Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Google Hadirkan Cara Baru Buat Cari Info di Search & Lens 2022

Indri Penulis

Google hadirkan cara baru untuk penelusuran di Google Search dan Lens 2022. Simak ulasan ini buat mengetahui seperti apa cara barunya.

Google terkenal banget dengan mesin pencarinya. Ada Google Search sebagai platform penelusuran sejuta umat, kemudian ada juga Google Lens untuk membantu orang mengetahui nama dari objek tertentu.

Telah menemani pengguna sejak bertahun-tahun, Google cukup rajin menghadirkan pembaruan ke mesin pencarinya. Seperti yang mereka lakukan baru-baru ini. Lewat pengumuman terbarunya di Google Blog, Google mengumumkan beberapa cara baru yang bikin aktivitas penelusuran di Google Search ataupun Google Lens makin seru di tahun 2022.

Pembaruan Fitur Penelusuran Google Search & Lens 2022

Awal tahun ini, Google sempat mengenalkan fitur ‘multisearch’ di Google Lens. Fitur tersebut memungkinkan pengguna mengambil gambar/tangkapan layar, lalu menambahkan teks untuk mencari tahu apa nama objek yang ada di dalam gambar.

Nah di bulan September ini, Google meningkatkan fitur tersebut menjadi ‘multisearch near me’ atau ‘multisearch di dekat saya.’ Fitur ini memungkinkan pengguna mengambil gambar/tangkapan layar dari sebuah objek, lalu menemukan objek tersebut di sekitar secara instan. Untuk sementara, fitur tersebut baru diluncurkan dalam versi bahasa Inggris di AS pada musim gugur ini.

Google juga menghadirkan fitur terjemahan yang lebih canggih ke Google Lens. Seperti yang terlihat di atas, pengguna bisa mengarahkan kamera ke poster berbahasa asing. Setelah itu Google Lens akan langsung menampilkan teks terjemahan, tepat di posisi teks yang sebelumnya belum diterjemahkan. Dengan begitu tampilan teks terjemahan bakal terlihat sangat realistis.

Khusus untuk aplikasi Google untuk iOS, juga ada sedikit perubahan menarik. Sekarang saat pengguna membuka aplikasi Google di iOS, pengguna akan melihat shortcut tepat di bawah bilah penelusuran. Pintasan tersebut bisa dipakai untuk menyimpan screenshot, menerjemahkan teks dengan kamera, fitur bersenandung untuk menelusuri informasi, dll.

Baca Juga:  Pelanggan Google Cloud akan Bisa Melacak Jejak Karbon Lewat Gmail

Dalam pengumumannya, Google juga mengatakan dalam beberapa bulan ke depan mereka akan bikin penelusuran di Google Search jadi jauh lebih cepat. Saat pengguna mulai mengetik pertanyaan, Google bakal langsung menampilkan konten yang relevan, bahkan sebelum pengguna selesai mengetik kata kunci/pertanyaan.

Tidak hanya itu, Google juga akan menyediakan opsi kata kunci/topik untuk membantu pengguna menyusun pertanyaan. Misalnya pengguna sedang mencari tujuan di Meksiko. Google bakal membantu pengguna menentukan pertanyaan yang diajukan pengguna (contohnya, ‘kota terbaik di Meksiko untuk keluarga’). Dengan begitu pengguna bisa menavigasi ke hasil pencarian yang lebih relevan.

Google juga bakal memperbanyak hasil penelusuran secara visual. Contohnya pengguna belum pernah ke Meksiko dan ingin mencari tahu soal negara tersebut. Saat mencari kata kunci Meksiko di Google Search, Google akan menampilkan hasil pencarian baik berupa foto atau video dari orang yang pernah berkunjung ke Meksiko (tentunya selain gambar/foto dari situs yang bikin artikel tentang Meksiko).

Terakhir, Google akan menghadirkan ‘topik.’ Setiap kali pengguna melakukan penelusuran dengan kata kunci tertentu, beberapa topik yang relevan juga akan muncul di atas pencarian.

Pengguna bisa mengklik topik tersebut untuk memperkaya hasil penelusuran. Sebaliknya, pengguna juga bisa menghapus topik tersebut jika dianggap tidak penting.

Itu dia beberapa pembaruan yang diumumkan Google untuk Google Search dan Lens di tahun 2022. Dari beberapa perubahan di atas, mana yang menurutmu paling menarik?