Canon akan Rilis Aplikasi Edit Foto ‘Photo Culling’ Februari 2020

Canon dikonfirmasi akan meluncurkan aplikasi edit foto Photo Culling di bulan Februari 2020. Aplikasi ini akan tergabung dalam aplikasi Adobe Lightroom.

Selama ini, masyarakat mungkin hanya tahu Canon sebagai produsen kamera. Itu memang tidak salah. Tapi seiring berjalannya waktu, Canon ingin melebarkan sayap dalam hal lain.

Oktober 2019, Canon berjanji akan merilis aplikasi edit foto di tahun 2020. Janji tersebut akhirnya ditepati. Januari 2020, Canon mengkonfirmasi jika aplikasi edit foto mereka akan rilis Februari 2020.

Aplikasi edit foto yang sedang dibuat oleh Canon bernama Photo Culling. Sebenarnya ini bukan aplikasi yang berdiri sendiri, melainkan sebuah plugin yang nanti akan bergabung dalam aplikasi lain.

Sumber Gambar : Techradar

Tentang Aplikasi Canon Photo Culling

Photo Culling dapat menyeleksi dan memilih foto yang akan diedit secara otomatis. Plugin ini didukung oleh teknologi Computer Vision AI Canon.

Sementara itu, plugin tersebut akan ditempatkan dalam Lightroom Classic. Canon mengklaim plugin ini mampu menghemat waktu pengeditan selama berjam-jam.

Biasanya saat mengedit, orang akan menyeleksi gambar lebih dulu. Baik itu dalam hal ketajaman, noise, pencahayaan, kontras, closed eyes, hingga red eyes. Sayangnya hal itu memakan banyak waktu.

Di sini Photo Culling hadir untuk menyesuaikan pengaturan secara otomatis. Plugin ini juga akan memastikan memilih jenis foto yang tepat.

Namun perlu diketahui, plugin ini hanya memilih foto berdasarkan kualitas, bukan gaya atau konten. Plugin ini juga menandai foto dengan warna berbeda di dalam Lightroom agar lebih mudah ditemukan.

Selain punya fungsi utama untuk memilih foto, plugin ini juga bisa menjadi pengganti aplikasi Photo Mechanic. Biasanya fotografer menggunakan aplikasi tersebut untuk impor foto ke Lightroom dengan cepat.

Walau bisa impor foto dengan cepat, tapi penggunaan aplikasi tambahan tentu merepotkan. Plugin Photo Culling hadir untuk menjembatani hal tersebut.

Plugin ini dapat dipakai untuk mengimpor foto ke dalam Lightroom secara cepat. Kalian tidak perlu memasang aplikasi tambahan, sebab Photo Culling sudah ada di dalam Lightroom.

Lalu bagaimana cara mendapatkan plugin ini? Untuk bisa menggunakan plugin, kalian perlu berlangganan Lightroom Classic.

Photo Culling sendiri akan tersedia secara eksklusif di Adobe Exchange App Marketplace. Canon mematok paket bulanan untuk plugin ini. Namun sampai sekarang perusahaan belum mengumumkan harganya.

%d blogger menyukai ini: