Huawei AppGallery: Bursa Aplikasi Dari Huawei

huawei appgallery

Saat ini Huawei sedang gencar-gencarnya menggebrak dunia teknologi. Handphone Huawei P20 dan P20 Pro adalah salah satunya. Hal lainnya, Huawei kini punya bursa aplikasi sendiri, Huawei AppGallery.

Sejak beberapa tahun terakhir, Huawei memang sudah menjadi nama besar di dunia teknologi. Terutama kalau bicara soal smartphone. Huawei masuk dalam lima besar perusahaan yang menjual handphone terbanyak di dunia.

Nah, bicara soal bursa aplikasi, tentu saja yang populer adalah App Store milik Apple (untuk iOS) dan Play Store milik Google (untuk Android). Kalau kita bicara spesifik Android, selain Play Store, mungkin Galaxy App Store termasuk nama yang juga besar.

Huawei pun tidak ingin ketinggalan. Bursa aplikasi Huawei AppGallery pun lahir.

Aplikasi AppGallery pertama hadir di jajaran handphone Huawei P20 secara bawaan. Smartphone keluaran Huawei selanjutnya juga akan begitu (juga yang ada di bawah bendera Honor).

Tapi handphone Huawei yang ada saat ini pun juga bisa menggunakannya. Misalnya Huawei P10. AppGallery untuk perangkat lama akan mulai bergulir pada kuartal kedua tahun 2018, tergantung model dan wilayah.

Huawei menyebutkan kalau AppGallery memiliki koleksi aplikasi dengan pilihan free, freemium, dan premium. Yang menarik, AppGallery hanya akan menampilkan aplikasi yang aman (family-friendly) dengan kisaran rating 3,5 sampai 5 bintang.

Oh, kamu juga harus memiliki Huawei ID untuk mengakses AppGallery.

tampilan huawei appgallery
Tampilan Huawei AppGallery (Foto: xda-developer)

Walaupun aplikasi umum tersedia, jangan heran kalau AppGallery menonjolkan aplikasi dari Asia. Bagaimanapun Huawei adalah produsen asal Cina, dan pangsa pasarnya pun besar di Asia.

Selebihnya, AppGallery kelihatannya seperti bursa aplikasi lain. Dengan halaman aplikasi yang diutamakan (Featured), Kategori, Teratas, Mengelola Aplikasi, dan Aplikasi milik kita. Selain itu juga ada aplikasi pilihan editor.

Yang menarik, ada kemungkinan aplikasi yang terbatas wilayah di Play Store bisa hadir di Huawei AppGallery. Jadi lumayan juga buat alternatif. Yah, kita lihat saja seperti apa. Asal jangan kemudian banyak aplikasi ngawur saja. ????

%d blogger menyukai ini: