ASUS UX304
ASUS UX304
ASUS UX304

3 Cara Mematikan Laptop yang Benar, Salah Pencet Akibatnya Fatal Lho!

cara mematikan laptop
Gambar Oleh: Pxfuel
Indri Penulis

Mau tahu bagaimana cara mematikan laptop yang benar? Kamu bisa simak artikel ini untuk dapatkan tutorial lengkapnya.

Mematikan laptop memang perkara yang sangat sepele. Tapi mungkin bagi pengguna laptop pemula, mematikan laptop bisa menjadi perkara yang membingungkan. Bahkan ada beberapa pengguna yang mengira mematikan laptop, caranya sama dengan menghidupkan laptop lho! Yakni dengan menekan tombol Power.

Memang sih, caranya nggak salah. Tapi juga nggak bisa dibenarkan juga. Soalnya kalau kita mematikan laptop dari tombol Power, sama saja kita mematikan paksa mesin yang sedang berjalan. Efek jangka panjangnya nggak main-main lho. Salah satunya bisa bikin laptop rusak (baca “5 Efek Fatal Mematikan Laptop Secara Paksa).

Makanya dalam artikel kali ini, saya akan memberikan sedikit edukasi tentang cara mematikan laptop yang benar. Dengan menerapkan cara yang benar, hal tersebut bisa membantumu menjaga umur laptop agar tetap awet.

  • Solusi Cepat!
    Tekan tombol Start. Setelah itu klik tombol “Shutdown” di pojok kanan bawah layar. Kemudian pilih menu “Shutdown” untuk mematikan laptop.

Cara Mematikan Laptop yang Benar

1. Cara Mematikan Laptop dengan Tombol Start

Tombol Start di Windows bisa kamu gunakan untuk mengakses berbagai fitur dan aplikasi. Lewat tombol ini, kamu juga bisa mengakses tombol Shutdown untuk mematikan laptop.

cara mematikan laptop yang benar

Untuk mengakses mematikan laptop menggunakan tombol Start sangat mudah. Kamu cukup klik tombol Start. Setelah itu klik tombol Shutdown yang ada di pojok kanan layar. Lalu lanjut klik menu “Shutdown.”

2. Cara Mematikan Laptop dengan Keyboard

Cara mematikan laptop dengan keyboard juga sangat mudah. Kamu hanya perlu menekan tombol Windows yang ada di keyboard. Setelah itu klik tombol Shutdown yang ada di pojok kanan bawah layar. Selanjutnya klik menu “Shutdown” untuk mematikan laptop.