Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Cara Melihat Spotify Wrapped 2022 dan Share di Media Sosial

person using smartphone
Photo by John Tekeridis on Pexels.com

Tidak berasa sudah berada di pengunjung tahun ini. Artinya kamu sudah bisa membagikan Spotify Wrapped 2022 di medsos. Untuk kamu yang belum tahu, di sini kami membahas cara melihat Spotify Wrapped 2022.

Perlu diketahui bahwa Spotify Wrapped merupakan salah satu fitur yang disediakan oleh layanan pemutar musik Spotify untuk melihat rangkuman isi lagu yang kamu putar selama satu tahun kemarin.

Nah, khusus Spotify Wrapped tahun ini terdapat beberapa fitur baru yang dapat kamu coba loh. Penasaran dengan Spotify Wrapped 2022 dan fitur barunya? Check this out!

Apa Spotify Wrapped itu?

svg%3E

Spotify Wrapped merupakan rekap lagu, album, dan podcast yang paling banyak didengar pengguna selama periode satu tahun terakhir.

Data tersebut dicatat sejak 1 Januari hingga 31 Oktober tiap tahun kemudian divisualisasikan menjadi rangkuman yang dapat kamu bagikan di media sosial.

Fitur Spotify Wrapped ini  memang hanya tersedia di bulan Desember aja. Tapi, untuk playlist spesial yang udah disediakan Spotify Wrapped masih bisa kamu dengarkan selama aplikasi  Spotify masih ada di ponselmu.

Sekedar catatan, sementara ini Spotify Wrapped hanya bisa diakses utuk perangkat ponsel saja. Jadi, khusus untuk kamu pengguna Spotify via desktop harus download versi mobile-nya dulu baru bisa menikmati layanan Spotify tahunan ini.

Apa Saja yang Bisa Kamu Lihat di Spotify Wrapped?

Spotify Wrapped menyediakan daftar artis dan lagu apa saja yang sering kamu dengar beserta dengan data statistiknya.

Baca Juga:  Tombol Play dan Shuffle Bakal Dipisah Eksklusif Buat Pelanggan Spotify Premium

Buat tahun 2022, Spotify Wrapped menyediakan fitur baru “Listening Personality” yang mengkategorikan kamu ke dalam salah satu dari “16 personalities” seperti The Specialist, The Adventurer, dan The Replayer, dan sebagainya.

Hal baru lain yang disediakan Spotify Wrapped tahun ini yaitu “Audio Day”. Fitur yang menguraikan perubahan preferensi musik kamu dari pagi sampai malam hari ini dideskripsikan dengan tulisan singkat beserta gambar yang menarik.

Selain itu, ada juga fitur yang berisi pesan dari artis favoritmu dengan cuplikan lagu yang sering kamu putar di Spotify.

Bagaimana Cara Melihat Spotify Wrapped?

Sebelum melihat Spotify Wrapped kamu tahun ini pastikan dulu bahwa aplikasi yang kamu install sudah update yang terbaru ya.

Untuk melihat Spotify Wrapped, silakan ikuti langkah berikut ini:

  • Pertama, buka Google Play Store lalu pada kolom pencarian ketikan “Spotify” dan cek statusnya. Apabila ada tombol update, tekan tombol tersebut.
gambar update aplikasi spotfiy
  • Buka aplikasi Spotify.
  • Saat membuka beranda kamu akan langsung disuguhi dengan Spotify Wrapped.
  • Tekan fitur itu untuk melihatnya.
svg%3E

Tentu langkah di atas akan berfungsi selama kamu memang rajin mendengarkan musik di Spotify sepanjang tahun. Kalau kamu menggunakan aplikasi streaming musik lain, misalnya Apple Music, tentu kamu tidak akan melihat Spotify Wrapped milikmu.

Cara Cek Spotify Wrapped Yang Tidak Muncul di Beranda

Jika kamu buka aplikasi Spotify dan fitur itu tidak muncul di beranda, jangan kuatir. Kamu masih tetap bisa melihatnya.

Untuk cek Spotify Wrapped yang tidak muncul, berikut langkah yang perlu kamu lakukan:

  • Di aplikasi Spotify, pilih kolom ‘Search.’
  • Scroll ke bawah sampai menemukan menu ‘2022 Wrapped.’
  • Klik menu tersebut.
  • Kalian akan menemukan ‘Your Top Song 2022.’
  • Ada pula pilihan ‘Your 2022 Wrapped. See how you listened in 2022. Your top artist, song, and podcast the year and more.’
  • Untuk membagikan kilas balik, klik ‘Share This Story’ yang ada di bawah ‘Spotify Wrapped 2022.’
Baca Juga:  Cara Bikin Playlist Spotify Bareng Teman Lewat Ponsel dan Desktop

Dengan langkah di atas, kamu bisa menemukan Spotify Wrapped tahun 2022 kamu, untuk kemudian membagikannya ke media sosial.

Cara Membagikan Spotify Wrapped ke Medsos

Kamu dapat membagikan hasilnya dengan mengklik fitur ‘Bagikan cerita ini’ yang terletak pada bagian bawah layar atau mengklik tulisan ‘Bagikan’ yang muncul di akhir penayangan Spotify Wrapped.

Di sana kamu bisa memilih beberapa media sosial untuk mengirim hasil Spotify Wrapped-mu, seperti Instagram, Whatsapp, Twitter, Facebook, Snapchat, Tiktok, atau sekadar diunduh aja lalu disimpan di perangkat.

svg%3E

Bagaimana Cara Melihat Lebih Banyak Spotify Stats?

Buat lihat statistik Spotify, sebenarnya kamu tidak harus menunggu rilis Spotify Wrapped. Kamu bisa pakai website tertentu, lalu login pakai akun spotify-mu.

Di sana kamu bisa melihat top artist, top music, dan top genre yang sering diputar di akun Spotify. Apakah itu dalam jangka waktu 4 minggu terakhir, 6 minggu terakhir, ataupun keseluruhan waktu.

Selain itu, kamu juga bisa cek siapa aja artis yang belakangan ini sering kamu dengarkan lagunya di bagian pengaturan akun Spotify.

Memangnya Spotify Wrapped Ada Setiap Tahun Ya?

Yap, benar sekali. Spotify Wrapped ini merupakan fitur tahunan yang diadakan Spotify sejak tahun 2016 tiap bulan Desember. Jadi, bagi kamu para pengguna setia Spotify bisa ikutan tren ini setiap tahun.

What’s Next

Gimana nih? Udah tahu cara melihat Spotify Wrapped 2022 ’kan? So, ikutin tren Spotify Wrapped tahun ini biar nggak ketinggalan sama teman-teman kamu yang lain!


Pertanyaan atau saran lebih lanjut bisa kirim email langsung ke [email protected] Jangan lupa, ikuti kami di Google News.