Cara Downgrade Windows 10 ke Windows 8.1 atau Windows 7

windows 10

Windows 10 untuk PC sudah diunduh oleh jutaan pengguna, bahkan di 24 jam pertamanya, Windows 10 sudah mendapatkan 14 juta lebih pengguna. Banyak pengguna mengatakan bahwa versi sistem operasi anyar ini lebih baik dari versi Windows 7 atau Windows 8.1, tampilan lebih bagus dan performa lebih cepat. Saya salah satu pengguna yang cukup puas dengan Windows 10. Kalian bisa baca kesan pertama saya tentang sistem operasi anyar ini di artikel terpisah.

Namun tidak semua senang dengan Windows 10, ada beberapa pengguna yang tidak menyukai dengan alasan-alasan berbeda. Entah karena masih ada aplikasi yang belum mendukung, driver yang belum bekerja dengan baik atau alasan lainnya. Intinya, beberapa pengguna tersebut ingin kembali lagi ke Windows 8.1 atau Windows 7.

Jangan khawatir, buat kalian pengguna yang ingin downgrade Windows 10 ke Windows 8.1 atau Windows 7, kalian bisa ikuti langkah-langkah mudah di bawah ini.

Masuk ke Setting -> Update Security -> Recovery. Kemudian pada pilihan Go back to Windows 8.1 (atau Windows 7 jika kalian sebelumnya menggunakan Windows 7), tekan tombol Get Started, kemudian ikuti langkah-langkahnya. Setelah proses tersebut selesai, kalian akan kembali ke versi Windows sebelumnya.

downgrade dari windows 10 ke windows 8.1

Nah buat kalian yang sudah menggunakan Windows 10 pada PC, akankah kalian melakukan downgrade ke Windows 8.1 atau Windows 7?

Ingat, proses ini tidak bisa dilakukan jika kalian melakukan update dengan metode fresh install.