Cara Membersihkan Port Pengisi Daya iPhone

Jika iPhone tidak mau mengisi daya, mungkin ada yang salah pada port pengisi daya. Mungkin kamu perlu membersihkan port pengisi daya iPhone milikmu.

Saat baterai hampir habis tapi ponsel tidak mau mengisi daya, tentu hal ini sangat menyebalkan. Berbagai hal seperti mengganti kabel charge sudah dilakukan, tapi daya tetap tidak mau terisi.

Lalu, apakah kalian sudah mencoba membersihkan port pengisi daya pada iPhone? Jika belum, maka cobalah hal ini. Mungkin saja port iPhone dalam kondisi kotor.

Ada berbagai hal yang dapat menyebabkan port pengisi daya kotor. Port pengisi daya bisa kotor akibat tersumbat debu, rambut, remah-remah, hingga bulu hewan peliharaan.

Sumber Gambar : Digital Trends

Setiap kali memasukkan kabel Lightning ke port iPhone, tanpa sadar kita justru memasukkan kotoran lebih dalam. Akhirnya kotoran akan menyumbat arus daya ke iPhone.

Usahakan untuk membersihkan port pengisi daya secara berkala. Dengan begitu, kalian bisa menghindari port tersumbat kotoran.

Apa yang Digunakan Untuk Membersihkan Port iPhone?

Jika port pengisi daya iPhone kalian kotor, maka kalian bisa membersihkan itu sendiri. Kalian tidak butuh peralatan pembersih khusus.

Selama ini ada banyak tutorial membersihkan port iPhone dengan bahan khusus. Tapi Apple menghimbau pelanggan agar tidak menggunakan semprotan khusus atau aerosol ke iPhone.

Cairan semprot maupun aerosol akan memiliki tekanan cukup tinggi. Tekanan ini dapat merusak iPhone secara internal.

Supaya lebih aman, kalian bisa menggunakan kunci SIM iPhone. Selain digunakan untuk melepas SIM, kunci ini ternyata juga bisa membersihkan port pengisi daya pada iPhone.

Sumber Gambar : iMore

Tapi jika kalian tidak punya kunci SIM iPhone, maka ada alternatif lain yang bisa dicoba. Kalian bisa menggunakan tusuk gigi atau penjepit kertas untuk membersihkan port iPhone.

Selain itu, kalian juga perlu menyiapkan tisu untuk menyeka port iPhone. Siapkan juga senter kecil agar kalian bisa melihat semua kotoran di dalam port.

Cara Membersihkan Port Pengisian iPhone

Demi keselamatan, matikan iPhone terlebih dahulu. Selama proses pembersihan, jauhkan tangan dari tombol daya supaya tidak tertekan.

Untuk langkah selanjutnya, simak langkah-langkah di bawah ini:

  • Periksa kondisi port menggunakan senter.
  • Ambil tusuk gigi atau benda tajam yang saya sebutkan sebelumnya.
  • Masukkan ke port pengisi daya.
  • Keluarkan semua kotoran secara perlahan.
  • Sesekali periksa kotoran yang tersisa dengan senter.
  • Jika masih ada, ulangi proses menggunakan tusuk gigi atau alat lain.

Jika kalian menggunakan tusuk gigi, maka berhati-hatilah. Sebab jika tusuk gigi patah, hal ini akan menyebabkan masalah yang lebih rumit.

Selain itu, jangan terlalu keras saat mengeluarkan kotoran. Jika terlalu keras, hal ini justru bisa merusak port pengisi daya iPhone.

More Stories
line face play video call
LINE Face Play: Main Game Sambil Video Call