Vivobook X BAPE
Vivobook X BAPE
Vivobook X BAPE

Cara Mengaktifkan Mode Profesional di Facebook dengan Mudah

Cara Mengaktifkan Mode Profesional di Facebook dengan Mudah
sumber gambar: Facebook

Meta memperkenalkan Mode Profesional bagi pengguna Facebook pada tanggal 31 Oktober 2022. Namun, mungkin belum semua pengguna tahu soal fitur baru ini. Oleh karena itu, di sini kami membahas soal apa dan bagaimana cara mengaktifkan Mode Profesional di Facebook.

  • SOLUSI SINGKAT
    Kamu bisa mengaktifkan Mode Profesional di Facebook lewat halaman Profile > Profile settings > Turn on professional mode.

Baca Juga: Handheld Konsol Game Terbaik

Perbedaan Mode Profesional dan Halaman Facebook

Perbedaan Mode Profesional dan Halaman Facebook
sumber gambar: Facebook

Mode Profesional dan Halaman Facebook dirancang dengan tujuan yang berbeda dan menawarkan fitur yang berbeda pula. Halaman bisnis Facebook adalah pilihan yang lebih fleksibel untuk berkolaborasi, karena bisa dikelola oleh beberapa orang/admin.

Berbeda dengan Mode Profesional, ia lebih terbatas hanya untuk satu pengguna saja. Dalam hal promosi, Halaman Bisnis dapat digunakan untuk meningkatkan jumlah followers dan likes, sedangkan Mode Profesional lebih fokus pada promosi postingan, situs web, dan video.

Ketika berbicara tentang audiens, Halaman Bisnis memberikan kebebasan untuk mengundang teman-teman untuk mem-follow Halaman Facebook tersebut, sementara di Mode Profesional, teman dan yang sudah request friends secara otomatis menjadi followers akun Mode Profesional.

Baca Juga: Laptop Terbaik untuk Mahasiswa

Tak hanya itu, Mode Profesional juga mudah dikembalikan lagi menjadi profil pribadi seperti biasa, sedangkan Halaman Facebook tidak bisa diubah menjadi akun biasa. Menariknya, Mode Profesional masih bisa request friend, sedangkan Halaman Facebook tidak bisa.

Dari segi monetisasi, ada perbedaan yang cukup signifikan berdasarkan lokasi geografis pengguna. Di Nigeria, misalnya, memonetisasi Halaman Bisnis Facebook cenderung lebih mudah dibandingkan dengan Mode Profesional.

Namun, kondisi ini terbalik bagi mereka yang berada di Eropa atau Amerika. Meskipun Mode Profesional Facebook masih memiliki beberapa bug yang belum diperbaiki, Halaman Bisnis Facebook cenderung lebih stabil.

Cara Mengaktifkan Mode Profesional di Facebook

Untuk cara mengaktifkan mode profesional di Facebook sangat mudah, hanya perlu satu kali klik saja, begini caranya:

– Buka aplikasi Facebook.

– Masuk ke halaman Profil milikmu.

Langkah mengaktifkan Mode Profesional 1
sumber gambar: Urbandigital

– Tekan tombol titik tiga “⋯” untuk masuk ke Profile Settings.

– Geser layar dan tekan Turn on professional mode (Aktifkan Mode Profesional).

Langkah mengaktifkan Mode Profesional 2
sumber gambar: Urbandigital

– Klik tombol Turn on (Aktifkan)

Langkah mengaktifkan Mode Profesional 3
sumber gambar: Urbandigital

– Selesai, kalau ingin mengeksplor tentang Profesional Account, bisa klik Start Exploring, tetapi jika tidak langsung klik Done saaj.

Nah, setelah mode aktif, kamu bisa melihat dan mulai memanfaatkan fitur yang ada. Tapi, apa saja fitur tersebut?

Fitur Mode Profesional Facebook

Baca Juga: Laptop Gaming Terbaik

Dengan memakai Mode Profesional Facebook, kamu mendapatkan beberapa keuntungan tersendiri. Kamu bisa melihat bagaimana perkembangan konten yang kamu buat, kamu bisa melakukan moderasi komentar lebih ketat, dan kamu bisa mendapat penghasilan dari konten yang kamu buat.

1. Tools (Alat)

Tools (Alat)
sumber gambar: Urbandigital

Dalam fitur ini, Facebook menyediakan berbagai macam alat untuk membantu akun profesional meningkatkan engangement profil Facebook mereka.

Di dalamnya terdapat berbagai macam kategori, seperti Insight, Grow Your Audience, Your Tools, dan Help and Guidance.

Untuk Insight, kamu bisa memonitor dan memantau perkembangan akun Facebook profesionalmu, seberapa banyak engagement yang sudah didapatkan, dan postingan apa saja yang mendapatkan atensi paling banyak.

Untuk Grow Your Audience adalah tempat di mana kamu mau memasang iklan berbayar di Facebook untuk postingan tertentu. Sedangkan Your Tools adalah kumpulan alat untuk membantu mengembangkan akun profesionalmu.

