Diskon VPN terbaik: Klik di sini

Cara Mengganti DNS di Browser Firefox

ilustrasi firefox
gambar: Geddski

Ada kalanya kamu perlu membuka beberapa situs yang diblokir. Nah, tahukah kamu kalau kamu bisa ganti DNS di browser? Kalau kalian pakai browser Firefox, ada cara untuk mengganti DNS di sana.

Perlu kamu ketahui bahwa mengganti DNS tidak serta merta bisa membuka situs yang diblokir. Untuk bisa melakukannya, kamu perlu memakai VPN. Tapi ingat, hanya aplikasi VPN yang bisa dipercaya untuk menghindarkan diri dari efek negatif VPN.

Walau begitu, mengganti DNS bisa membuka beberapa situs tertentu. Misalnya Vimeo atau Reddit. Yah, kalian bisa mencoba situs web lain kalau sudah melakukannya.

Anyway, saat ini Firefox sudah jadi sebuah browser yang menarik sebagai alternatif Chrome. Apalagi setelah lahir kembali sebagai Firefox Quantum. Salah satunya adalah fitur ganti DNS.

Awalnya, fitur ini hadir di balik layar. Tepatnya, kamu harus melalui halaman about:config untuk bisa melakukannya. Namun sekarang lebih mudah.

Bagaimana cara mengganti DNS di browser Firefox?
  1. Klik ikon Menu di pojok kanan atas.
  2. Klik Preferences.
  3. Di bagian General, geser ke bawah, cari Network Setting dan klik tombol Setting.
  4. Geser halaman ke bawah, dan aktifkan (centang) Enable DNS over HTTPS.
    Pilihan bawaan adalah: https://mozilla.cloudflare-dns.com/dns-query.
    Kamu bisa menggantinya dengan https://dns.google.com/experimental kalau mau.
  5. Tekan tombol OK.
cara mengganti dns di browser firefox
Setelan ganti DNS browser Firefox

Kamu sudah mengganti DNS dari dalam browser. Sekarang kamu bisa menelusuri internet dengan sedikit lebih bebas dan sedikit lebih punya privasi.

Mungkin kamu penasaran bagaimana membuktikannya? Coba kunjungi situs DNS Leak Test. Lakukan uji kecil, baik sebelum mengganti DNS dan sesudah. Lihat apa perbedaannya. Kamu bisa juga mengujinya saat memakai aplikasi VPN.

Nah, itulah sedikit tutorial ringan cara mengganti DNS di Browser Firefox. Sejauh ini (dan sepengetahuan saya), Chrome belum punya fungsi ini. Jadi memang cukup menarik. Selamat mencoba.

More Stories
PUBG Mobile Memasuki Masa Open Beta!