Kesan Pertama: Shadowgun War Games Lumayan Bikin Gemes

shadowgun war games

Game FPS 5v5 terbaru dari Madfinger Games, Shadowgun War Games, akhirnya tersedia untuk Android dan iOS. Tapi apakah game ini memang sesuai dengan harapan sebelumnya?

Pada bulan Agustus 2018, Madfinger Games mengumumkan game ini. Kemudian, pada bulan November 2019, Shadowgun War Games hadir di Play Store untuk mereka yang ingin melakukan pra-registrasi. Sebelum rilis resmi, kita mendengar kabar kalau game ini sudah meraih lebih dari 1 juta pendaftar.

Melihat perkembangannya, game ini memang terlihat bombastis. Sebenarnya tidak heran juga. Game FPS dan 3rd-Person Shooter memang sangat digandrungi. Entah di konsol, PC, atau smartphone, genre ini merajalela. Lihat saja PUBG, Fortnite, COD, Apex Legend, dll.

Kalau kamu agak ragu mau mencoba game ini, ijinkan kami sedikit membantu dengan memberikan gambaran dan pengalaman hands-on.

Gameplay Shadowgun War Games

Seperti sudah disebut di atas, game ini adalah sebuah permainan FPS alias First Person Shooter. Artinya, tampilan permainan berjalan dari sudut pandang karakter yang kamu mainkan. Kamu “hanya” akan melihat pucuk senjata dan area yang ada di depan mata karakter.

Kamu akan bermain secara online bersama pemain lain dalam pertempuran PvP 5v5. Jadi satu tim akan melawan tim lain, dan masing-masing tim terdiri dari 5 orang pemain. Tiap orang bisa memilih karakter yang ada sesuai gaya bermain mereka.

tampilan shadowgun war games
Tampilan permainan

Ketika kamu mulai bermain, mode permainan yang tersedia adalah Team Deathmatch (TDM). Aturan dasar TDM adalah siapa yang membunuh paling banyak adalah yang menang. Kemudian, mode permainan lain akan terbuka, yaitu Capture The Flag (CTF). Seperti namanya, di CTF, kamu akan mencuri bendera musuh dan membawanya ke basismu. Siapa yang mencuri paling banyak, dia yang menang.

mode permainan shadowgun war games
Mode permainan

Karakter / Heroes

Paling tidak, saat ini di game Shadowgun War Games terdapat 5 karakter yang bisa kamu mainkan. Ada Slade, Revenant, Sara, Willow,dan Jet. Pada permulaan, Slade, Revenant, dan Sara bisa kamu gunakan, sedangkan Willow dan Jet akan terbuka pada level tertentu.

pilihan hero shadowgun war games
Pilihan hero

Tentu, tiap hero ini memiliki peran dan kemampuannya masing-masing. Kamu bisa melihat informasi kemampuan tiap karakter tersebut ā€” health (darah), speed (kecepatan) dan range (jarak) ā€” beserta 2 skill yang mereka miliki. Kombinasi kemampuan dan skill ini yang menentukan peran dalam tim. Yang mana yang sesuai dengan gaya bermainmu, menjadi pilihanmu sepenuhnya.

info karakter shadowgun war games
Stat dan skill hero

Kontrol

Kontrol Shadowgun War Games boleh dibilang tidak jauh berbeda dengan game sejenis. Sentuhan di sebelah kiri layar berguna untuk mengarahkan gerakan si karakter, dan sentuhan di sebelah kanan mengarahkan pandangan karakter termasuk membidik. Lalu ada dua tombol skill di bagian tengah layar.

pengaturan tombol

Ada beberapa pilihan kontrol atau konfigurasi tombol di game ini:

  • Simple – Tembakan berjalan otomatis bisa sasaran ada di tubuh musuh. Scope (keker) muncul dengan double tap (tekan layar 2 kali)
  • One-top ADS – Ada tombol tembakan (menembak manual) dan menembak dengan scope.
  • Hip Fire –  Ada tombol tembakan, scope dengan double tap.
  • Per Weapon – Nantinya akan bergantung ke tiap senjata (tapi sejauh ini masih sama dengan simple).
setelan kontrol
Setelan kontrol game

Hands-on Shadowgun War Games

Terus terang, saya tidak jago main game FPS (terutama di ponsel). Tapi boleh saya bilang, sejauh ini permainan cukup menyenangkan. Permainan berjalan seperti game FPS 5v5 lainnya, mungkin sedikit lebih sederhana.

Dari sisi teknis, kendala yang sering saya temui adalah masalah koneksi. Kadang lari atau mengarahkan bidikan jadi lambat, atau bahkan langsung muncul pemberitahuan network error atau connection lost. Bisa jadi ini karena koneksi internet saya yang drop (saya pakai koneksi seluler bukan Wi-Fi). Tapi Joe Hindy dari Android Authority juga sempat mengalami masalah yang sama.

Dari segi permainan, saya merasa agak sedikit kurang adil ketika Jet memiliki kemampuan teleport. Di game FPS yang memiliki pandangan terbatas, bertemu dengan lawan yang bisa menghilang dan muncul di belakang (lalu membunuh kita) cukup menyebalkan. Hm, tapi mungkin ini karena saya kurang jago saja.

Kesulitan lain yang saya hadapi di game ini adalah tidak ada mini map. Tidak adanya mini map ini bisa bikin pusing kalau main CTF dan tidak hapal jalan. Bisa tersesat! Mungkin sengaja dibukin seperti itu biar terasa lebih real.

Jujur, saya belum bisa berkomentar soal keseimbangan matchmaking. Ya, karena jam terbang masih belum cukup banyak. Tapi saya pernah satu tim dengan pemain yang sudah punya kill dan win banyak, pernah juga main dengan yang baru mulai main.

Lalu, apa game ini pay to win (P2W)? Sejauh ini yang saya lihat di toko adalah pembelian untuk konstum, aksesoris, dan dance move. Jadi kelihatannya tidak ada unsur P2W di sini. Namun belum tahu perkembangannya nanti seperti apa.

Ritme permainan rata-rata berjalan cukup cepat. Kadang terasa agak terlalu cepat untuk bisa menerapkan taktik. Yang jelas, insting dan refleks sangat dibutuhkan. Begitu juga dengan mengenali tiap karakter (baik untuk dipakai atau dilawan), dan mengenali lokasi.

Secara keseluruhan, sekali lagi, Shadowgun War Games cukup menyenangkan. Tapi mungkin belum terlalu oke untuk bisa bersaing dengan PUBG atau COD Mobile. Yah, game ini baru saja rilis secara umum. Jadi perlu kita lihat perkembangannya lebih jauh. Kalau kamu mau coba, silakan kunjungi bursa aplikasi melalui link di bawah.

Download (Android)

Download (iOS)

%d blogger menyukai ini: