Cara Memakai AirTrigger di ROG Phone untuk Main Game

main game di ASUS ROG phone
Main game di ASUS ROG Phone

AirTrigger adalah fitur yang memberikan tombol ekstra pada pengguna ketika main game. Tombol ini merupakan fitur khas ROG Phone dari ASUS. Kali ini kami akan membahas cara memakai AirTrigger di ROG Phone untuk main game.

Salah satu keterbatasan main game di smartphone adalah kurangnya tombol kontrol jika dibandingkan konsol atau PC. Semua kontrol sebagian besar hadir secara virtual β€” bukan fisik β€” di layar. Semua permainan yang dirancang sebagai mobile game mempertimbangkan hal ini secara khusus.

Namun tidak jarang sebuah game tetap memiliki banyak tombol kontrol. Suatu hal yang bisa membuat gamer melakukan akrobat jari di atas layar. Hal inilah yang ingin dipecahkan ASUS melalui fitur AirTrigger.

Memang, ROG Phone bukanlah satu-satunya smartphone yang memiliki fitur seperti ini. Tapo tidak salah dong kalau kami ingin membahas fitur ini secara khusus?

Apa itu AirTrigger?

AirTrigger adalah tombol ekstra yang terdapat di bagian samping (sisi kanan-kiri) bodi ROG Phone (dalam posisi tegak). Ketika ponsel dipakai dalam posisi horizontal untuk main game, tombol AitTrigger memiliki posisi dan fungsi layaknya tombol bahu di kontroler game (tombol L1 R1).

Kamu bisa mengaktifkan fungsi AirTrigger ini melalui menu Game Genie.

rog phone game genie
Game Genie di ROG Phone

Cara AirTrigger Bekerja

Secara sederhana, AirTrigger akan bertindak sebagai “jari” kita di layar ponsel. Untuk itu, kamu harus memetakan dan menentukan tombol apa yang akan aktif ketika AirTrigger ditekan. Sehingga ketika AirTrigger ini ditekan, ia yang akan “memencet” tombol di layar.

Ini contohnya. Kamu menggunakan jempol kiri untuk mengarahkan gerak karakter yang kamu mainkan. Sementara jempol kanan kamu pakai untuk mengarahkan tembakan. Di samping itu, masih ada tombol skill yang akan kamu pakai.

Dengan AIrTrigger, kamu bisa menekan tombol skill itu melalui tombol bahu dengan jari telunjuk. Jadi kamu tidak perlu memindah posisi jempol kanan untuk mengeluarkan skill. Dengan cara yang sama, tombol ini juga sangat berguna untuk menembak dengan mengaktifkan keker alias ADS alias scope.

Setelan Tombol untuk AirTrigger

Tiap game memiliki fitur tombol yang berbeda. Ada yang bisa diatur posisinya ada yang tidak. Kalau bisa diatur, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengatur jenis dan posisi tombol kontrol di game sesuai gaya bermainmu.

Di sini, yang saya pakai sebagai contoh adalah kontrol dari game Shadowgun War Games. Silakan sesuaikan sesuai game yang kamu mainkan. Sekali lagi, hal ini bisa berbeda pada tiap game. Kebetulan game ini memiliki fitur pilihan set dan pengaturan posisi tombol kontrol.

Cara Mengatur Tombol AirTrigger

    1. Buka halaman setelan tombol di game
      • Catatan: Kalau tidak ada mungkin kamu bisa bermain satu game sekedar untuk memetakan tombol.
    2. Buka Game Genie dengan menekan ikon kontroler di bilah navigasi.
    3. Tekan tombol AirTrigger untuk membuka fitur ini.
      mengaktifkan airtrigger rog phone
    4. Tekan tombol aktivasi (toggle) untuk menyalakan fungsi AirTrigger di game bersangkutan.
    5. Geser lingkaran tombol merah (tombol kanan / R) dan biru (tombol kiri / L) di posisi tombol kontrol yang kamu inginkan.
      mengatur airtrigger rog phone
    • Catatan: Saya memindah tombol ADS ke atas supaya tidak mengganggu ketika mengarahkan senapan. Toh tombol itu sudah diganti dengan AirTrigger.
  1. Kalau sudah, kamu bisa menekan tombol X di bilah aktivasi untuk menutup setelan AirTrigger.

Kamu tidak perlu mengulang tiap langkah di atas setiap mau bermain. Cukup aktifkan AirTrigger di Armoury Crate atau Game Genie dan kamu bisa bermain memakai fitur ini.

Mengatur Sensitivitas AirTrigger

Panjang dan kekuatan tekanan jari tiap orang berbeda. Untungnya, ASUS memberikan setelan sensitivitas untuk AirTrigger di ROG Phone.

Cara Mendeteksi Sensitivitas AirTrigger

  1. Buka Armoury Crate.
  2. Buka halaman ‘Konsol’ (console).
  3. Tekan ‘Button tap force level
  4. Tekan kedua tombol AirTrigger untuk menentukan sensitivitasnya.

setelan sensitivitas airtrigger

Itulah cara memakai AirTrigger di ROG Phone. Mungkin kamu butuh sedikit latihan sampai terbiasa menggunakan tombol itu ketika bermain game. Tapi kalau sudah terbiasa, dijamin aksi lebih cepat dan lebih efisien.

Selamat mencoba!

%d blogger menyukai ini: