Google Meet Tawarkan Cara Baru Buat Rapat, Kini Lebih Simpel

google meet

Lewat update terbarunya, Google Meet menawarkan cara baru untuk buat rapat online. Salah satunya bisa lewat jadwal di kalender.

Bicara soal pandemi COVID-19, memang tidak bisa jauh dengan yang namanya WFH (work from home). Walaupun sekarang banyak kantor sudah buka lagi, tapi ada sebagian dari mereka yang mungkin masih memberlakukan WFH pada karyawan.

Karena WFH, jadi kegiatan kerja tatap muka seperti rapat terpaksa dilakukan online. Google Meet menjadi salah satu layanan atau aplikasi yang dipakai orang WFH untuk rapat online selain Zoom.

Menariknya lewat update terbarunya, Google Meet kini menawarkan tiga cara baru untuk membuat rapat online. Apa saja opsinya?

Berbagai Cara Baru Buat Rapat di Google Meet

Dilansir dari Phone Arena, update terbaru Google Meet sudah mulai diterapkan minggu ini secara perlahan. Diperkirakan semua pengguna Meet bakal kebagian pembaruan maksimal dalam waktu 15 hari.

Sumber Gambar : Phone Arena

Lalu apa saja perubahan yang disajikan Meet kali ini? Jadi pembaruan kali ini bisa dilihat (kalau sudah kebagian pembaruan) saat kalian mengetuk tombol β€˜New Meeting.’

Setelah tombol itu kalian klik, akan muncul tiga opsi baru yakni β€˜Create a meeting for later,’ β€˜Start an instant meeting’ dan β€˜Schedule in Google Calendar.’

β€˜Create a meeting for later’ berfungsi jika kalian ingin membuat rapat di lain waktu. Kalian bisa menyimpan informasi rapat lebih dulu, lalu memulai rapat dengan peserta di lain waktu.

Opsi β€˜Start an instant meeting’ memungkinkan peserta langsung bergabung ke rapat kalian. Peserta tidak perlu masuk di ruang tunggu virtual lebih dulu. Oya, kalian juga bisa membagikan undangan rapat ke orang lain lho.

Tapi ada yang harus kalian perhatikan di opsi kedua ini. Saat orang lain bergabung, mikrofon dan kamera secara otomatis akan aktif.

Terakhir opsi β€˜Schedule in Google Calendar’ memungkinkan kalian menjadwalkan rapat lebih dulu di Google Calendar, sambil membagikan undangan rapat ke orang lain.

Kalian cukup memilih tanggal rapat, dan detail konferensi Meet akan terisi secara otomatis. Opsi ini berguna jika rapat kalian masih beberapa pekan lagi.

Oya, fitur ini akan bisa dinikmati semua pengguna Google Workspace, pengguna G Suite, dan pengguna Google (baik itu akun pribadi atau bisnis).

Khusus pengguna Workspace Essentials, kalian bisa membuat rapat di lain waktu (Create a meeting for later), dan rapat instan (Start and instant meeting). Tapi kalian tidak bisa menjadwalkan rapat di Google Calendar (Schedule in Google Calendar).

%d blogger menyukai ini: