Cara Mengatasi Masalah Umum yang Ada di AirPods

Kalian punya kendala saat menggunakan AirPods? Tenang. Simak artikel ini dan ketahui cara mengatasi masalah umum yang ada dalam AirPods.

Apple AirPods kini diklaim sebagai earbud terbaik di pasaran. Meski disebut produk terbaik, tapi yang namanya produk elektronik pasti tidak luput dari kekurangan.

Biasanya setiap produk elektronik memiliki masalah umum, tidak terkecuali pada AirPods. Masalah yang biasanya terjadi pada AirPods salah satunya adalah kendala pemasangan.

Jika kalian sedang mengalami kendala pada AirPods, jangan khawatir. Dalam artikel ini saya akan berbagi cara untuk mengatasi masalah umum yang ada pada AirPods.

Sumber Gambar : Dialy Oktagon

Cara Mengatasi Masalah di AirPods

AirPods Hilang

Sebenarnya masalah ini tidak disebabkan oleh kesalahan pabrik. Tapi mungkin cenderung karena kelalaian si pengguna.

Ya tidak bisa dipungkiri, AirPods memiliki bentuk super kecil. Oleh karena itu, tidak heran jika benda kecil ini mudah terselip dan hilang.

Namun jangan khawatir. AirPods yang hilang bisa kalian temukan menggunakan Find My iPhone. Langkah pertama tentunya menginstal aplikasi Find My iPhone di perangkat iOS kalian.

Setelah itu, masukkan ID Apple kalian. Kemudian pilihlah menu AirPods. Selanjutnya ponsel akan menunjukkan peta lokasi AirPods berada.

Jika kalian melihat ada titik hijau di sebelah ikon AirPods, maka itu artinya AirPods masih dalam keadaan menyala. Kalian bisa memutar audio untuk menemukan AirPods dengan mudah.

Masalah Pemasangan

Jika AirPods tidak terhubung ke ponsel, hal pertama yang bisa kalian lakukan adalah memasukkan AirPods ke tempat pengisian. Tunggu sekitar 10 detik, lalu coba gunakan AirPods di telinga.

Apabila tidak berhasil, cobalah nyalakan dan matikan Bluetooth di ponsel kalian. Lalu isi daya AirPods selama 10 detik. Setelah itu coba gunakan earbud tersebut.

Suara Panggilan Telepon Tiba-tiba Hilang

Masalah ini pernah terjadi pada AirPods keluaran 2017. Tapi untungnya kini masalah tersebut telah diperbaiki oleh Apple.

Tapi jika panggilan telepon tiba-tiba hilang saat kalian menggunakan AirPods, coba lepas earbud dari telinga. Setelah itu, gunakan satu AirPods di telinga kalian. Biasanya cara ini lumayan efektif.

Masalah Audio

Sebenarnya masalah audio bisa disebabkan oleh beberapa hal. Salah satu penyebab masalah audio pada AirPods adalah Bluetooth dan WiFi.

Untuk mengatasi hal ini, kalian bisa mematikan Bluetooth dan WiFi saat menggunakan AirPods. Mungkin hal ini akan efektif jika dilakukan di rumah. Tapi kalau di kantor, mungkin agak susah ya.

Oya, ada alternatif lain untuk mengatasi masalah ini. Kalian bisa menonaktifkan fitur Automatic Ear Detection. Hal tersebut akan membuat suara lebih jernih tanpa noise.