Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition
Zenbook 14 space edition

3 Cara Mengetahui Versi Windows Berapa yang Digunakan di Laptop & Komputer, Termudah!

cara mengetahui versi windows berapa yang digunakan
Indri Penulis

Ingin tahu cara mengetahui versi Windows berapa yang digunakan oleh komputermu? Kamu bisa temukan tutorial lengkapnya dalam ulasan ini.

Windows adalah salah satu sistem operasi terpopuler di dunia. OS besutan Microsoft ini telah mengalami perubahan seri selama beberapa tahun.

Untuk yang sering baca-baca update teknologi, mungkin bisa mengenali seri Windows dari logonya saja. Contohnya Windows 7, Windows 10 dan Windows 11. Mereka bertiga memiliki logo Windows yang berbeda jauh.

Tapi bagi orang awam, mungkin mereka akan sulit mengidentifikasi seri Windows apa yang dipakai komputernya. Makanya, kali ini saya ingin memberi solusi untuk kamu yang mungkin mengalami masalah tersebut.

Dalam ulasan kali ini, saya akan membagikan beberapa cara mengetahui versi Windows berapa yang digunakan oleh komputer. Oke nggak perlu lama-lama, yuk langsung aja simak tutorialnya!

  • Solusi Cepat
    Untuk mengetahui versi Windows berapa yang digunakan oleh komputermu, klik tombol “Windows + R” di keyboard. Ketik ‘winver’ dan klik tombol “Enter.”

Alasan Kita Harus Tahu Versi Windows yang Digunakan

Mungkin Urban People masih bingung, kenapa sih kita wajib tahu versi OS Windows yang sedang dipakai oleh laptop atau komputer saat ini.

Jadi ternyata, mengetahui versi Windows yang sedang dipakai sangat penting lho. Apalagi kalau Urban People ingin memasang atau menjalankan program dan aplikasi yang butuh versi Windows terbaru.

Fyi, beberapa aplikasi dan program butuh versi Windows yang berebda-beda. Semuanya tergantung pada persyaratan sistem operasi yang dijalankan.

Baca Juga:  Cara Masuk Safe Mode Windows 10 dari Segala Kondisi Masalah

Oleh karena itu, Urban People sebaiknya melakukan indentifikasi terlebih dulu. Dengan begitu, Urban People bisa tahu apakah versi OS yang kini dipakai sudah memenuhi syarat atau belum.

Selain itu, Urban People juga bakal merasakan banyak manfaat dari fitur yang disajikan Windows kalau sudah tahu versinya. Contohnya antara Windows 10 dan Windows 11, tentunya ada beberapa fitur baru di Windows 11 yang mungkin nggak bisa kita temukan di Windows 10 (begitu pun sebaliknya).

Cara Mengetahui Versi Windows Berapa yang Digunakan

1. Mengetahui Versi Windows dengan “Run”

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui versi Windows adalah lewat perintah ‘Run.’ Boleh dibilang, ini adalah trik yang paling gampang lho.

Untuk mengakses perintah Run pada Windows, kamu bisa klik kanan menu Start dan pilih “Run” atau tekan tombol “Windows + R” pada keyboard.

svg%3E

Setelah itu, ketik ‘winver‘ dan klik tombol “Enter” di keyboard untuk mengeksekusi perintah. Selanjutnya versi dan nomor seri Windows-mu akan muncul.

svg%3E

Nama seri Windows (Windows 7, 10 atau 11) akan tampil di bagian paling atas. Sebagai contoh, karena saya menggunakan Windows 11, maka nama seri yang muncul di bagian atas adalah Windows 11.

svg%3E

Kemudian di bawahnya, kamu akan bisa melihat nomor versi Windows. Lalu di samping nomor versi, kamu juga bisa melihat nomor serial build-nya.

2. Mengetahui Versi Windows dengan “Settings”

Cara mengetahui versi windows berapa yang digunakan kedua ini, kita akan memanfaatkan menu Settings yang ada di Windows. Untuk mengakses menu Settings dan mencari seri Windows, kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Klik kanan menu Start dan pilih “Settings.”
svg%3E
  • Setelah itu klik “System > About.”
svg%3E
  • Kalau sudah, scroll layar ke bawah sampai bagian “Windows Spesifications” terlihat.
svg%3E

Nah, di sana kamu akan melihat spesifikasi Windows yang digunakan komputermu. Kamu bisa mengetahui nama seri Windows yang kamu pakai, nomor versinya, waktu pemasangannya, dll.

Baca Juga:  Cara Menghapus Recent Files di Windows, Jaga Privasi Komputer Tetap Aman!

3. Cara Mengetahui Windows 32bit atau 64bit

Selain tidak mengetahui seri Windows yang dipakai, sebenarnya ada masalah lain yang sering dialami pengguna Windows.

Yakni belum tahu apakah yang mereka pakai adalah Windows 32bit atau 64bit. Padahal hal tersebut sangat penting, apalagi kalau pengguna ingin menginstal aplikasi ke dalam komputer.

Nggak perlu galau, untuk mengetahui apakah kamu menggunakan Windows 32bit atau 64bit, kamu bisa praktikkan langkah-langkah berikut ini:

  • Klik kanan menu Start dan pilih “Settings.”
svg%3E
  • Setelah itu klik “System > About.”
svg%3E
  • Kalau sudah, perhatikan bagian “Device Spesifications.”

Nah di situ, kamu akan melihat spesifikasi perangkat yang digunakan. Kamu bisa mengetahui nama/nomor seri komputermu, tipe prosesor yang dipakai, RAM, sampai tipe sistem yang dipakai.

svg%3E

Sebagai contoh, gambar di atas adalah spesifikasi perangkat yang saya gunakan. Bisa kamu lihat, tipe sistem saya adalah Windows 64bit.

What’s Next?

Baiklah Urban People, itu tadi beberapa cara mengetahui versi Windows berapa yang digunakan pada komputer. Kamu bisa pilih cara yang menurutmu paling gampang.

Nah kalau menurut saya pribadi, cara yang paling simpel adalah dengan mengklik tombol “Windows + R” di keyboard. Selanjutnya ketik ‘winver‘ dan klik tombol “Enter.” Setelah itu seri Windows-mu akan langsung keluar.


Jika kamu ingin memberikan pertanyaan atau masukkan, silakan tulis di kolom komentar atau kirim  email  ke [email protected]