Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner
Zenbook 14 space banner

Tutorial Dasar: Cara Buat, Edit, dan Hapus Memoji iPhone

Anom Penulis

Apple memperkenalkan Memoji pada tahun 2018 bersama iOS 12 di iPhone. Dengan fitur ini, pengguna bisa membuat gambar dirinya dalam bentuk kartun dan menggunakannya sebagai profil atau mengirimnya sebagai stiker.

Seiring dengan kehadiran Memoji, Apple juga menambahkan integrasinya ke Animoji memanfaatkan kamera TrueDepth. Animoji sendiri hadir pada tahun 2017 bersama dengan iPhone X.

popculture.id

Pada tahun 2019, Apple memperluas ketersediaan Memoji yang statis ke perangkat dengan chipset A9 dan yang lebih baru lewat iOS 13. Dengan begitu, pemilik iPhone generasi lama juga bisa menggunakannya.

Sebagai salah satu fitur standar, sayangnya Apple tidak membuat halaman pengaturan atau aplikasi khusus untuk Memoji. Sehingga mungkin ada beberapa pengguna yang bingung memakainya.

apple memoji sticker

Membuat Memoji

Ada beberapa cara yang bisa kamu pilih untuk membuat Memoji di iPhone. Bisa lewat aplikasi Kontak atau aplikasi Pesan.

Lewat Aplikasi Kontak

  1. Buka aplikasi Kontak.
  2. Tekan ‘My Card.
  3. Tekan tombol ‘edit‘ jika kamu sudah memilikinya. Jika belum kamu harus membuatnya terlebih dulu (kamu bisa membuat Memoji dari sana).
  4. Tekan tombol ‘edit‘ di bawah gambar profil.
  5. Tekan tombol ‘+‘ di bagian memoji.

Lewat Aplikasi Pesan

  1. Buka aplikasi Pesan.
  2. Buat percakapan baru atau buka percakapan yang pernah kamu lakukan.
  3. Tekan tombol ‘Memoji.’
  4. Tekan tombol ‘‘ (paling kiri).
  5. Pilih ‘New Memoji.’

Sekarang kamu bisa membuat karaktermu sendiri. Kamu bisa menentukan banyak hal, mulai dari warna kulit, gaya rambut, bentuk wajah, sampai aksesori dan pakaian.
Pssst… Kalau mau, kamu juga bisa membuat gambar profil temanmu untuk aplikasi Kontak.

Edit dan Hapus Memoji

Untuk mengedit atau menghapus Memoji di iPhone, satu-satunya cara adalah melalui aplikasi Pesan (paling tidak sejauh yang saya tahu).

  1. Buka aplikasi Pesan.
  2. Buat percakapan baru atau buka percakapan yang pernah kamu lakukan.
  3. Tekan tombol ‘Memoji.’
  4. Tekan tombol ‘‘ (paling kiri).
  5. Pilih ‘Edit‘ atau ‘Delete‘ tergantung keinginanmu.

Tambahan

Jika kamu punya beberapa perangkat Apple dan ingin menggunakan Memoji yang sama di semuanya, jangan lupa aktifkan iCloud, hubungkan perangkat bersangkutan, dan aktifkan akses aplikasi terkait.

Dengan begitu, gambar profil Apple ID tidak akan beda di semua perangkat. Semua bisa seragam secara otomatis. Misalnya di iPhone dan di Macbook.

Sudah jelas, jika kamu menggunakan iPhone yang memiliki TrueDepth Camera, kamu bisa menggunakan Memoji ini sebagai Animoji. Toh kalau kamu masih pakai iPhone lama, menggunakannya sebagai gambar profil atau stiker tetap menyenangkan.

Selamat mencoba.

    %d blogger menyukai ini: