Cara Mempertajam Foto di Photoshop & Gambar Tetap Terlihat Wajar

mempertajam foto di photoshop

Bayangkan kalau kamu sudah memotret sebuah obyek keren, namun ternyata hasilnya kabur alias blur. Menyebalkan kan? Tapi dalam kondisi tertentu, foto blur masih bisa diselamatkan. Untuk itu, inilah cara mempertajam foto di Photoshop.

Sebelum masuk ke tutorial, perlu kamu perhatikan sekali lagi kondisi foto yang bisa kamu pertajam. Kamu tidak bisa memperbaiki foto jika tingkat blur cukup besar. Misalnya kalau gambar memang tidak fokus sama sekali atau ketika kamu memperbesar foto dengan rentang ukuran terlalu jauh.

Jadi membuat foto lebih tajam di Photoshop boleh kita sebut sebagai tindakan penyelamatan ringan atau untuk menyempurnakan gambar. Bukan teknologi “enhance” seperti di film-film.

Mari kita lihat bagaimana proses mempertajam foto di Photoshop.

Di sini, saya memakai foto kucing peliharaan saya. Bisa kamu lihat, gambarnya kurang fokus. Hal ini disebabkan karena kondisi low light yang membuat kamera smartphone tidak bisa menetapkan fokus dengan baik.

Tentu karena ini tutorial Photoshop, maka saya membuka gambar itu di aplikasi tersebut. Gambar akan terbuka sebagai Background.

Langkah 1

Buat duplikat gambar sebagai layer baru. Ini berguna agar kamu bisa menerapkan efek tanpa mengganggu gambar asli. Sehingga nantinya kamu bisa membandingkan gambar awal dan hasilnya.

Ubah layer duplikat itu menjadi smart object. Caranya: Klik kanan pada nama layer dan klik ‘Convert to smart object‘. Akan ada ikon kecil di sudut yang menunjukkan kalau layer itu adalah smart object.

Catatan: Smart object akan memungkinkan kita mengatur atau mengubah efek dengan bebas selama proses editing berjalan.

Lalu, saya mengganti nama layer duplikat ini dengan smart sharpen (berhubungan dengan langkah selanjutnya).

Langkah 2

Terapkan filter ‘Smart Sharpen‘ pada layar itu. Caranya klik pada menu: Filter > Sharpen > Smart Sharpen. Filter ini akan mempertajam gambar dengan meningkatkan kontras. Perhatikan bagian warna terang jadi lebih mencolok.

Sesuaikan Amount, Radius, dan Reduce Noise sampai kamu menemukan gambar paling pas. Awas, jangan berlebihan dan usahakan gambar tetap terlihat natural.

Gambar sekarang sudah sedikit lebih tajam, namun masih terlihat natural. Mari kita tingkatkan lagi.

Langkah 3

Duplikat layer smart sharpen dan hapus filter di layar itu (klik kanan pada efek dan klik ‘Clear Smart Sharpen’). Ini akan membuat kita mendapat layer dengan kondisi awal tapi tetap berupa smart object. Layer ini saya beri nama “high pass 01” (berhubungan dengan filter yang akan diterapkan).

Langkah 4

Ubah Blend Mode layer ‘high pass 01’ dari “Normal” ke “Overlay” (klik drop-down menu yang bertuliskan “Normal” di bagian layer). Gambar akan menjadi lebih gelap, tapi ini langkah sementara sebelum menerapkan filter.

Langkah 5

Terapkan filter ‘High Pass‘ pada layer itu. Caranya klik Filter > Other > High Pass di menu Photoshop. Atur Radius sampai gambar abu-abu menunjukkan sedikit warna lebih terang/gelap.

Seperti kamu lihat, efek ini meningkatkan kontras pada detil gambar. Sekali lagi, harap atur seperlunya sehingga gambar tetap natural.

Langkah 6

Duplikat layer ‘high pass 01’ itu, ubah Blend Mode ke “Soft Light“, atur posisi ‘Opacity’ jadi “50%“, dan ubah Radius di filter High Pass lebih tinggi (klik dua kali pada smart filter di layer itu dan atur lewat tuas Radius). Saya memberi nama layer ini ‘high pass 02’.

Efek ini akan lebih mempertajam detil halus pada foto di edit Photoshop. Perbedaan dengan foto awal sudah cukup jauh.

Langkah 7

Pada tahap ini kita akan memperhalus foto. Dalam arti, mengatur mana bagian yang terlihat tajam, yang terlalu tajam (tidak natural), dan yang memang seharusnya terlihat kabur. Di sini kita menggunakan ‘Layer Mask’ dan melakukan masking dengan ‘Brush’.

Pada gambar kucing ini, saya melakukan masking pada bagian badan dan beberapa bagian bulu. Karena di tahap sebelumnya, ada beberapa bagian bulu yang justru tidak wajar dan menunjukkan noise. Kamu bisa menerapkan masking ini pada layer yang kamu anggap perlu dibenahi.

Menurut saya, masking merupakan salah satu teknik edit Photoshop yang wajib dikuasai.

Langkah 8

Pada tahap ini, silakan cek kembali perubahan yang sudah kamu lakukan. Kalau belum puas, kamu bisa mengatur ulang masing-masing filter beserta layer mask yang ada. Bahkan, kamu bisa melakukan duplikat layer jika perlu.

Sebagai contoh di sini saya menduplikat layer high pass 01 dengan overlay, lalu melakukan masking pada semua bagian kecuali mata (saya merasa bagian mata kurang tajam)

Langkah 9

Gambar itu akan kita perhalus lagi. Gabungkan semua layer dalam bentuk satu duplikat dengan memilih layer paling atas dan tekan Ctrl + Shift + Alt + E. Pada layer hasil gabungan itu (paling atas) terapkan filter ‘Reduce Noice‘ dengan klik Filter > Noise > Reduce Noise (bisa juga kamu buat jadi smart object dulu sebelum kasih filter).

Filter ‘Reduce Noise’ berguna untuk memperhalus gangguan bintik-bintik yang muncul akibat proses mempertajam gambar. Atur sampai kira-kira noise tidak mengganggu. Dalam beberapa kasus tidak bisa hilang 100%, seperti di foto saya yang dalam kondisi low-light.

Langkah 10

Kemudian, buat mask pada layer tersebut. Beri masking pada bagian yang ingin kamu pertahankan ketajamannya. Misalnya pada batas-batas obyek seperti mata, hidung, mulut, dll.

Hasilnya, foto sudah menjadi tajam tanpa berlebihan. Perhatikan dan bandingkan bagian muka kucing, badan, latar belakang, dll.

Nah, itulah cara mempertajam foto di Photoshop dengan sedikit trik agar gambar tetap nampak natural. Kamu bisa bereksperimen lebih jauh dengan berbagai filter, layer mode, dan masking untuk mendapatkan hasil dan gaya yang kamu sukai.

Tentu kalau resolusi foto lebih besar dan pencahayaan lebih baik, maka proses editing juga akan lebih baik. Selamat mencoba.

%d blogger menyukai ini: