Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner
Zenbook 14 UX425 banner

TikTokers Wajib Tahu! Ternyata Begini Cara Kerja Algoritma Rahasia TikTok

Indri Penulis

Konten kreator TikTok wajib tahu! Ternyata begini lho cara kerja algoritma rahasia TikTok. Cara kerjanya nggak disangka-sangka banget.

Selama ini pernah nggak sih kamu penasaran dengan cara kerja algoritma TikTok? Misalnya gimana cara TikTok menentukan siapa konten kreator paling top, gimana cara mereka menentukan konten kreator  yang berhak mendapat bayaran sampai ratusan juta, dll.

Hm, kalau kamu pernah penasaran dengan hal-hal tersebut? Mungkin kamu bisa menemukan jawabannya di sini. Pasalnya baru-baru ini ada sebuah dokumen internal TikTok yang bocor di dunia maya. Dokumen tersebut membeberkan cara kerja algoritma rahasia TikTok yang selama ini nggak diketahui banyak orang.

Bagaimana Cara Kerja Algoritma TikTok?

Sebenarnya sampai sekarang, detail soal cara kerja algoritma TikTok masih dirahasiakan. Namun The New York Times baru-baru ini ‘berkesempatan’ melihat salinan internal dari dokumen TikTok yang bocor. Dokumen yang dibocorkan oleh salah satu karyawan TikTok itu berjudul “TikTok Algo 101.”

Dokumen tersebut memberikan gambaran umum tentang cara kerja algoritma TikTok kepada karyawan non-teknis. Nggak berselang lama, dokumen yang dibocorkan The New York Times akhirnya dikonfirmasi oleh juru bicara TikTok. Jadi, bagaimana cara kerjanya?

Yah, sebagian besar detil informasinya mungkin seperti yang dibayangkan banyak orang. Algoritma TikTok bakal mencari tahu apa yang kamu suka, setelah ketemu mereka bakal merekomendasikan video TikTok sesuai dengan hal yang kamu suka, dan sesekali menyisipkan video lain biar kamu nggak bosan.

Khusus algoritma di tab “For You,” TikTok biasanya akan menampilkan video acak, alih-alih video yang sesuai dengan tagar atau keyword yang sering kamu cari.

Kenapa bisa begitu? Ini terjadi karena TikTok akan menampilkan video dengan menggabungkan tingkat monetisasi, durasi dan kualitas dari konten kreator. Biasanya yang berhasil memenuhi ketiga syarat tersebut adalah video-video menarik dengan banyak viewers. Singkatnya, video-video tersebut bisa bikin penonton kecanduan dan betah me-scroll video di tab For Your terus-menerus.

Selain itu semakin lama durasi video yang kamu bikin, maka semakin besar pula potensimu untuk mengasilkan uang dari iklan. Biasanya kreator-kreator TikTok yang memiliki penghasilan milyaran rupiah sering memilih video berdurasi 2 – 3 menit, daripada yang hanya 15 detik.

Benarkah TikTok Mendorong Pengguna Nonton Konten Tak Sehat?

Algoritma TikTok memang dapat menarik orang untuk menonton berbagai konten menarik. Sayangnya, algoritma TikTok juga dapat menyedot orang untuk nonton konten yang ‘nggak sehat.’ TikTok pun sudah mengakui kalau ini adalah masalah yang sulit mereka hilangkan sampai sekarang.

Apalagi ternyata salah satu alasan karyawan TikTok membocorkan dokumen internal ke New York Times adalah karena dia terganggu dengan algoritma aplikasi. Orang itu mengatakan kalau TikTok selalu menyeretnya untuk nonton konten-konten sedih dan menyebabkan tindakan menyakiti diri sendiri. Dan jujur, ia merasa sangat terganggu dengan hal itu.

Nah lho.. Karyawannya saja merasa terganggu dengan alur kerja algoritme TikTok. Berarti di samping memberikan banyak manfaat, algoritma TikTok benar-benar punya efek negatif ya.

Algoritma TikTok Bisa Bikin Pengguna Kecanduan

Pernah nggak sih kamu merasa ingin kembali lagi ke TikTok? Baru saja menutup aplikasi, tapi nggak berselang lama kamu langsung ingin balik ke TikTok dan nonton berbagai konten yang ada di sana.

Gimana, pernah atau sering mengalami kejadian seperti itu? TikTok seolah-olah punya kekuatan magis untuk menarikmu kembali kan? Hahaha, tapi percayalah, itu hanyalah efek dari hebatnya algoritma TikTok.

Sistem rekomendasi di TikTok akan mengelompokkan jenis konten yang kamu cari. Setelah itu sistem tersebut akan menyajikan konten sesuai keyword yang kamu cari, plus tambahan konten menarik lainnya dengan topik yang hampir sama. Makanya jangan heran kalau kamu sering merasa ingin nonton video TikTok yang lainnya ya.

    %d blogger menyukai ini: