Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Yey! iOS 15 Hadirkan Cara Buat Melaporkan Aplikasi di App Store

Indri Penulis

Ada kabar bagus buatmu pengguna iOS 15. Pasalnya iOS 15 kini telah menghadirkan cara melaporkan aplikasi di App Store.

Beberapa waktu lalu, Apple akhirnya mulai mengizinkan pengguna untuk me-review aplikasi di App Store. Fitur ini langsung disambut antusias pengguna App Store, apalagi buat mereka yang merasa kecewa sama aplikasi tertentu dan tangannya gatal buat memberi kritik.

Di sisi lain, Apple selama ini memang terkenal cukup tertutup soal sistem yang ada di toko aplikasinya. Mereka seolah nggak membiarkan ada orang yang menjatuhkan citra App Store lewat review buruk. Nah dengan adanya fitur anyar ini, App Store bakal jadi lebih transparan (semoga saja).

Menariknya lagi, kini Apple kembali menghadirkan fitur anyar ke App Store, tepatnya pengguna App Store dengan iOS 15. Apa fitur terbaru App Store? Fiturnya yakni berupa tombol “Report a Problem.”

Kamu pasti penasaran kan, kira-kira apa fungsi tombol “Report a Problem” di App Store? Oke. Jadi tombol ini pertama kali dilaporkan oleh Richard Mazkewich dan leaker Kosta Eleftheriou di Twitter.

Mereka berdua mengatakan kalau Apple telah menambahkan tombol “Report a Problem” atau “Laporkan Masalah” ke daftar individu App Store iOS 15.

Saat tombol tersebut diklik, tombol bakal mengarahkan pengguna ke situs web eksternal dengan menu drop-down yang menyertakan opsi “Report a scam of fraud.”

Sebelum ada tombol ini, pengguna App Store cuma bisa melaporkan masalah Quality / Kualitas, jika mereka telah ditipu dan terlanjur membayar sejumlah uang ke aplikasi penipuan. Itu artinya kamu nggak bisa melaporkan aplikasi tertentu, kalau kamu belum pernah membayar uang ke sana.

Baca Juga:  Perangkat yang Mendapat iOS 16, iPadOs 16, dan macOS Ventura

Nah lewat update terbaru kali ini, semua pengguna iOS punya kesempatan untuk menandai aplikasi ‘mencurigakan,’ bahkan walau pun mereka nggak membeli barang digital apa pun dari aplikasi tersebut.

Tapi pertanyaannya, seberapa efektif fitur ini? Pasalnya dikutip dari The Verge, Apple cuma punya 500 moderator manusia untuk menangani laporan pengguna. Ini beda jauh dengan ribuan moderator yang dimiliki perusahaan lain seperti Twitter [2.200 moderator], Facebook [15.000 moderator] dan Google [20.000 moderator].

Jadi apakah semua laporan bakal bisa ditangani oleh Apple? Kita lihat saja sepak terjang Apple ya.