Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Spotify Wrapped 2022 Lebih Pecah dari Tahun Lalu, Ada Tes Kepribadian Juga!

spotify wrapped 2022
Sumber: Spotify
Indri Penulis

Spotify Wrapped 2022 resmi hadir menyapa kita semua! Yuk kita intip apa aja kejutan yang disajikan Spotify Wrapped tahun ini.

Sudah jadi tradisi kalau setiap tahun Spotify bakal merilis Spotify Wrapped. Dengan Spotify Wrapped kamu dapat melihat kilas balik penggunaan Spotify selama setahun, dan bisa membagikannya ke media sosial.

Di tahun 2021, Spotify Wrapped berhasil mendapat apresiasi positif dari mayoritas pengguna. Apalagi setelah mereka merilis Spotify Wrapped 2021 dengan berbagai fitur baru.

Kabar bagusnya, tahun ini Spotify Wrapped sudah kembali. Kira-kira apa aja yang baru di Spotify Wrapped 2022? Tenang, saya bakal membahasnya secara tuntas di sini. Makanya pastikan kamu baca ulasannya sampai selesai ya.

Apa Saja yang Baru di Spotify Wrapped 2022?

Listening Personality

Dalam Spotify Wrapped 2022 kali ini, ada beberapa hal baru dan seru yang disajikan Spotify. Nah yang pertama adalah “Listening Personality.” Listening Personality terinspirasi dari tes kepribadian klasik Myers-Brigg dan kode empat hurufnya yang ikonik.

Listening Personality memperkenalkan kombinasi empat huruf untuk pengguna. Kombinasi huruf tersebut lalu diterjemahkan menjadi salah satu dari 16 tipe kepribadian yang sudah dibikin Spotify.

svg%3E
Sumber: Spotify Newsroom

Lebih lanjut, tipe kepribadian seseorang ditentukan berdasarkan musik yang mereka streaming dan pilihan sifat tertentu. Contohnya kecenderungan pengguna dalam menikmati musik baru, usia rata-rata lagu, dll.

Contohnya buat kamu yang punya kebiasaan langsung mendengarkan tren lagu-lagu terbaru, mungkin kamu bakal dijuluki sebagai ENPC atau pengadopsi awal. Nah kalau kamu suka mendengarkan musik dari negara lain, kamu mungkin bakal dijuluki ENLC atau penjelajah.

svg%3E
Sumber: Spotify Newsroom

Menariknya lagi, masing-masing dari 16 Listening Personality bakal diberi kartu warna-warni. Dengan begitu pengguna Spotify lebih gampang mengidentifikasi kepribadian mereka, dan membagikannya ke medsos.

Baca Juga:  Cara Mengatur Waktu Tidur Aplikasi Spotify Buat yang Sering Ketiduran

Audio Day

Audio Day, mendengar namanya saja mungkin sudah membuatmu bisa menebaknya. Jadi Audio Day adalah kisah interaktif yang menggambarkan tren mendengarkan seseorang dari pagi sampai sore.

svg%3E
Sumber: Spotify Newsroom

Apapun jenis lagu yang kamu dengarkan selama seharian, semuanya bakal dinarasikan Spotify dengan cantik. Bisa kamu lihat pada gambar di atas, tampilan Audio Day dikemas warna-warni. Bikin betah nonton kan?

Top Song

Nggak berhenti sampai di situ, Spotify Wrapped tahun ini juga menghadirkan “Top Song.” Top Song bakal menampilkan kumpulan lagu yang ‘paling sering didengar’ oleh pengguna.

svg%3E
Sumber: Spotify Newsroom

Tidak hanya daftar lagunya saja yang akan ditampilkan. Tapi Top Song juga bakal menampilkan daftar lagu teratas, beserta hari apa mereka sering mendengarkannya.

Selain itu pengguna juga bakal menerima pembaruan akhir tahun. Contohnya pembaruan soal artis, lagu, genre, podcast dan juga daftar putar Top Song 2022 mereka.

Terintegrasi ke Berbagai Platform Perpesanan

Spotify tahun ini telah mengintegrasikan Wrapped ke berbagai platform perpesanan. Dengan begitu, pengguna punya lebih banyak opsi untuk membagikan Wrapped-nya.

Tahun ini Wrapped 2022 telah terintegrasi ke WhatsApp, Live Chat Instagram, Facebook Messenger dan Line. Bahkan Spotify juga turut mengintegrasikan Wrapped 2022 ke Roblox.

Daftar Artis dan Konten Kreator Terpopuler Spotify 2022

Sebagai bagian dari rekap akhir tahun, Spotify telah merilis daftar artis dan konten kreator terpopuler tahun ini. Siapa aja mereka?

Daftar Artis yang Paling Banyak Di-Streaming Secara Global

  1. Bad Bunny
  2. Taylor Swift
  3. Drake
  4. The Weeknd
  5. BTS

Daftar Lagu yang Paling Banyak Diputar Secara Global

  1. “As It Was” – Harry Styles
  2. “Heat Waves” – Glass Animals
  3. “STAY (with Justin Bieber”) – The Kid LAROI
  4. “Me Porto Bonito” – Bad Bunny
  5. “Titi Me Pregunto” – Bad Bunny
Baca Juga:  6 Tips Agar Rekomendasi Musik Spotify Lebih Pas Selera

Daftar Album yang Paling Banyak Diputar Secara Global

  1. “Un Verano Sin Ti” – Bad Bunny
  2. “Harry’s House” – Harry Styles
  3. “SOUR” – Olivia Rodrigo
  4. “=” – Ed Sheeran
  5. “Planet Her” – Doja Cat

Daftar Podcast Terpopuler Secara Global

  1. “The Joe Rogan Experience”
  2. “Call Her Daddy”
  3. “Anything Goes with Emma Chamberlain”
  4. “Caso 63 (All Languages)”
  5. “Crime Junkie”

Baik Urban People, itu dia berbagai hal baru yang disajikan oleh Spotify Wrapped 2022. Selain itu, kamu juga bisa tahu apa aja konten terpopuler Spotify tahun ini.


Jika kamu ingin memberikan pertanyaan atau masukkan, silakan tulis di kolom komentar atau kirim  email  ke [email protected]