Vivobook X BAPE
Vivobook X BAPE
Vivobook X BAPE

Cara Memilih Domain Untuk Website Sendiri Yang Benar dan Tepat

gambar ilustrasi cara memilih nama domain untuk website
Avatar of Anom
Anom Penulis

Apakah kamu sedang mencari nama domain yang bagus? Apakah ini kali pertama kamu membuat website sendiri? Untuk menjawab masalah tersebut, di sini kami membahas cara memilih domain untuk website, termasuk cara pembeliannya.

Kami harap, setelah kamu memahami tips ini, kamu bisa mencari dan memilih perusahaan hosting yang juga sekaligus bertindak sebagai pendaftar domain. Sebagai contoh, salah satu yang bisa kamu cek adalah hostadvice untuk melihat harga pembelian nama domain.

Tapi mari kita lihat lebih jauh sebelumnya.

  • Solusi Singkat
    Cara memilih domain website paling tepat adalah dengan mencari yang sesederhana mungkin, hindari kemungkinan salah ketik, usahakan memakai “.com”, dan berbasis SEO.

Apa Peran Domain di Website?

Domain adalah nama unik yang bertindak sebagai alamat sebuah website. Jadi, entah kamu membuat blog pribadi untuk menulis minat atau website untuk menjual produk untuk meraih pendapatan, kamu harus memilih nama domain.

Dengan begitu, orang yang ingin membuka website milikmu tersebut tahu harus menuju ke mana. Termasuk juga ketika mereka melakukan pencarian di mesin pencari.

Nama domain yang paling bagus adalah yang paling menggambarkan tujuan situs yang kamu buat. Selain itu, nama domain harus mudah diingat dan tidak terlalu panjang. Dengan kata lain: Singkat, padat, jelas.

svg%3E
Cara Memilih Domain Untuk Website Sendiri Yang Benar dan Tepat

Cara Memilih Domain Untuk Website

Ketika kamu memilih nama domain website, ada beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan. Sebagai contoh, ada beberapa pertanyaan yang mungkin muncul.

Apa kamu mau memakai kata kunci (keyword) dan menerapkan teknik SEO sepenuhnya? Apakah nama website akan mencerminkan semua produk yang kamu sediakan untuk konsumen? Lalu apakah kamu ingin nama website memunculkan citra tersendiri saat konsumen membacanya?

Walau pertanyaan di atas penting, tapi mungkin kamu merasa bingung dengan berbagai pertanyaan itu. Jadi mari kita sederhanakan pertimbangan yang ada.

Kriteria Pemilihan Nama Domain

Inilah beberapa kriteria penting yang wajib kamu penuhi.

  • Usahakan tetap sederhana
    Beberapa orang cukup beruntung sudah punya nama bisnis yang bisa mereka gunakan sebagai domain website. Tapi sebagian lainnya tidak.
    • Jika kamu termasuk yang harus mencari, usahakan nama tersebut singkat, berhubungan dengan bidangmu, dan mudah diingat.
    • Hindari penggunaan kata slang, seperti “U” untuk kamu.
  • Hindari kemungkinan salah ketik
    Sudah jelas kalau kamu tidak bisa mengontrol cara orang lain mengetik. Tapi kamu bisa meminimalis hal itu dengan memilih nama domain yang mudah diketik.
    • Hindari tanda hubung atau nomor untuk menghindari salah ketik.
    • Begitu juga, hindari pemakaian singkatan dan huruf ganda di dalam nama domain.
  • Pilih.com
    Prioritas utama adalah mencari domain dengan akhiran “.com“. Karena itulah yang diingat orang pertama kali. Jika tidak tersedia, kamu bisa memilih alternatif lain yang cukup umum, seperti “.co” atau “.net“.
  • Kata berbasis SEO
    Waktu kamu memilih nama domain, usahakan memanfaatkan kata kunci yang terkait dengan produk bisnis atau topik blog.
    Dengan begitu, nama domain milikmu akan terhubung dengan kata kunci dan bidang tersebut. Akhirnya website bisa mendapat ranking yang lebih tinggi di hasil pencarian.

Zona Domain

Di samping kriteria di atas, kamu juga perlu mengetahui bahwa domain — selain sebagai alamat unik — juga tergolong dalam zona. Ada dua kategori zona yang bisa kamu temui.

  • Internasional — Nama domain tidak mengisyaratkan wilayah. Sebagai contoh: .com, .org, .biz, dan lain-lain.
  • Nasional — Nama domain mengisyaratkan wilayah tempat website beroperasi. Misalnya: .id, .de, .ua, .mk, dan lain-lain.

Jika target audiens yang ingin kamu raih berasal dari berbagai negara lain (dengan kata lain, seluruh dunia atau internasional), gunakan domain dari zona internasional yang lebih netral.

Jika target audiens berasal dari negara yang sama denganmu gunakan nama domain dari zona nasional atau yang memiliki identitas negara. Dalam hal ini tentunya Indonesia (.co.id, .id, dan lain-lain).

Memilih Nama Domain Merupakan Keputusan Penting

Setelah kamu membaca tips dan cara memilih domain untuk website di atas, mungkin kamu menyadari kalau melakukannya ridak sesederhana yang kamu bayangkan.

Pada awalnya, mencari nama domain bisa terlihat mudah. Hanya memilih sesuatu yang berkesan keren saja. Namun, jika kamu mau serius menjalankan blog atau website untuk menjalankan bisnis, kamu harus memperhitungkan dengan seksama.

Dengan mengikuti tips di atas, kamu bisa memilih nama domain yang bagus, sesuai dengan bidangmu, dan mendapat hasil pencarian yang lebih baik.

Jadi, ini adalah keputusan yang penting. Silakan buat beberapa pilihan dan lakukan riset terlebih dulu. Semoga kamu bisa mendapat nama domain yang paling sesuai.


Jika ada pertanyaan atau saran lebih lanjut, silakan senggol kami di media sosial atau kirim email ke [email protected].