ROG Strix G13
ROG Strix G13
ROG Strix G13

Cara Mengatur Notifikasi WhatsApp Untuk Tiap Percakapan

notifikasi whatsapp
Avatar of Anom
Anom Penulis

Tiap orang bisa memiliki percakapan di WhatsApp yang banyak. Baik personal maupun grup. Nah, tahukah kalau kamu bisa mengatur bentuk, prioritas dan nada notifikasi WhatsApp berbeda untuk tiap percakapan?

Prioritas tiap percakapan bisa berbeda. Ada yang kamu anggap penting, ada yang tidak. Mengatur nada notifikasi khusus untuk percakapan tertentu bisa membantumu membedakan pesan yang masuk.

Kalau ada pesan atau panggilan masuk dari percakapan penting — katakanlah dari gebetan — kamu bisa mengenalinya dan segera membalas. Kalau tidak penting, ya kamu bisa cuek saja. Jadi tidak perlu selalu deg-degan. ?

Setelan Notifikasi WhatsApp

Karena pengaturan ini tergantung pada percakapan tertentu, kamu tidak bisa mengaturnya di setelan aplikasi WhatsApp yang umum. Kamu harus mengaturnya pada percakapan personal atau grup yang bersangkutan.

Ada beberapa hal tentang notifikasi yang bisa kamu atur. Ada nada notifikasi, fungsi getar, notifikasi pop-up, lampu notifikasi, dan prioritas.

Cara mengatur notifikasi WhatsApp
  1. Buka aplikasi WhatsApp
  2. Masuk ke salah satu percakapan (bisa personal atau grup)
  3. Tekan nama orang atau nama grup
    • Bisa juga tekan tombol menu ïž™
  4. Masuk ke ‘Notifikasi khusus‘ atau ‘Custom notifications
  5. Atur notifikasi sesuai pilihan kalian.

setelan nada notifikasi whatsapp

Tentunya kamu sudah tahu tentang nada notifikasi atau fungsi getar. Nah, sedangkan notifikasi pop-up akan memunculkan pesan masuk di tengah layar. Lalu pilihan notifikasi prioritas tinggi akan memunculkan pratinjau pesan di bagian atas layar (kamu juga bisa menyematkan percakapan sebagai tanda prioritas).

Bisa kamu lihat, pengaturan notifikasi untuk tiap percakapan ini sangat fleksibel. Kamu bisa mengatur tiap percakapan sehingga punya bentuk dan nada notifikasi yang benar-benar berbeda.

Nah itulah cara mengatur notifikasi WhatsApp untuk tiap percakapan berbeda. Kalau sebelumnya kamu belum tahu, sekarang kamu bisa membedakan mana percakapan penting hanya dengan mendengar atau melirik saja. Seperti kata Bang Iwan Fals: “Sekali lirik, oke sajalah.”