YouTube Sajikan Fitur Clip, Begini Cara Membuat dan Membagikannya

YouTube hadirkan fitur Clip buat penggunanya. Seperti apa fitur ini dan bagaimana cara membuatnya? Temukan jawabannya di sini.

Fitur YouTube Clip atau Klip memungkinkan kreator dan penonton mengambil secuil video atau streaming secara langsung, untuk dibagikan ke internet.

Cara Pakai Fitur YouTube Clip (Buat dan Bagikan Klip)

Perlu kamu tahu, durasi klip video yang boleh kamu ambil antara 5 -60 detik dan akan diputar secara berulang, langsung ke halaman tonton video yang asli.

Kreator dan penonton yang sudah login bisa membuat klip untuk dibagikan lewat URL baru. Klip bisa dibagikan ke media sosial atau aplikasi chat (contoh email atau pesan teks).

Nah, ini cara membuat dan membagikan Clip di YouTube.

  • Tontonlah salah satu video di YouTube.
  • Di bawah video, klik ikon klip (gambar gunting).
  • Sebuah box untuk membuat klip akan muncul.
  • Pilih bagian video yang ingin kamu buat klip.
  • Kamu juga bisa menambah (maks. 60 detik) atau mengurangi (min. 5 detik) durasi dengan menarik scroller.
  • Berilah judul pada klip (maks. 140 karakter).
  • Klik tombol β€˜BAGIKAN KLIP.’

Setelah itu akan muncul panel berisi opsi berbagi yang bisa kamu pakai. Mereka adalah β€˜Jaringan Sosial’ (contoh Facebook atau Twitter), β€˜Sematkan’ (klik untuk membuat kode yang bisa disematkan ke website), β€˜Email,’ dan β€˜Salin Link’ (klik untuk menyalin link ke video dan di-paste ke tempat lain, misal pesan email).

Harap perhatikan. Untuk saat ini YouTube Clip baru dalam fase β€˜limited alpha.’ YouTube mengatakan bahwa Clip sekarang baru tersedia untuk β€˜beberapa kreator.’

Bagi yang bisa melakukannya, pembuatan klip hanya bisa dilakukan lewat aplikasi YouTube Android atau via desktop. Namun jangan khawatir, dukungan untuk aplikasi iOS juga akan segera hadir kok.

Sementara itu, fitur YouTube yang satu ini benar-benar datang terlambat. Sebelumnya, fitur semacam ini sudah lebih dulu dicetuskan oleh pesaingnya, Twitch pada 2016 silam.

%d blogger menyukai ini: