lagu dengan aplikasi lain—mungkin bisa lebih asik. Nah, kalai kamu mau coba silakan. Aplikasi ini tersedia untuk Android dan iPhone.

UPDATE: Sayangnya aplikasi ini kelihatannya sudah tidak tersedia lagi sekarang.

Download—Android   Download—iOS

    %d blogger menyukai ini: