Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

5 Cara Mengetahui LINE Diblokir Oleh Teman Yang Praktis dan Terbaru

aplikasi line
Anom Penulis

Diblokir oleh teman di aplikasi chatting atau media sosial jelas tidak mengenakkan. Sayangnya hal ini cukup sering terjadi. Kali ini kami membahas tanda-tanda dan cara mengetahui LINE diblokir atau tidak oleh teman.

LINE merupakan salah satu aplikasi yang populer. Bukan tanpa alasan. Aplikasi LINE menawarkan berbagai fitur seru bagi penggunanya. Mulai dari obrolan lewat teks, panggilan suara dan video, tema, stiker, emoji, birthday card, LINE VOOM, dll.

LINE juga punya fitur blok (block) atau blokir pengguna. Pastinya menyebalkan ketika kita menemui kalau diputus dari interaksi dengan teman di LINE.

Tapi kamu juga jangan langsung mengambil kesimpulan. Kenali dulu tanda-tanda blokir yang ada. Di samping itu, mungkin kamu juga perlu memikirkan kenapa kamu bisa diblokir.

Mengenal 3 Macam Blokir LINE

Ada 3 macam blokir di aplikasi LINE yang harus kamu ketahui. Dengan begitu, kamu bisa membedakan efek antara satu dengan lainnya. Sehingga tidak terjadi salah paham.

3 macam blokir di LINE itu adalah:

  • Pemblokiran teman di fitur pesan LINE,
  • Pemblokiran di LINE VOOM
  • Blokir Avatar

Ketiga hal ini memberikan efek yang berbeda pada masing-masing fitur. Mari kita lihat pengaruhnya.

Apa Yang Terjadi Jika Kita Diblokir?

Pemblokiran teman menyebabkan kamu tidak bisa melakukan obrolan (chatting) dan membuat panggilan suara atau video keteman bersangkutan. Tapi kamu masih bisa mengikuti teman itu di LINE VOOM.

Pemblokiran di LINE VOOM akan memutus pertemanan di fitur ini. Tapi tidak berpengaruh pada fitur obrolan dan panggilan.

Blokir Avatar hanya tidak akan menampilkan Avatar-mu dan teman di tempat masing-masing pihak. Blokir ini tidak berpengaruh pada obrolan.

Jadi, jika kamu diblokir di LINE VOOM atau Avatar, yah… hal itu tidak terlalu memberikan pengaruh. Paling tidak pengaruh personal. Beda ketika kita diblok di obrolan LINE.

Baca Juga:  Cara Menghapus Teman di LINE dengan Cepat Tanpa Blokir Terbaru

Cara Mengetahui LINE Diblokir

Di sini yang kami bahas adalah cara cek apakah kamu diblok atau tidak di aplikasi pesan. Karena blokir LINE VOOM dan Avatar sudah cukup jelas.

Nah, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan.

1. Coba Kirim Pesan

Cara paling mudah adalah mencoba mengirim pesan ke teman yang kamu curigai sudah memutus hubungan komunikasi denganmu.

gambar tangkapan layar kirim pesan, salah satu cara mengetahui line diblokir atau tidak

Seseorang yang sudah memblok pengguna lain tidak akan menerima dan membaca pesan bersangkutan. Jadi jika mereka menerima pesan dan membacanya, seharusnya kamu bisa melihat tandanya.

Bahkan, kamu bisa coba buat akun baru dan mengirim pesan ke temanmu itu. Jika kamu mendapat reaksi, maka akunmu yang lama jelas diblokir.

2. Buat Panggilan Suara

Selain mengirim pesan, kamu juga bisa mencoba membuat panggilan suara atau video ke temanmu itu.

gambar tangkapan layar membuat panggilan di line

Sama seperti langkah di atas, seseorang yang sudah memblok pengguna lain tidak akan menerima panggilan. Jadi, kalau panggilan itu tidak dijawab terus menerus, ada kemungkinan kamu sudah diblok.

Tapi cara mengetahui LINE diblokir yang satu ini lebih baik kamu lakukan bukan di jam sibuk. Dengan kata lain, di saat kemungkinan besar temanmu itu bisa mengangkat panggilanmu.

Lagi-lagi, kamu bisa minta tolong teman lain untuk menghubungi teman yang satu ini. Jika panggilannya diangkat, sudah jelas, kamu diblok.

3. Cek Profil Teman

Kemudian, kamu juga bisa cek profil teman yang kamu curigai sudah menutup jalur komunikasi denganmu. Kalau kamu diblok, kemungkinan tampilannya kosong. Kamu juga tidak bisa melihat konten dari temanmu itu.

gambar tangkapan layar lihat profil teman di line

Begitupun dengan hal ini. Kamu bisa minta temanmu cek profil tersebut. Jika ada kontennya, maka sudah jelas, kamu diblok.

4. Cek Daftar Teman

Kemungkinan lain yang bisa kamu cek adalah daftar teman. Jika kamu diblok, ada kemungkinan kamu tidak menemukan nama temanmu itu (kemungkinan lainnya akun mereka dalam kondisi tersembunyi).

Baca Juga:  Cara Menggunakan LINE di PC / Laptop Dengan Mudah untuk Pemula

Tapi seperti cara mengetahui LINE diblokir di atas, kamu bisa cek dengan teman lain. Apakah nama temanmu itu muncul di daftar teman di akun LINE miliknya.

5. Belikan Stiker atau Theme

Cara ini jelas membutuhkan usaha yang lebih. Tapi seseorang tidak bisa menerima hadiah atau kiriman dari akun yang diblok. Akan ada pemberitahuan kalau mereka sudah memiliki stiker atau theme tersebut.

gambar tangkapan layar mengirim stiker di line

Bisa jadi mereka memang sudah punya. Toh hal ini menjadi indikasi apakah kamu diblokir atau tidak.

Kenapa Kamu Bisa Diblokir?

Ada banyak alasan kenapa seseorang bisa ditutup oleh pengguna lain. Sama seperti media sosial lain atau di kehidupan pada umumnya, ada batas-batas atau etika tidak tertulis.

Mungkin kamu terlalu aktif mengirim pesan dan sering mengganggu waktu mereka. Mungkin kamu juga sering spam promosi atau berita hoax. Tentu, bisa juga ketika ngobrol, kamu berkata kasar atau menyinggung perasaan mereka.

What’s Next?

Setelah tahu kalau kamu mendapat blokir, mungkin kamu bertanta-tanya bagaimana membuka blokir di LINE tersebut?

Yah, tidak ada cara lain untuk membuka blokir yang sudah dilakukan oleh temanmu selain memintanya. Karena hanya orang yang sudah memblokirlah yang bisa membukanya.

Jadi jika kamu diblokir di LINE, silakan melakukan refleksi dulu. Apa yang pernah kamu lakukan. Lalu hubungi temanmu itu (lewat WhatsApp? Hahaha). Siapa tahu ia mau berbesar hari membuka blokir LINE.

Nah, itulah beberapa cara mengetahui LINE diblokir. Semoga bisa memberi pencerahan. Tetap Semangat!


Jangan lupa juga baca juga artikel seru seputar teknologi lainnya di Urbandigital. Baca juga berbagai artikel soal gadget, aplikasi, game, atau tutorial lain dari saya, Anom

Jika ada pertanyaan atau saran lebih lanjut, bisa tulis di kolom komentar, atau kirim email ke [email protected] Jangan lupa, ikuti kami di Google News.