Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

2 Cara Downgrade Windows 10 ke Windows 8.1 atau Windows 7

Cara Downgrade Windows 10 ke Windows 8.1 atau Windows 7
Febri Penulis

Kamu habis upgrade OS ke Windows 10 tapi ternyata tidak suka? Saya sudah sediakan tutorial lengkap cara downgrade Windows 10 ke Windows 8.1 atau Windows 7 atau Windows 8. Silakan simak panduannya di artikel ini.

Windows 10 untuk PC sudah diunduh oleh jutaan pengguna, bahkan di 24 jam pertamanya rilis secara resmi, Windows 10 sudah mendapatkan 14 juta lebih pengguna.

Kenapa Ingin Downgrade dari Windows 10?

Banyak pengguna mengatakan bahwa versi sistem operasi anyar ini lebih baik dari versi Windows 7 atau Windows 8.1, tampilan lebih bagus dan performa lebih cepat.

Saya salah satu pengguna yang cukup puas dengan Windows 10. Kamu bisa baca kesan pertama saya tentang sistem operasi anyar ini di artikel terpisah.

Namun tidak semua senang dengan Windows 10, ada beberapa pengguna yang tidak menyukai dengan alasan-alasan berbeda.

Entah karena masih ada aplikasi yang belum mendukung, driver yang belum bekerja dengan baik atau alasan lainnya. Intinya, beberapa pengguna tersebut ingin kembali lagi ke Windows 8.1 atau Windows 7.

Cara Downgrade Windows 10 ke Windows 8.1 atau Windows 7

Jangan khawatir, buat kamu pengguna yang ingin downgrade Windows 10 ke Windows 8.1 atau Windows 7, kamu bisa ikuti langkah-langkah mudah di bawah ini.

1. Downgrade melalui fitur Recovery

a. Masuk ke menu Setting

Cara Downgrade Windows 10 ke Windows 8.1 - Step 1

Ketik pada ikon Pencarian Windows > Settings > Open settings.

b. Pilih menu Update & Security

Cara Downgrade Windows 10 ke Windows 8.1 - Step 2

Saat menu pengaturan sudah muncul, klik kiri pada menu Update & Security.

Baca Juga:  3 Cara Mempercepat Windows 10 yang Lemot, Paling Ampuh!

c. Pilih menu Recovery.

Cara Downgrade Windows 10 ke Windows 8.1 - Step 3

Klik kiri pada menu Recovery yang ada di bagian sidebar menu settings.

d. Tekan tombol menu Get Started

Cara Downgrade Windows 10 ke Windows 8.1 - Step 4

Pada menu ini, biasa nya ada pilihan keterangan menu seperti:

  • Go back to Windows 8.1
  • Go back to Windows 7
  • Kembali ke versi Windows 10 sebelumnya, dan sebagainya.

Intinya pilihan menu ini muncul ketika kamu baru selesai update atau upgrade OS ke Windows 10, baik itu dari Windows 7, Windows 8, dan Windows 8.1.

Untuk bisa melakukan cara downgrade Windows 10, kamu perlu perhatikan beberapa hal berikut:

  • Simpan semuanya di folder windows.old dan $windows.~bt setelah pemutakhiran. Jika folder windows.old dan file $windows.~bt dihapus, maka fitur recovery akan hilang dan tidak akan bisa dilakukan proses downgrade melalui fitur recovery.
  • Hapus akun pengguna yang kamu tambahkan setelah pemutakhiran.
  • Ketahui kata sandi yang kamu gunakan untuk masuk ke Windows 7 atau Windows 8.1 (jika kamu menggunakannya).
  • Memiliki drive USB yang kamu gunakan untuk memutakhirkan ke Windows 10 (jika kamu menggunakannya).

Catatan: Jika kamu kembali ke Windows 8.1, beberapa aplikasi yang disertakan dengan Windows, seperti Email dan Orang, mungkin tidak berfungsi lagi. Untuk memperbaiki aplikasi, instal ulang aplikasi dari Microsoft Store.

Catatan: Opsi di Pengaturan untuk kembali ke versi Windows kamu sebelumnya hanya tersedia untuk waktu yang terbatas setelah pemutakhiran.

Jika pilihan menu seperti Kembali ke versi Windows 10 sebelumnya tersedia, kamu bisa tekan tombol Get Started untuk memulai proses downgrade Windows 10.

2. Instal ulang Windows 8.1 atau Windows 7

Jika cara pertam tidak bisa kamu lakukan, maka saya saran kan untuk melakukan instal ulang Windows 8.1 atau Windows 7 di PC/laptop yang kamu gunakan, dengan begitu kamu bisa menggunakan kembali OS Windows sebelumnya.

Baca Juga:  4 Cara Masuk BIOS Windows 10 Tercepat, 1 Menit Selesai!

Jika kamu tidak tahu cara instal ulang Windows di PC/laptop, bisa baca panduannya di artikel Cara Instal Ulang Windows dengan Flashdisk.

Untuk mengikuti tutorial itu, pastikan kamu sudah memiliki file .ISO dari Windows 8.1 atau pun Windows 7. Jika sudah memilikinya, maka kamu tinggal ikuti langkah-langkah instal windows seperti yang sudah dipaparkan di dalam artikel tersebut.

What’s Next

Kurang lebih seperti itu cara downgrade Windows 10 ke Windows 8.1 atau downgrade Windows 10 ke Windows 7, saya sendiri kurang paham soal motivasi kamu melakukan downgrade Windows.

Padahal Windows 10 itu sudah nyaman banget, apalagi di tahun 202 yang saya rasakan sendiri kalau Windows 10 sudah sempurna dan jauh banget dari yang namanya bug atau pun bluescreen issue.

Jadi kalau bisa tidak perlu downgrade Windows 10 ke Windows 7 atau pun Windows 8.1, untuk Windows 7 sendiri pengembangannya sudah dihentikan pihak Microsoft sejak lama dan Windows 8.1 juga akan segera menyusul seperti nasib si Windows 7.

Windows 8.1 pengembangannya akan berakhir pada 10 Januari 2023, sebentar lagi akan ditutup tuh si Windows 8.1.

Bahaya banget kalau kita pakai OS yang pengembangannya sendiri sudah dihentikan sama pihak developer, risiko paling besar adalah bisa kena serangan virus dan malware.

Kembali lagi, saran saya tetap berada di Windows 10 lebih baik, oh iya… jika kamu punya pertanyaan atau hal yang ingin disampaikan terkait tutorial kali ini, kamu bisa sampaikannya di kolom komentar, nanti kita bisa diskusikan bersama di bawah. Terima kasih.


Jangan lupa baca artikel menarik lainnya seputar teknologi di Urbandigital. Kalau kamu tertarik dengan tulisan saya, kamu bisa baca-baca artikel berita teknologi seperti ini atau tutorial lainnya dari saya Febri.


Sumber
Microsoft Support
https://support.microsoft.com/id-id/windows/dukungan-windows-8-1-akan-berakhir-pada-10-januari-2023-3cfd4cde-f611-496a-8057-923fba401e93
https://support.microsoft.com/id-id/windows/opsi-pemulihan-di-windows-31ce2444-7de3-818c-d626-e3b5a3024da5#bkmk_go_back_previous_version&WindowsVersion=Windows_10