Cara Membuka Situs Yang Diblokir Tanpa Aplikasi Dengan Sukses

membuka situs yang diblokir

Kita tahu kalau ada beberapa situs yang diblokir dengan berbagai alasan. Misalnya situs dewasa. Tapi ada beberapa situs tersebut yang sebenarnya berguna. Untuk kamu yang tidak mau repot, berikut kami bahas cara membuka situs yang diblokir tanpa aplikasi.

Yah, sebenarnya bukan tanpa aplikasi seratus persen. Karena toh tetap memakai aplikasi browser. Namun tips berikut ini bisa berfungsi dengan usaha yang lebih minimal.

Di sini, kami hanya memanfaatkan fitur yang ada di dalam browser. Kalau pun utak-utik teknis, hanya sedikit saja. Tidak rumit.

Lalu, sebagian besar contoh di sini merupakan browser untuk PC. Yah, ada juga yang terdapat di browser untuk smartphone. Tapi tidak semua.

Nah, silakan menyimak.

Firefox

Untuk browser PC, salah satu cara yang bisa kamu pakai untuk membuka situs yang diblokir adalah dengan mengganti DNS. Kamu bisa menggantinya melalui Pengaturan Firefox, yaitu di General > Connection Settings > Enable DNS over HTTPS. Pilih provider yang kamu inginkan lalu klik ‘OK‘.

Setelan ganti DNS browser Firefox
Setelan ganti DNS browser Firefox

Untuk lebih detil (termasuk untuk Android), kamu bisa membaca artikel Cara Mengganti DNS di Browser Firefox.

Memang mengganti DNS tidak membuka semua situs yang diblokir. Namun cukup membantu untuk mengakses beberapa di antaranya.

Download

Opera

Saat ini browser Opera sudah berbasis Chromium (sama seperti Google Chrome, jadi kamu bisa pakai ekstensi Chrome). Selain itu, Opera juga memiliki fitur VPN di dalamnya. Jadi kamu bisa dengan mudah menggunakan fitur tersebut.

browser opera terbaru
Browser Opera

Tinggal buka browser (mau pakai versi incognito juga bisa) dan klik tombol VPN di sebelah kiri kotak alamat. Setelah terhubung, kamu bisa mengakses situs-situs yang diblokir, termasuk situs dewasa.

Fitur VPN di browser Opera tersedia baik di browser untuk PC maupun untuk smartphone. Kelemahan menggunakan fitur VPN ini adalah akses internet menjadi relatif lebih lambat.

Download

Brave

Sama seperti Opera, browser yang bernama Brave ini juga berbasis Chromium. Di browser ini terdapat sebuah fitur bernama ‘Private Window with Tor‘. Aslinya, TOR adalah sebuah aplikasi untuk berkomunikasi secara anonim. Mirip seperti VPN, TOR akan mengantar situs melalui berbagai jaringan terlebih dulu.

brave private browser with tor
Browser Brave dengan Tor

Untuk menggunakannya, kamu tinggal klik File > New Private Window with Tor. Setelah jendela baru terbuka, kamu tinggal mengakses situs tujuanmu. Sayangnya, fitur ini tidak tersedia di browser Brave untuk smartphone.

Download

%d blogger menyukai ini: