Caprine: Aplikasi Messenger untuk Berbagai Platform

caprine aplikasi facebook messenger
Anom Penulis

Sejauh pengetahuan saya, baru Windows 10 yang memiliki aplikasi Messenger resmi dari Facebook. Sementara macOS dan Linux menggunakan aplikasi unofficial alias aplikasi pihak ketiga.

Caprine adalah salah satu aplikasi tidak resmi Messenger. Aplikasi ini juga merupakan salah satu yang open source dan bekerja di berbagai platform. Menurut saya, Caprine merupakan salah satu yang paling enak digunakan.


Baca juga: Cara Berbagi Live Location di Facebook Messenger


Fitur Caprine

Sindre Sorhus, orang yang pertama mengembangkan Caprine, menyebutkan kalau aplikasi ini dibuat berdasar messenger.com. Tapi mendapat banyak modifikasi dan beberapa tambahan fitur.

Beberapa fitur Caprine yang bisa disebut adalah: Mendukung dark theme, vibrant theme (khusus macOS), keyboard shortcut, mengatur ukuran huruf, compact mode, menyembunyikan indikator dibaca (read receipt) dan mengetik (typing…), dll.

aplikasi messenger caprine dark theme

Waktu saya coba, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk melihat Messenger Day alias Stories di aplikasi Messenger. Lalu karena aplikasi ini dibuat berdasar messenger.com, fitur lain juga tersedia. Seperti emoji, stiker, like, animasi GIF, dll. Selain itu, sidebar yang berisi informasi section, profile, dan media juga bisa diakses.

Tampilan Caprine

Tidak banyak yang bisa saya bahas soal tampilan Caprine. Tentu saja karena tampilannya hampir serupa dengan messenger.com. Lalu saya juga belum mencobanya di platform lain selain di Mac.

Untuk di Mac, aplikasi Messenger ini cukup keren digunakan baik dengan dark theme maupun dengan vibrant theme. Dark theme memiliki warna hitam kebiruan. Sedangkan vibrant theme memiliki sedikit tampilan transparan dan menunjukkan bayangan wallpaper desktop di belakangnya.

tampilan kompak caprine

Pengalaman Penggunaan

Untuk fungsi standar, sejauh yang saya gunakan tidak ada masalah. Ngobrol, mengirim link, mengirim file, menggunakan emoji, dll berjalan normal.

Saat artikel ini ditulis, ada sedikit bugs di tampilan sidebar informasi. Yaitu di dark theme dan vibrancy. Kalau kita buka sidebar dan mengklik ikon ⋯ di Options atau Shared Photos tulisan “Show Sections” tidak terlihat. Yah, tapi ini terhitung masalah kosmetik. Tidak terlalu berhubungan dengan fungsi.


Baca juga: Cara Memakai Aplikasi Messenger Lite Android di Indonesia


Nantinya, Messenger akan mendapat banyak fitur (game, bot, dll). Belum ada informasi apakah Caprine juga akan mengikuti fitur aplikasi Messenger resmi. Beberapa pengguna memilih menggunakan aplikasi chatting hanya untuk ngobrol saja, sementara lainnya senang kalau mendapat fitur baru. Hal ini tentu saja masih harus dilihat perkembangannya.

Tapi untuk sementara ini, kalau kamu ingin mencoba aplikasi Messenger alternatif, boleh saja mengunduh Caprine. Monggo, jangan malu-malu. Sekali lagi, Caprine tersedia untuk Windows 7 ke atas (64-bit), macOS 10.9 ke atas, dan Linux.

DOWNLOAD

    %d blogger menyukai ini: