Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

Cara Membuat Avatar di WhatsApp Termudah, 1 Menit Langsung Jadi!

cara membuat avatar di whatsapp
Sumber: Twist Article
Indri Penulis

Kamu cari cara membuat avatar di WhatsApp? Nggak usah galau, simak dan praktikkan saja tutorial dari saya berikut ini.

Akhir-akhir ini lagi booming orang-orang bikin avatar WhatsApp. Contohnya bisa kamu lihat di foto profil temanmu yang mungkin baru-baru ini ganti jadi karakter avatar.

Tidak hanya itu, karakter avatar juga sering dipakai menjadi stiker. Selain kesannya lebih unik, stiker avatar juga jauh lebih ekspresif dibanding emoji atau stiker biasa.

Nah buat kamu yang belum tahu, WhatsApp baru-baru ini punya fitur baru bernama Avatar. Fitur inilah yang dipakai orang-orang untuk bikin avatar di WhatsApp.

Pertanyaannya, gimana sih cara membuat avatar di WhatsApp? Oke biar kamu nggak bingung, kali ini saya akan memberikan tutorial lengkapnya khusus buat kamu. Simak sampai bawah ya!

  • Solusi Cepat
    Untuk membuat Avatar di WhatsApp, klik menu Setelan > Avatar dan klik tombol Buat Avatar Anda. Setelah itu sesuaikan karkater avatar dengan diri kamu sendiri.

Apa Itu Avatar WhatsApp?

Avatar adalah salah satu fitur terbaru WhatsApp yang rilis beberapa waktu lalu. Sesuai namanya, fitur Avatar memungkinkan pengguna untuk bikin karakter avatar khas diri mereka sendiri.

Lewat fitur ini pengguna bisa bikin karakter avatar sesuai dengan gaya dan ciri khas badan mereka. Contohnya bikin karakter avatar berambut panjang lurus berponi, wajah oval, hidung mancung, ada tahi lalat di pojok bibir, dll.

Yah simpelnya, avatar adalah ‘versi digital dari diri kamu sendiri.’ Jadi kamu bisa bebas mengkreasikan bentuk avatarmu.

Sebenarnya saya sudah pernah membahas fitur Avatar WhatsApp secara lengkap. Kalau kepo, kamu bisa baca artikel saya yang berjudul “Fitur Avatar WhatsApp Resmi Hadir, Bisa Bikin Foto Profil dan Stiker Avatar Sendiri.”

Baca Juga:  Cara Sematkan (Pin) Chat WhatsApp agar Percakapan Tetap Terlihat

Cara Membuat Avatar di WhatsApp

Membuat avatar di WhatsApp sangat gampang. Kamu bisa mengakses fitur Avatar lewat menu Setelan (titik tiga vertikal/horizontal) yang ada di pojok kanan atas layar aplikasi. Setelah itu, kamu bisa ikuti arahan yang saya berikut.

Untuk membuat avatar, kamu bisa praktikkan cara membuat avatar di WhatsApp berikut ini:

  • Klik menu Setelan (titik tiga vertikal/horizontal) di pojok kanan atas layar WhatsApp.
svg%3E
  • Setelah itu klik menu “Avatar” yang ada di bawah Akun.
svg%3E
  • Kemudian klik tombol “Buat Avatar Anda.”
cara membuat avatar di whatsapp
  • Setelah itu klik tombol “Mulai” untuk memulai proses pembuatan avatar.
svg%3E
  • Selanjutnya WhatsApp akan memintamu memilih warna kulit.
  • Setelah itu WhatsApp bakal menampilkan tampilan karakter avatar.
svg%3E
  • Selanjutnya WhatsApp akan menampilkan karakter avatar yang masih polosan.
svg%3E
  • Kamu bisa sesuai tampilan avatar sesuai selera.
  • Contohnya dengan memilih gaya rambut, gaya pakaian, bentuk wajah, dll, yang paling mirip dengan dirimu sendiri.
svg%3E
  • Kalau sudah, klik “Selesai” yang ada di pojok kanan atas layar.

Selesai deh, setelah itu kamu bakal melihat tampilan avatar yang sudah dibuat tadi. Sekarang kamu bisa membuat karakter avatar menjadi foto profil atau stiker obrolan.

Oya kalau kamu sebelumnya sudah pernah bikin avatar WhatsApp, maka saat kamu membuka menu Avatar maka tampilannya akan seperti ini:

cara membuat avatar di whatsapp

Kamu bisa mengubah tampilan avatar dengan mengklik tombol Edit di pojok kanan bawah gambar. Atau klik menu “Buat foto profil” untuk menjadikannya foto profil. Kamu juga bisa klik “Hapus Avatar” untuk menghapus avatar tersebut.

Saat kamu mengklik tombol Hapus Avatar, avatar yang sudah kamu bikin akan hilang. Kamu akan kembali ke tampilan awal, dan kamu tinggal ulangi saja langkah-langkah yang saya sampaikan di atas.

Baca Juga:  Cara Menggunakan Whatsapp Web di Laptop & HP Dengan Mudah Tanpa Aplikasi

Kelebihan dan Kekurangan Avatar WhatsApp

Secara pribadi, menurut saya fitur Avatar WhatsApp punya kelebihan dan kekurangan. Untuk kelebihannya, keberadaan fitur Avatar WhatsApp cukup menyenangkan.

Soalnya kalau bisa bikin avatar yang benar-benar mirip dengan diri sendiri, rasanya benar-benar seru. Apalagi kalau sudah dibuat menjadi foto profil dan stiker obrolan.

Kelemahannya, fitur visual Avatar WhatsApp menurut saya masih kurang. Contohnya bisa kamu lihat pada gambar avatar saya di atas. Saat diperbesar, gambar avatar nggak tajam alias pecah. Selain itu bagian poninya juga sama sekali nggak rapi.

Tapi itu saya anggap wajar sih. Soalnya ini kan fitur terbaru WhatsApp. Kemarin saat pertama kali diumumkan, WhatsApp juga bilang kalau mereka akan terus memperbaiki visual avatar.

WhatsApp juga bakal menambah tools-tools yang lebih canggih ke avatar. Dengan begitu karakter avatar yang dibikin bisa lebih unik dan canggih. Ya, kita tunggu saja kejutan dari WhatsApp.

What’s Next?

Baik Urban People, itu dia cara membuat avatar di WhatsApp termudah dan terlengkap. Kamu bisa praktikkan cara yang menurutmu paling gampang.

Simpelnya, kamu cuma perlu buka menu Avatar. Kemudian klik tombol Buat Avatar Anda. Lalu sesuaikan saja karakter avatar dengan ciri khas yang ada di badanmu (contoh gaya rambut, bentuk wajah, warna kulit, bentuk mata, posisi tahi lalat, dll).


Jika kamu ingin memberikan pertanyaan atau masukkan, silakan tulis di kolom komentar atau kirim  email  ke [email protected]