Yang terakhir adalah Help and Guidance, di mana dapat membimbingmu jika masih belum paham tentang akun profesional ini.

2. Moderation Assist (Bantuan Moderasi)

Moderation Assist (Bantuan Moderasi) 1
sumber gambar: Urbandigital

Fitur ini berguna untuk menjaga keamanan dan kenyamananmu juga teman dan follower. Dengan Bantuan Moderasi, kamu bisa menetapkan aturan sehingga komentar yang tidak sesuai dengannya akan secara otomatis tersembunyi. Beberapa aturan yang bisa kamu pilih di antaranya adalah:

  • Akun tanpa teman atau pengikut.
  • Akun Baru.
  • Tidak ada foto profil.
  • Pelanggar berulang.
  • Ada tautan di komentar.
  • Ada gambar di komentar.
  • Kata-kata kotor dalam komentar.
  • Tautan ke situs tertentu.
  • video di komentar.
  • kata kunci di komentar.

Bayangkan jika tiba-tiba konten yang kamu buat populer dan mendapat banyak komentar. Pasti repot kan? Jadi dengan fitur ini, kamu tidak perlu repot menangani komentar nakal satu persatu.

Selain di Mode Profesional Facebook, Meta juga sudah meluncurkan Bantuan Moderasi untuk Grup.

3. Monetasi

Facebook Gift
sumber gambar: Vidooly

Dengan Mode Profesional, kamu bisa memonetasi kontenmu. Di Indonesia, saat ini yang tersedia adalah Stars (Bintang). Fitur ini seperti Gift. Pengguna lain bisa membeli Bintang, dan memberikannya ke kamu pada video yang konten Bintangnya aktif. Untuk bisa mendapatkan Bintang, kamu harus memenuhi syarat yang berlaku, yaitu:

  • Mematuhi Standar Komunitas,
  • Mematuhi Kebijakan Monetasi Konten dan Kebijakan Mitra Facebook,
  • Memiliki 1000 pengikut selama 60 hari berturut-turut,
  • Tinggal di negara yang memenuhi syarat Bintang,
  • Menyetujui Syarat dan Ketentuan Bintang.

Jika kamu sudah memenuhinya dan berhasil mendapatkan Bintang dari penonton video, kamu bisa mendapatkan $0,1 USD untuk setiap Bintang yang kamu terima.

Selain fitur di atas, ada juga fitur lain. Seperti memilih kategori kreator, menjadwal posting-an, atau melakukan crossposting ke grup tertentu. Jadi memang lebih powerful.

Tapi mungkin — setelah mencobanya — kamu merasa belum pantas memakai Mode Profesional Facebook, tenang, kamu bisa mematikan mode ini.

Cara Menonaktifkan Mode Profesional di Facebook

Langkah untuk mematikan Mode Profesional Facebook juga mudah. Walau begitu, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum melakukannya.

Pertama, Insight dari posting yang ada tidak bisa kamu lihat lagi. Lalu, kamu akan mendapatkan pembayaran yang tertunda, tapi tidak bisa mendapat pendapatan lagi saat mode tidak aktif.

Baca Juga: Laptop Tipis Terbaik

Kemudian, kamu tidak bisa mengakses Dasbor Profesional beserta fiturnya. Selain itu, beberapa hal tidak berubah, seperti teman, keluarga, follower akan tetap sama. Lalu, setelan siapa yang mengikutimu akan beralih ke Publik.

Langkah menonaktifkan Mode Profesional:

– Buka aplikasi Facebook.

– Masuk ke halaman Profil milikmu.

Langkah menonaktifkan Mode Profesional 1
sumber gambar: Urbandigital

– Tekan tombol titik tiga “⋯” untuk masuk ke Profile Settings.

– Geser layar dan tekan ‘Turn off professional mode‘ (Nonaktifkan Mode Profesional).

Langkah menonaktifkan Mode Profesional 2
sumber gambar: Urbandigital

– Tekan tombol Continue (Lanjut).

– Tekan tombol Turn off (Nonaktifkan).

Sekarang, mode profesional akun Facebook milikmu sudah mati. Tapi, asiknya, jika kamu sudah menonaktifkannya tapi berubah pikiran, kamu tetap bisa mengaktifkannya kembali.

Seperti kamu lihat di atas, ada banyak keuntungan memakai Mode Profesional Facebook ini. Terutama jika kamu berniat mencari penghasilan sebagai kreator konten. Kamu bisa belajar banyak hal di sini, sebelum memutuskan untuk membuat Halaman Facebook-mu sendiri.

Setelah kamu tahu cara mengaktifkan Mode Profesional di Facebook, sekarang silakan coba. Lalu mulailah berkarya dan berbagi konten. Siapa tahu hal ini membuka lebih banyak peluang di masa depan. Betul kan?


Jika ada pertanyaan atau saran lebih lanjut, silakan senggol kami di media sosial atau kirim email ke [email protected]